Cara Manfaatkan Dunia Digital untuk Cetak Pegawai Hebat

Reporter : Ramdania
Senin, 25 Januari 2016 10:15
Cara Manfaatkan Dunia Digital untuk Cetak Pegawai Hebat
Bisa lebih mengenal karyawan dan menyosialisasikan kebijakan secara cepat.

Dream - Karyawan yang aktif adalah kunci keberhasilan sebuah perusahaan. Studi menunjukkan bahwa perusahaan dengan karyawan aktif mengungguli mereka yang tidak hingga 202 persen.

Dunia digital menawarkan banyak cara untuk membuat karyawan terlibat secara aktif. Di dalam bisnis, kita dapat memanfaatkan kekuatan komunitas untuk memicu kolaborasi global, memungkinkan komunikasi dua arah dan selanjutnya menanamkan perasaan sebagai tim di seluruh geografi yang berbeda.

Karena itulah, seperti dikutip dari Entrepreneur, Sabtu, 23 Januari 2016, perusahaan perlu memberi kesempatan kepada karyawan untuk terlibat aktif secara digital dengan lima cara berikut ini.

1. Mendidik karyawan tentang strategi digital perusahaan

Tidak ada yang bisa dilakukan jika tidak ada yang mengerti misi dan tujuan strategi digital perusahaan. Luangkan waktu untuk mendidik karyawan Anda, minimal dalam hal menghadapi pelanggan, tentang strategi Anda perusahaan agar mereka merasa dilibatkan dan diberdayakan.

Anda mungkin akan terkejut ketika mereka mulai memberikan saran-saran tentang strategi Anda dan berbagi dengan rekan-rekan mereka. Inklusi adalah cara yang ampuh untuk menanamkan rasa kepemilikan.

2. Mengetahui keahlian masing-masing karyawan

Diperlukan satu ton energi dan gairah untuk menemukan karyawan yang ahli dalam bidang masing-masing dan melibatkannya dalam mengembangkan perusahaan secara digital. Salah satu taktiknya adalah menciptakan sebuah wiki internal yang siapa pun dapat mengeditnya.

Ini akan memungkinkan karyawan mengaktualisasikan bidang keahlian mereka, menyalurkan aktivitas sosial yang mereka sukai, menjawab pertanyaan yang bisa ditangani, dan sebagainya.

Cara ini memiliki manfaat yang berharga. Pertama, untuk memberitahu karyawan bahwa keterlibatan mereka secara digital tidak menjadi masalah bagi perusahaan. Sungguh menakjubkan melihat bagaimana orang-orang yang merasa dibatasi bisa melakukan apa pun yang terkait dengan pekerjaan sosial. Selain itu cara ini akan membantu karyawan merasa terhubung satu sama lain, menjadikan mereka bagian dari satu kelompok.

3. Melibatkan karyawan secara preskriptif

Apakah Anda akan meluncurkan produk? Atau mungkin acara besar? Jika Anda seperti perusahaan lain di planet ini, Anda mungkin akan menyampaikan pengumuman atau pesan melalui saluran digital yang Anda miliki dengan keberhasilan yang moderat.

Libatkan karyawan untuk mengambil tindakan. Beritahu mereka tentang pesan-pesan kunci Anda, target audiens Anda dan hasil yang Anda inginkan. Persenjatai mereka dengan konten dan tautan yang bisa diukur. Bantu mereka memahami tujuan Anda secara keseluruhan dan sediakan informasi yang relevan tentang pesan Anda secara real-time di seluruh jaringan mereka.

4. Menghubungkan karyawan melalui percakapan penting

Jadi sekarang Anda telah memiliki daftar karyawan yang paling aktif secara sosial yang bersedia membantu bila diperlukan. Mengingat Anda menggunakan wiki untuk mengumpulkan informasi, maka Anda harus selalu up-to-date.

Sekarang, pikirkan melalui mata pelanggan. Sebagai merek terkenal, Anda memahami bagaimana pelanggan menemukan Anda secara online, bagaimana agar terlibat dengan mereka dengan cara terbaik, bagaimana menciptakan transaksi tanpa gesekan dan akhirnya bagaimana cara mengaktifkan advokasi pelanggan pada skala pasca-pembelian.

5. Merayakan kemenangan

Terkait dengan dunia digital, sebagian besar merek berusaha untuk mengetahui semuanya. Sayangnya, sering ada sambungan yang putus antara perusahaan dan karyawan. Di saat merek berusaha memperbesar keterlibatannya dalam dunia digital, karyawan tidak yakin tentang peran mereka.

Apakah mereka diperbolehkan untuk berpartisipasi di dunia digital? Apakah mereka akan mendapat masalah? Anda akan terkejut betapa banyak pelanggan online frustrasi sementara karyawan tidak bisa melakukan apa-apa karena ketidakpastian.

Ketika Anda mulai mendapatkan beberapa kemenangan, rayakan pahlawan yang baru Anda temukan, ya karyawan yang membantu Anda di dunia digital. Jadikan contoh dan tunjukkan bagaimana keterlibatan preskriptif radikal dapat meningkatkan pengalaman pelanggan.

Jadi, jika karyawan mulai merasa menghasilkan nilai pada merek, mereka akan merasa jauh lebih dilibatkan dan dihargai daripada sebelumnya.

Beri Komentar