Jejak Mobil Lawas Bung Karno di IIMS 2015

Reporter : Kurnia
Kamis, 20 Agustus 2015 10:31
Jejak Mobil Lawas Bung Karno di IIMS 2015
Kolektor mobil berhasil menyelamatkan salah satu mobil bersejarah yang hampir dibeli warga India.

Dream - Tiga mobil bersejarah kembali hidup di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015. Kendaraan resmi presiden pertama Indonesia Soekarno ini membangkitkan kembali ingatan masyarakat pada Sang Proklamator.

Terpampang megah di pintu depan hall A JIEXPO Kemayoran, mobil pertama Sang Proklamator yaitu Buick Super keluaran 1949 menyapa pengunjung. Kendaraan bermesin 8 silinder inline 4063cc ini pernah digunakan Bung Karno saat Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung dan kunjungan kepresidenan ke Yogyakarta pada 1949.

Tri Dharma, pemilik Buick Super 1949 eks RI 1, menceritakan kendaraan ini cukup prestisius baik dari nilai sejarah maupun harga. Ia membeli mobil ini pada 1992 dari kolektor anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) cukup mahal.

" Ya kira-kira seharga dua mobil VW Dakota lah," ujarnya kepada Dream di JIEXPO Kemayoran.

Sebelumnya, lebih dari 30 mobil kepresidenan Bung Karno dikelola oleh Sekretariat Negara (Sekneg). Namun, keuangan negara pada 1988 sudah tidak menganggarkan dana untuk merawat artefak sejarah tersebut. Keputusan lelang pun ditempuh pemerintah 

" Waktu 1988 ada orang India yang bersedia membeli, tapi dari PPMKI waktu itu ketuanya Pak Solihin GP menyelamatkan aset negara ini agar tetap ada di dalam negeri lalu membelinya," imbuh Tri Dharma.

Hingga saat ini, mobil tersebut baru dua kali berpindah tangan yakni dari Edi Afandi lalu kepada Tri Dharma. Keduanya aktif di PPMKI.

Selain Buick Super 1949, mobil dinas Soekarno lain yang tampil adalah Chrysler Window Limousine keluaran 1947. Mobil ini merupakan generasi pertama yang dilelang oleh Sekneg. Buktinya pada bagian plat depannya terdapat nomor urut 1.

Kini, mobil tersebut dimiliki Hartawan Setyodiningrat. Kolektor mobil yang populer dengan sapaan Hauwke.

Yang menjadi ciri khas Chrysler milik Bung Karno ini adalah cat mobilnya belum pernah diubah atau diperbaiki. Namun, tetap nampak rapi. Belum tampak bagian yang mengelupas.

Terakhir, hadir Cadillac Fleetwood Series 75 Limousine 1964. Mobil panjang yang kini dimiliki oleh Jimmy Syamsudin itu juga merupakan kendaraan kepresidenan yang digunakan ayah Megawati Soekarnoputri di akhir masa kepemimpinannya.

" Dari ketiga mobil ini, boleh dibilang Cadillac yang paling prestisius," tutur Tri Dharma. Alasannya, di dunia hanya orang-orang tertentu yang bisa memiliki kendaraan seperti itu.

Kini, Cadillac legendaris itu nampaknya berkumpul di garasi Jimmy Syamsudin. Sebab, dari banyak mobil kepresidenan, hingga saat ini pengusaha yang berdomisili di Bintaro, Tangerang Selatan itu memiliki 4 Cadillac eks Bung Karno serta 2 Cadillac bekas Presiden Soeharto.

Beri Komentar
Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya