Kapten Bisnis Para Selebritis

Reporter : Gladys Velonia
Minggu, 29 Oktober 2017 19:25
Kapten Bisnis Para Selebritis
Di sini mereka menjajal dunia baru. Kombinasi apik popularitas dan ide kekinian.

Dream - Wyls Kitchen sore itu sesak. Ini sebuah kafe kekinian di Kebayoran Jakarta. Berkonsep home kitchen. Sejauh mata memandang, Interior kafe itu serba putih. Deretan kursi-kursi kayu bercat putih ditata rapi menghadap panggung. Sementara di pojokan berjejer meja-meja panjang.

Kudapan kue kekinian tersaji di pojokan. Di atas sebuah meja panjang. Tamu bisa memilih dari cheese cake, red velvet cake hingga Bebely Cake.

Diantara kerumunan, seorang pria sedari tadi sibuk. Berkemeja putih, dia terlihat necis dan rupawan. Sambil duduk, tangannya terus mengayun. Memberi arahan di sekitar orang-orang yang mengelilinginya. Sesekali matanya melirik jam dinding. Jarum jam menunjuk angka dua. Masih ada waktu tersisa.

Sekejap mata pria itu menyapu ke pelataran di depan kafe yang berlapis kayu coklat. Senyum tipisnya merekah. Menyambut undangan yang mulai datang satu persatu. Dari blogger sampai awak media. Hari itu mereka semua diundang.

" Bismillahirohmanirrahim, Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh," sahut seorang pembawa acara lewat pengeras suara. Tepat pukul 3 sore, semua undangan sudah duduk manis di bangkunya.

Di atas panggung, sembilan penari Saman bersiap tampil. Duduk menekuk kaki, tangan bertepuk mengiringi lengkingan 'syekh'. Tanda perubahan gerak tarian. Bergerak beriringan ikut merapal rengum, dering, render hingga saur di tengah gemuruh tepuk tangan membangkitkan semangat.

Jannah Travel

Pria berkemeja putih itu Irwansyah. Siapa tak kenal wajah menawannya. Dia kini sudah di atas panggung. Dipanggil sang MC. Tak sendiri, Zaskia Sungkar turut disampingnya. Hari itu, 18 Oktober 2017, akan menjadi momen spesial bagi pasangan yang menikah tujuh tahun silam itu.

*****

Wajah berseri memancar di raut Irwnasyah dan Zaskia. Mereka membawa kabar baik. Pasangan ini mengumumkan peluncuran bisnis barunya, Jannah Travel. Ini usaha patungan.

Selain sang adik, ada sederet nama artis beken di belakang Jannah Travel. Sebut saja Irfan Hakim, Prilly Latuconsina dan pasangan suami istri, Ricky Harun serta Herfiza Noviyanti.

" Idenya sederhana, pasti semua orang disini butuh jasa travel karena traveling itu kan jadi lifestyle ya. Akhirnya nyobain bikin satu usaha travel sama-sama dengan sahabat-sahabat," ungkap Zaskia yang karib disapa Kia.

Bukan sekadar agen perjalanan biasa, Jannah Travel juga menyasar wisata religi. Umroh khususnya. Perusahaan itu lahir dari keprihatinan para artis kepada para jemaah umroh.

Herfiza, istri Ricky Harun, punya pengalamannya. Dia melihat sering melihat jemaah yang tidak hapal doa saat umroh. Pun hal yang sama diungkapkan Prilly. Gadis 21 tahun itu mengaku sering lupa waktu sholat saat tengah traveling ke luar negeri. Belum lagi masalah makanan halal yang sulit ditemukan.

" Intinya, dari namanya aja, Jannah, Jannah itu surga. Kita berharap mau kemanapun kita bisa memberikan fasilitas seperti di surga. Mau apa aja ada, cari petunjuk tempat makanan halal ada, minum ada. Di Jannah ingin memberikan fasilitas surgawi tanpa harus ngasih janji-janji surga (palsu)," jelas Irfan sambil promosi.

