CONNECT WITH US!
CONNECT WITH US!

Denyut Islam di Jantung Hong Kong

Reporter : Sandy Mahaputra | Selasa, 8 Mei 2018 08:00
Masjid Kowloon (shutterstock.com)
Islam masuk ke negeri berjuluk Pearl of Orient itu sekitar abad ke-19.

Dream – Dikepung gedung jangkung. Berjejal dengan deretan toko dan rumah makan kondang. Bangunan di jantung kota itu terus berdetak. Tetap tegar di tengah hiruk-pikuk. Tak goyah oleh gegasnya putaran roda hidup di pusat ekonomi dunia itu.

Terlihat mencolok. Bentuknya berbeda dengan arsitektur sekelilingnya. Empat menara di atap gagah menjulang. Memagari kubah putih pada bagian tengah. Benar-benar anggun di tengah kerubutan gedung bergaya modern.

Ada tiga pintu masuk. Tak kalah artistik. Kaligrafi indah terpahat pada dinding bagian depan. Semua orang yang datang harus meniti undakan untuk sampai pada setiap gerbangnya.

 Masjid Kowloon

Inilah Masjid Kowloon. Tempat ibadah umat Muslim di Hong Kong, pulau perdikan China yang berjuluk Pearl of Orient. Rabu akhir April lalu, kami berkunjung ke surau terbesar di bekas koloni Inggris tersebut.

Tengah hari itu, keriuhan menyambut kami. Masjid ini ramai pengunjung. Banyak jemaah datang untuk sholat Zuhur. Para pelancong juga terlihat wira-wiri. Tempat ini memang jadi magnet. Dikunjungi banyak orang, baik untuk beribadah atau sekadar berwisata.

 Masjid Kowloon, Hong Kong

Lokasinya strategis. Berada di pusat Kota Hong Kong. Di Tsim Sha Tsui dan Kowloon. Tepatnya di Nathan Road, persis di samping Kowloon Park. Berdekatan dengan stasiun kereta bawah tanah Tsim Sha Tsui, membuat tempat ini makin mudah dijangkau.

 Masjid Kowloon

Masjid yang pertama kali dibangun tahun 1896 ini memang beken dengan keunikan arsitekturnya. Jika dilihat dari udara, terlihat bentuk kotak berlapis dua. Semakin indah dengan ornamen kubah dan empat menaranya.

 Masjid Kowloon

Beruntunglah siang itu, kami diizinkan berkeliling masjid rancangan IM Kadri ini. Dari dalam, terlihat ventilasi (roster GRC) dengan motif garis lengkung. Sungguh menawan.

Masjid ini punya tiga lantai. Bagian dasar dipakai mengaji jemaah laki-laki. Bagian tengah untuk mengaji kaum perempuan. Tingkat paling atas merupakan tempat sholat jamaah pria.

 Interior Masjid Kowloon

Lantai satu masjid ini jadi ruang utama. Dinding terbuat dari batu granit putih. Dua lampu kristal menyerupai sarang tawon menggantung indah di langit-langit. Cahanya sanggup menyilaukan mata siapa saja yang menatapnya.

 Masjid Kowloon, Oase di 'Hutan Beton' Hong Kong

Seperti tempat ibadah umat Muslim pada umumnya. Masjid Kowloon juga punya mimbar. Di sana, tersedia pula bangku-bangku untuk memudahkan para lansia sholat.

 Masjid Kowloon

Bagi kita yang baru pertama kali ke sini, jangan khawatir. Di sana ada banyak petunjuk. Mulai penunjuk arah tempat untuk pria dan wanita, larangan menyalakan telepon seluler, dan peringatan lainnya.

 Masjid Kowloon

Bagian lain yang juga unik di masjid ini adalah tempat wudu. Di setiap pancuran, disediakan tempat duduk. Bentuknya silinder. Sehingga, memudahkan bagi siapa saja yang ingin bersuci.

