Dream - Karyawan yang aktif adalah kunci keberhasilan sebuah perusahaan. Studi menunjukkan bahwa perusahaan dengan karyawan aktif mengungguli mereka yang tidak hingga 202 persen.
Dunia digital menawarkan banyak cara untuk membuat karyawan terlibat secara aktif. Di dalam bisnis, kita dapat memanfaatkan kekuatan komunitas untuk memicu kolaborasi global, memungkinkan komunikasi dua arah dan selanjutnya menanamkan perasaan sebagai tim di seluruh geografi yang berbeda.
Karena itulah, seperti dikutip dari Entrepreneur, Sabtu, 23 Januari 2016, perusahaan perlu memberi kesempatan kepada karyawan untuk terlibat aktif secara digital dengan lima cara berikut ini.
1. Mendidik karyawan tentang strategi digital perusahaan
Tidak ada yang bisa dilakukan jika tidak ada yang mengerti misi dan tujuan strategi digital perusahaan. Luangkan waktu untuk mendidik karyawan Anda, minimal dalam hal menghadapi pelanggan, tentang strategi Anda perusahaan agar mereka merasa dilibatkan dan diberdayakan.
Anda mungkin akan terkejut ketika mereka mulai memberikan saran-saran tentang strategi Anda dan berbagi dengan rekan-rekan mereka. Inklusi adalah cara yang ampuh untuk menanamkan rasa kepemilikan.
2. Mengetahui keahlian masing-masing karyawan
Diperlukan satu ton energi dan gairah untuk menemukan karyawan yang ahli dalam bidang masing-masing dan melibatkannya dalam mengembangkan perusahaan secara digital. Salah satu taktiknya adalah menciptakan sebuah wiki internal yang siapa pun dapat mengeditnya.
Ini akan memungkinkan karyawan mengaktualisasikan bidang keahlian mereka, menyalurkan aktivitas sosial yang mereka sukai, menjawab pertanyaan yang bisa ditangani, dan sebagainya.
Cara ini memiliki manfaat yang berharga. Pertama, untuk memberitahu karyawan bahwa keterlibatan mereka secara digital tidak menjadi masalah bagi perusahaan. Sungguh menakjubkan melihat bagaimana orang-orang yang merasa dibatasi bisa melakukan apa pun yang terkait dengan pekerjaan sosial. Selain itu cara ini akan membantu karyawan merasa terhubung satu sama lain, menjadikan mereka bagian dari satu kelompok.
3. Melibatkan karyawan secara preskriptif
Apakah Anda akan meluncurkan produk? Atau mungkin acara besar? Jika Anda seperti perusahaan lain di planet ini, Anda mungkin akan menyampaikan pengumuman atau pesan melalui saluran digital yang Anda miliki dengan keberhasilan yang moderat.
Libatkan karyawan untuk mengambil tindakan. Beritahu mereka tentang pesan-pesan kunci Anda, target audiens Anda dan hasil yang Anda inginkan. Persenjatai mereka dengan konten dan tautan yang bisa diukur. Bantu mereka memahami tujuan Anda secara keseluruhan dan sediakan informasi yang relevan tentang pesan Anda secara real-time di seluruh jaringan mereka.
4. Menghubungkan karyawan melalui percakapan penting
Jadi sekarang Anda telah memiliki daftar karyawan yang paling aktif secara sosial yang bersedia membantu bila diperlukan. Mengingat Anda menggunakan wiki untuk mengumpulkan informasi, maka Anda harus selalu up-to-date.
Sekarang, pikirkan melalui mata pelanggan. Sebagai merek terkenal, Anda memahami bagaimana pelanggan menemukan Anda secara online, bagaimana agar terlibat dengan mereka dengan cara terbaik, bagaimana menciptakan transaksi tanpa gesekan dan akhirnya bagaimana cara mengaktifkan advokasi pelanggan pada skala pasca-pembelian.
5. Merayakan kemenangan
Terkait dengan dunia digital, sebagian besar merek berusaha untuk mengetahui semuanya. Sayangnya, sering ada sambungan yang putus antara perusahaan dan karyawan. Di saat merek berusaha memperbesar keterlibatannya dalam dunia digital, karyawan tidak yakin tentang peran mereka.
Apakah mereka diperbolehkan untuk berpartisipasi di dunia digital? Apakah mereka akan mendapat masalah? Anda akan terkejut betapa banyak pelanggan online frustrasi sementara karyawan tidak bisa melakukan apa-apa karena ketidakpastian.
Ketika Anda mulai mendapatkan beberapa kemenangan, rayakan pahlawan yang baru Anda temukan, ya karyawan yang membantu Anda di dunia digital. Jadikan contoh dan tunjukkan bagaimana keterlibatan preskriptif radikal dapat meningkatkan pengalaman pelanggan.
Jadi, jika karyawan mulai merasa menghasilkan nilai pada merek, mereka akan merasa jauh lebih dilibatkan dan dihargai daripada sebelumnya.
Advertisement
Halte TJ Senen Sentral yang Terbakar, Berubah Jadi Halte Jaga Jakarta
4 Komunitas Animasi di Indonesia, Berkarya Bareng Yuk!
Senayan Berbisik, Kursi Menteri Berayun: Menanti Keputusan Reshuffle yang Membentuk Arah Bangsa
Perusahaan di China Beri Bonus Pegawai yang Turun Berat Badan, Susut 0,5 Kg Dapat Rp1 Juta
Style Maskulin Lionel Messi Jinjing Tas Rp1 Miliar ke Kamp Latihan
Konser Sejarah di GBK: Dewa 19 All Stars Satukan Legenda Rock Dunia dalam Panggung Penuh Magis
Desain Samsung Galaxy S26 Bocor, Isu Mirip iPhone 17 Pro Bikin Heboh Pecinta Gadget
Official Genas, Komunitas Dance dari Maluku yang `Tularkan` Goyang Asyik Tabola Bale
Selamatkan Kucing Uya Kuya Saat Aksi Penjarahan, Sherina Dipanggil Polisi