Kia dan Irwansyah tak main-main memulai bisnis ini. Masih baru, Jannah Travel menggandeng Persada Indonesia. Biro perjalanan haji dan umroh yang telah beroperasi sejak 25 tahun lalu.

Untuk akomodasi, perusahaan menggaet maskapai yang sudah punya nama. Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines. Dilengkapi dengan asuransi Zurich Insurance, guna menarik perhatian konsumen dari seluruh daerah.

Dengan konsep kekinian, Jannah Travel pun mengusung model berbeda. Tak lagi terkesan eksklufif untuk golongan tertentu, mereka menghadirkan konsep yang lebih bersahabat. Disertai tagline menggelitik 'Hijrah Tak Perlu Sempurna', seolah menjadi ajakan bagi siapapun untuk menunaikan umrah atau haji.

Selain di Jakarta, tiga kota besar lain sedang disasar. Cabang di Surabaya, Medan, dan Makassar.

******

Irwansyah dan Kia bukan wajah baru di dunia bisnis. Setidaknya dalam beberapa tahun terakhir. Pasangan muda ini tengah merancang masa depan di luar dunia selebriti.

Jauh sebelum Jannah Travel, Zaskia telah terjun ke dunia fashion. Menjadi desainer modest wear. Bukti keseriusan lahir dari dua label fashion. Zaskia Sungkar dan Zashi yang merupakan label garapan bersama sang adik, Shireen Sungkar

Jannah Travel

Kiprahnya tak diragukan. Kia rajin melenggang di panggung Fashion Week. Tak hanya di dalam negeri, berkibar juga ke runway mancanegara.

Awal 2017 jadi titik penting Kia dan Irwansyah sebagai pebisnis. Sukses dengan busana hijab, mereka menjajal bisnis baru. Menjadi tukang roti dengan dua produk kue kekinian Medan Napoleon dan Surabaya Snowcake.

Sambutan masyarakat ternyata besar. Dua kue itu laris dibeli. Kepercayaan diri Irwansyah dan Kia makin besar. Mulai terbersit di hati untuk membangun bisnis yang lebih besar.

Lewat perusahaan patungan, Jannah Corp bisnis kue kekiniannya berkembang. Dengan kombinasi popularitas dan makanan, kue kekiniannya banyak menggaet pesohor lain. Bukan sebagai brand ambassador, para artis itu diajak berkongsi. Berbisnis di bawah bendera Jannah Corp.

Berawal dari dua kue, kini Jannah Corp telah beranak-pihak. Ada 11 kue baru lahir dari hasil kongsian itu. Sebut saja Bandung Makuta yang merupakan bisnis kue kekinian milik Laudya Cynthia Bella. Tak hanya satu, Bella juga meluncurkan 'Bebelly Bakery', bisnis kue hasil kolaborasi dengan Prilly Latuconsina.

Sedangkan Prilly telah ikut bergabung J-Corp dengan membuka Really Cake. Begitu pula dengan Zaskia Adya Mecca yang membuka Mamahké Jogja, Cirebon Sultana milik Indra Bekti dan Istrinya.

Serta Melly Goeslaw dan Anto Hoed yang meluncurkan Pekanbaru Just Cake. Lalu, ada Ricks Cubanos milik Ricky Harun.

Ditambah dengan Palembang Lamonde yang dikelola Irwansyah sendiri. Serta Semarang Roru Cake yang dulunya milik Thalia Putri Onsu, Jambi Roru Cake yang juga dilepaskan oleh Sarwendah.

****

J-Corp lahir dari ketidaksengajaan. Bermula dari dunia e-commerce. Berstatus selebriti dan sering menjadi brand ambassador, Irwansyah dan Kia membuat lompatan. Mendirikan perusahaan sendiri.

" Kita mikir, kenapa tidak kita sendiri yang bikin produknya. As simple as that," jelas perempuan 26 tahun itu.

