CONNECT WITH US!

Andai Steve Jobs Tak Ngalah, iPhone Takkan Pernah Ada

Reporter : Arie Dwi Budiawati | Rabu, 13 September 2017 19:12
Pendiri Apple, Steve Jobs, Nyaris Membuat IPhone Gagal Terlahir Di Dunia.
Tak terasa, merek smartphone Apple ini sudah berusia 10 tahun.

Dream – Sahabat Dream, iPhone menjadi produk smartphone paling populer sekaligus simbol kejayaan Apple di bisnis telepon seluler. Tak mau ikut pesaingnya, perusahaan milik Steve Jobs ini percaya diri membanderol produknya dengan harga fantastis.

Tapi, tahukah kamu jika masyarakat di dunia nyaris takkan pernah mengenal produk yang dirilis pertama kali pada tahun 2007 ini?

Dilansir dari CNBC, Rabu 13 September 2017, editor senior majalah Motherboard, Brian Merchant, merilis sebuah buku The One Device: The Secret History of the iPhone. Di buku tersebut, Merchant membeberkan rahasia tersembunyi dari gawai ini. Dia berkata Jobs merupakan sumber inspirasi yang sangat kuat dan merupakan juru runding yang kuat.

“ Tapi, iPhone merupakan proyek eksperimental yang dilakukan tanpa sepengetahuannya dan menjadi proyek resmi karena dorongan staf eksekutifnya. (Proyek ini) direkayasa oleh tim pemrogram piranti keras yang tak kenal lelah,” kata dia.

Merchant mengatakan bos Apple ini mempercayakan bawahannya Scott Forstall—orang yang membuat sistem operasi iPhone, iOS—untuk merekrut orang-orang Apple untuk proyek baru.

Jobs awalnya tak setuju dengan ide untuk membuat telepon karena dia berpikiran sama dengan insinyur dan eksekutif. Membuat ponsel adalah hal yang culun.

Pria yang gemar mengenakan kaos turtleneck warna hitam ini juga pesimistis pasar smartphone akan berkembang pesat seperti sekarang. Bahkan, Jobs berpikir iPhone hanya berakhir di saku, sama seperti ponsel lainnya. Dia juga khawatir iPhone justru tak bisa menembus pasar.

“ Sekali lagi. Smartphone awal benar-benar tampak culun,” kata Merchant.

Namun, pandangan Jobs ini berhasil dipatahkan oleh anak buahnya. Mereka berhasil meyakinkan bosnya dengan layar touch screen  yang revolusioner—Job sendiri tak tahu stafnya bereksperimen untuk melahirkan iPhone.

“ Ketika cukup jelas bahwa smartphone akan menjadi pesaing iPod, dia menambahkan beberapa tekanan dan ikut turun tangan,” kata dia.

Insinyur senior Apple, Andy Grignon, mengatakan staf eksekutif sukses meyakinkan Jobs bahwa membuat gawai ini adalah ide yang pintar. “ Jobs benar-benar tidak melihat jalan menuju kesuksesan,” kata Grignon.

Dia mengisahkan Wakil Presiden Apple, Michael Bell, berhasil meluluhkan hati Jobs untuk membuat iPhone. Lalu, rencana pembuatan iPhone ini dirahasiakan oleh perusahaan lain, mulai dari konsep rancangan iPhone sampai produksi di luar negeri.

“ Tak akan ada iPhone jika bukan pekerjaan orang-orang di setiap lapisan di sini,” kata Merchant.

Rina Nose Lepas Hijab - Isu Umi Pipik dan Sunu Matta