Peserta Tes CPNS Bawa Jimat, Warganet: Jin Pernah Lulus?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 6 Februari 2020 17:36
Peserta Tes CPNS Bawa Jimat, Warganet: Jin Pernah Lulus?
Barang ini sering dibawa ke lokasi ujian, padahal, ya, dilarang.

Dream - Ada saja cerita yang muncul saat Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Salah satunya adalah jimat.

Untuk tes CPNS 2019, barang ini tetap dibawa oleh sejumlah peserta. Padahal, panitia telah melarang peserta membawa jimat dalam bentuk apapun.

Dikutip dari akun Twitter Badan Kepegawaian Negara (BKN), @BKNgoid, Kamis 6 Februari 2020, jimat itu berupa kain putih seperti masker.

“ Aih... aih... masih ada aja ya yg percaya sama Jimat ????. Sedih hati mimin kalo tahu ada Peserta SKD #CPNS2019 yang nggak percaya diri begini. Yuk persiapkan diri dengan baik, yakin dan percaya pada kemampuan diri. Kamu Pasti Bisa !!!  #TheNewEpicBattle #ASNKiniBeda,” cuit Badan Kepegawaian Negara (BKN) di akun Twitternya @BKNgoid, Kamis 6 Februari 2020.

1 dari 5 halaman

Respons Warganet

Unggahan itu membuat warganet tergelitik. Mereka memberikan reaksi kocak terhadap jimat. Ada yang mengira itu masker.

“ Itu masker antivirus corona, min,” cuit @ES_KopiPahit.

“ Kukira masker, min,” cuit @araenurf.

Namun, ada juga yang gemas dengan peserta yang masih saja membawa jimat ke tempat ujian SKD CPNS.

“ Jinnya suruh ngerjain soal TIU, mantap kali. Kenapa nggak les sama jin aja?” cuit @Silvikartikasa.

“ Apa sih hubungan jimat dengan TWK, TIU, TKP?? Memang jin itu pernah lulus CPNS apa?” cuit @sndrtha.

2 dari 5 halaman

Terbungkus Kain Putih, Lihat Penampakan Jimat Peserta CPNS 2019

Dream - Peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan melakukan cara apapun untuk bisa lolos menjadi seorang abdi negara. Satu-satunya jalan yang benar adalah dengan belajar sungguh-sunggu sehingga bisa lolos serangkaian tes.

Namun masih ada peserta seleksi CPNS 2019 yang sepertinya tak yakin dengan kemampuan diri sendiri. Dia sampai melakukan tindakan yang bagi sebagian orang dianggap menggelikan dan tak masuk akal.

Pengelola akun Instagram Badan Kepegawaian Negara, @bkngoid, Kamis 6 Februari 2020, baru-baru ini mengunggah sebuah benda diduga jimat yang dibawa salah satu peserta CPNS 2019 di Jambi.

 

© Dream

 

Para peserta biasanya menganggap jimat ini sebagai “ pegangan” para peserta karena dipercaya sakti dan bisa melindungi sang pemilik. 

“ Karena dianggap oleh sebagian peserta seleksi CPNS memiliki kesaktian, di beberapa gelaran seleksi CPNS, banyak ditemukan peserta yang membawa jimat,” tulis BKN.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, azimat alias jimat ini berarti tulisan/barang yang dianggap memiliki kesaktian yang dapat melindungi pemiliknya, digunakan sebagai penangkal penyakit dan sebagainya.

3 dari 5 halaman

Ini Alasan Jimat Disita

Lalu, mengapa panita seleksi menyita jimat yang dibawa oleh peserta CPNS? Panitia hanya mengizinkan peserta untuk membawa kartu ujian dan KTP.

Barang-barang selain dua hal ini tak boleh dibawa ke dalam ruangan tes.

“ Sesuai Peraturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 50 Tahun 2019 Tentang Prosedur Pelaksanaan Seleksi CPNS dengan Metode CAT, peserta hanya diijinkan membawa kartu ujian dan KTP selama berada di ruang ujian,” tulis BKN.

5 dari 5 halaman

Mempelai Wanita Tinggalkan Resepsi, Demi Tes SKD CPNS

Dream - Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi impian banyak orang. Tapi, bagaimana jika waktu ujiannya berbarengan dengan hari pernikahan?

Dikutip dari situs Kementerian Agama, Rabu 5 Februari 2020, ini terjadi kepada seorang peserta CPNS bernama Meri Triana. Meri tak tahu jika hari ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD CPNS bersamaan dengan hari resepsi pernikahan dirinya. 

Perempuan kelahiran Tangkiling, Kalimantan Tengah, 23 tahun lalu ini pun terpaksa “ lari” dari resepsi pernikahannya, demi mengikuti SKD CPNS Kemenag 2019. Di tempat tes UPT BKN Palangka Raya, dia hadir dengan riasan pengantin.

“ Walaupun sedang resepsi pernikahan, saya tetap usahakan menyempatkan diri mengikuti tes,” kata dia pada Kamis 30 Januari 2020.

 

© Dream



Beruntung, keputusannya untuk lari sesaat dari resepsi pernikahannya ini pun didukung sang suami.

“ Tadi dia antar saya ke tempat tes ini,” kata dia.

Sarjana Pendidikan Agama Kristen ini diketahui mengambil formasi Ahli Pertama Penyuluh Agama di lingkungan Kanwil Kemenag Kalimantan Tengah.

SKD CPNS Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Tengah sendiri telah dimulai sejak 29 Januari hingga 2 Februari 2020.

Beri Komentar