Toh meski punya modal nama beken, terjun ke dunia bisnis tak semudah membalik telapak tangan. Irwansyah mengaku nekat. Tak berani mengajak sahabat artis apalagi ikut meminta modal terjun membangun perusahaan patungan

Jannah Travel

Irwansyah hanya menggandeng sang istri untuk berpartner. Modal nekat plus tekad baja dan hati yang tak pernah lelah berdoa, mereka rintis perusahaan bersama.

" Kalau responnya tidak bagus, kita juga tidak berani buat ngajak temen-temen. Pada saat itu responnya bagus, makanya ajak temen-temen," imbuh Kia.

Inilah awal kelahiran J-Corp. Perusahaan yang dihuni banyak artis. Irwansyah lebih senang menyebutnya perusahaan berjamaah.

" Berjamaah itu akan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik dan kuat," sambung Irwansyah.

Soal modal, pasangan ini masih menutup rapat dapur perusahaannya. Pun demikian dengan pola pembagian hasil. Irwansyah hanya menyebut modal berasal dari investor dan modal sendiri.

Roda bisnis J-Corp dijalankan dengan mengusung konsep syirkah. Sistem ini mengharuskan penggabungkan dua bagian atau lebih, hingga tidak dapat dibedakan lagi antara bagian yang satu dengan bagian lainnya.

“ Soal pembagian hasil, ada sistem yang kita buat, sudah kita setujui sama-sama. Mereka semuanya partner sih, emang bisnis ini kita bener-bener kumpul sama-sama, bikin satu perusahaan, ya emang sama-sama, jamaah," jelas Irwansyah.

Memiliki jaringan yang cukup luas tak membuat Irwansyah jumawa. Perusahaannya baru seumur jagung. Masih rentan dihantam masalah. Sekali lagi Irwansyah membuat keputusan besar.

Pelan-pelan Irwansyah meninggalkan dunia selebriti. Merawat buah hatinya yang masih muda. Jannah Corp. Hanya meninggalkan Kia yang belum sepenuhnya melepas dunia hiburan.

Di tangan Irwansyah, sistem perusahaan dibangun. Kalangan professional direkrut. Tujuannya tak ada tumpang tindih pembagian tugas.

" Aku bukan stop dari dunia hiburan, tapi emang lebih fokus ke bisnis ini karena harus bener-bener aku jagain banget. Kia juga ikut ngurusin, ikut rapat, kalau dia lagi tidak ada syuting," tegas Irwansyah.

Jannah Travel

Punya dua bisnis berbeda, tak berarti Irwansyah dan Kia berpuas diri. Ancang-ancang baru sedang disiapkan. Menelisik peluang pasar baru yang digandrungi anak-anak muda.

Satu incaran sudah didepan mata. Jannah Corp sedang menghitung langkah mencicipi bisnis beauty. Membuat produk kecantikan. Lagi-lagi, menggandeng para sahabat, Laudya Cynthia Bella dan Prilly Latuconsina.

“ Kenapa kita tidak bikin kosmetik? Ya udah yuk kita arrange,” ungkap Irwan.

******

Irwansyah dan Zaskia Sungkar memang masih jadi pemain baru di dunia bisnis. Namun ketekunan keduanya menghadirkan konsep yang segar, menjadi pionir bisnis kekinian.

Peluang menggurita pun terbuka lebar. Apalagi dengan banyak kepala yang hadir di Jannah Corp. Belum lagi popularitas yang sinarnya masih akan cukup lama benderang.

“ Bukan cuma otakku doang banyak, tapi banyak yang kasih insight juga, Karena sahabat-sahabat sendiri, jadi brainstorming-nya tuh lebih intim. Jannah Corp ini jadi terus berkembang," ucap Irwansyah.

Rasanya, cukup pantas jika Irwansyah menyandang gelar sebagai kapten raja bisnis para selebritis. Seperti tagline dalam video promosi salah satu kue kekiniannya. “ Saya adalah kapten Lamonde.”

(Sah/Ratih Wulan)

Beri Komentar