Geregetan, Jokowi Berpikir Tambah 2 Menteri Baru

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 12 Maret 2019 18:15
Geregetan, Jokowi Berpikir Tambah 2 Menteri Baru
Dia ingin menambah menteri untuk mengurus investasi dan ekspor.

Dream – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah mempertimbangkan untuk membentuk kementerian khusus yang menangani investasi dan ekspor. Ide itu muncul setelah presiden melihat laju investasi dan ekspor belum berjalan sesuai harapannya.

Ide ini diungkapkan Jokowi di hadapan ratusan investor dalam acara “ Peresmian Pembukaan Rarkornas Investasi 2019” di ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa 12 Maret 2019.

“ Saya sudah sampaikan di rapat kabinet minggu lalu, apakah perlu, situasinya seperti ini, perlu menteri investasi dan menteri ekspor khusus?” tanya presiden kepada para menterinya, dikutip dari Liputan6.com.

Jokowi mengatakan ide itu muncul setelah melihat banyak negara yang memiliki menteri khusus bidang investasi dan ekspor. “ Dua menteri,” kata dia.

Eks gubernur DKI Jakarta ini mengatakan investasi saat ini belum tumbuh sesuai harapan. Dia pun mendorong percepatan perizinan dan memangkas proses birokrasi. Tapi, sampai saat ini masih terdengar banyak keluhan dari investor.

Dikatakan juga banyak investor yang datang ke Indonesia untuk berinvestasi. Akan tetapi, yang terealisasi tidak lebih dari 10 persen. Kesimpulannya, masih ada persoalan yang terjadi di lapangan.

" Saya paling greget, kita tahu kesalahan kita, kita mengerti solusinya, kita mengerti jalan keluarnya tapi kita tidak bisa tuntaskan. Saya akan lihat alur mana yang masih tidak benar di titik tertentu. Dan saya akan temukan itu, tunggu saja," kata dia.

Padahal, saat ini kondisi ekonomi Indonesia cukup stabil. Bahkan dari data BKPM, Indonesia menjadi tujuan favorit ke-4 di dunia bagi para CEO perusahaan multinasional.

Modal lain, lembaga pemeringkat internasional seperti S&P, Moody's dan Fitch menempatkan Indonesia sebagai negara layak investasi. " Kalau modal ini tidak kita manfaatkan, percuma," tegas Jokowi.

(Sumber: Liputan6.com/Ilyas Istianur Praditya)

Beri Komentar
Jefri Nicol Pertama Kali Nembak Cewek