 Masjid Kowloon, Oase di 'Hutan Beton' Hong Kong

Di dekat pintu masuk, juga tersedia kran air minum otomotis untuk pengunjung yang kehausan. Dilengkapi rak berisi gelas-gelas.

 Masjid Kowloon

Bagi Anda yang ingin berkunjug ke Masjid Kowloon harap diperhatikan: tak ada tempat parkir di sini. Baik untuk roda dua maupun empat.

 Masjid Kowloon

Pada kunjungan dalam rangkaian kegiatan Mega Muslim FamTrip Hong Kong Tourism Board ini pula kami diberi kesempatan berbincang dengan Saeed Uddin, Sekretaris Wali Amanat dan Pendanaan Komunitas Islami Hong Kong.

Dream dan beberapa media lainnya diberi kesempatan berbincang tentang sejarah panjang masjid berkapasitas 3.500 jemaah ini. Selain itu juga tentang perkembangan Islam di Hong Kong.

Kata Saeed, Surau yang bangun oleh Zoheir Tyebkhan, berasal dari India, ini tak hanya jadi tempat ibadah. Tapi juga sebagai titik kumpul komunitas Islam yang datang dari seluruh penjuru Hong Kong. Di masjid inilah mereka berdiskusi, hingga melakukan beragam kegiatan.

 Sekretaris Wali Amanat dan Pendanaan Komunitas Islami Hong Kong, Saeed Uddin

Berikut petikan wawancaranya:

Bisa Anda Ceritakan Sejarah Masjid Ini?

Masjid Kowloon, salah satu masjid tertua di sini dan sejarahnya berawal dari kedatangan tentara dari negara timur tengah. Saat itu dari Pakistan dan Bangladesh, yang tentunya termasuk tentara muslim.

Mereka datang dan tinggal di beberapa bagian negara Hong Hong, bekerja dan tinggal dekat sini, mungkin tidak dekat-dekat sini, tapi dekat sini dan mereka mulai menunaikan ibadah di sini.

Jadi masjid ini berawal dari sebuah kawasan kecil, masjid kecil. lalu orang lokal yang ada di sini memberikan lokasi bagi kami untuk membangun masjid.

Dari sanalah akhirnya kami sekarang mempunyai 5 masjid di Hong Kong, yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah.

Masjid Kowloon itu awalnya merupakan lokasi yang kecil, tapi di 1974, kami memulai renovasi menjadi lebih besar dan selesai 1984. Lalu di 2005-2006, kami kembali melakukan renovasi di bagian interior masjid, menambah kantor, perpustakaan dan lain-lain.

Dan di bagian kiri dan kanan masjid ini kami membuat dua aula yang dapat memuat 100-150 jemaah sholat. Juga bisa dipakai untuk kegiatan komunitas, seminar, kuliah, pengunjung, dapat menetap di sini. Saat Masjid Kowloon memiliki 20 staf dengan 3 imam.

Rata-rata Jamaahnya Dari Mana?

Kami mempersilakan muslim untuk melakukan kegiatan di sini. Kami juga menerima kedatangan turis yang ingin ke sini untuk mencari tahu tentang islam.

Jadi setiap hari kami menerima banyak kedatangan orang dari berbagai kalangan dan golongan yang ingin mengetahui tentang Islam, kami terima dengan tangan terbuka. Kami tak akan bertanya anda siapa.

Apa Saja Kegiatan di Masjid Kowloon?

Saat ramadan kami juga menyediakan makanan gratis bagi siapapun yang membutuhkan, mulai dari jam 11 siang kami memasak, menyiapkan makanan, lalu aula kami tata dengan meja dan kursi, semua orang bisa datang dan ikut makan, 30 menit sebelum berbuka puasa.

Siapapun juga dapat datang sambil membawa makanan, nanti mereka juga akan kami sambut dan layani dengan cara yang sama.

Kami juga memfasilitasi acara pernikahan saudara sesama muslim, termasuk menyediakan sertifikat nikah yang diterima pemerintah. kami diberi otoritas untuk menerbitkan hal tersebut. Termasuk menerbitkan sertifikat halal untuk restoran di seluruh Hong Kong.

Apa Melantun Azan Lewat Pengeras Suara Diperbolehkan di sini?


Sama seperti di Indonesia. Dalam sehari, ada 2500 jemaah yang sholat di sini, tentu saja kami juga melantunkan Azan--tapi hanya di dalam masjid saja.

Jadi tidak ada yang beda. Kita sama, mulai dari pelaksanaan sholat, dan lainnya. Kami juga punya madrasah, pusat kajian islam, untuk anak muda. Menurut kami apa yang kami lakukan di sini lebih baik dibanding di negara muslim lain, karena kami menyediakan fasilitas, pendidikan dan atmosfer yang bagus (tanpa bertikai, tanpa adu argumen) karena semuanya muslim, saudara.

Apa Hal Paling Menggembirakan Menjadi Muslim di Hong Kong?

Kami sangat senang karena kami mendapat kontrol untuk mengatur aktivitas. Pemerintah sangat baik. Kamu lihat banyak yang pakai hijab, tak ada masyarakat yang mempermasalahkan. Jadi kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan pemerintah dan kami menghormati mereka karena mereka juga menghormati kami.

Masyarakat di sini juga sangat toleran dengan monoritas. Mereka tidak melarang, tidak berteriak atau memprotes kegiatan kami. Jadi yang bisa kami lakukan adalah hidup berdampingan dengan masyarakat lokal.

Dari Mana Sumber Pendanaan Masjid Ini?

Dari donasi jemaah, kami tak mendapat bantuan dari pemerintah, kami mengumpulkan sendiri dan saudara kami sangat baik mengumpulkan donasi untuk masjid.

Kebanyakan Muslim di Hong Kong Dari Mana Saja?

Dari mana saja, ada Chinese muslim, dari India, Pakistan, Malaysia, Indonesia, Arab, Iran, Turki.

Ada Pesan untuk Traveler Muslim di Hong Kong?

Hong kong adalah negara damai, banyak hal yang bisa disaksikan di sini, sudah semakin banyak makanan halal, ada disneyland dan ocean park. Kami juga mendorong mereka untuk menyediakan makanan halal. Ini merupakan usaha kami, untuk turis dan masyarakat lokal.

Anak Artis Season 3 - Cara Jadi Cewek Kuat Ala Valerie & Nadine

Rekomendasi Pilihan



Menuju Spin Off Pada 2023, Ini Persiapan CIMB Niaga Syariah

Selasa, 15 Oktober 2019 16:48

Rencana ini sudah dipersiapkan beberapa tahun yang lalu.

Outfit Nagita Slavina Cuma Rp1 Juta, Netizen Girang Tak Lagi Jantungan

Selasa, 15 Oktober 2019 16:36

Lihat tampilan lengkapnya berikut ini.

Sandiaga Uno Bagikan Teka-teki: Saya Kembali

Selasa, 15 Oktober 2019 16:00

Sandiaga dikabarkan masuk bursa menteri di kabinet Jokowi.

Hore! Stasiun MRT Lebak Bulus Kini Punya `Pangkalan` Ojek Online

Selasa, 15 Oktober 2019 15:48

Plaza ini punya `titik jemput dan antar` penumpang ojek online.

NASA Tangkap Foto Momen Horor Dua Galaksi Bertabrakan

Selasa, 15 Oktober 2019 15:12

Pertanda buruk tentang masa depan Bima Sakti.

6 Manfaat Pisang Mentah Bagi Kesehatan Tubuh

Selasa, 15 Oktober 2019 14:48

Ternyata, pisang mentah memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh.

Pori: JAD Siapkan Bom Bunuh Diri Saat Pelantikan Jokowi

Selasa, 15 Oktober 2019 14:45

Pengantin untuk aksi bom bunuh diri di Surakarta dan Yogyakarta telah disiapkan.