Kemenhub Buka Suara Soal Kepadatan di Stasiun Manggarai, Begini Solusinya

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 22 Februari 2023 14:12
Kemenhub Buka Suara Soal Kepadatan di Stasiun Manggarai, Begini Solusinya
Di sisi lain, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Risal Wasal pun menyampaikan permohonan maaf atas kepadatan yang terjadi di Stasiun Manggarai.

Dream - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan mengambil langkah untuk mengurai kepadatan di Stasiun Manggarai yang kini menjadi sorotan masyarakat. Langkah itu akan diawali dengan menambah tangga di Stasiun Manggarai.

" Kami mohon doa dan dukungan masyarakat agar tangga tambahan ini dapat terealisasi segera, agar menjawab keresahan pengguna kereta api dalam melakukan transit di Stasiun Manggarai," ujar Direktur Prasarana Perkeretaapian Harno Trimadi dikutip dari Merdeka.com, Rabu 22 Februari 2023.

Harno menambahkan, untuk menjaring masukan tentang pembangunan di Stasiun Manggarai, termasuk menyediakan akses ramah disabilitas, DJKA akan secara aktif merangkul komunitas pecinta kereta.

Di sisi lain, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Risal Wasal pun menyampaikan permohonan maaf atas kepadatan yang terjadi di Stasiun Manggarai.

" Izinkan kami memohon maaf atas kendala yang dihadapi penumpang di Stasiun Manggarai, InsyaAllah segera kami sampaikan solusi untuk mengurai penumpukan yang sering terjadi," ucap Risal.

1 dari 4 halaman

Kepadatan penumpang di Stasiun Manggarai sudah tidak asing lagi, salah satu petugas Stasiun Manggarai mengatakan jam-jam padat terjadi ketika keberangkatan kerja pukul 05.30-07.30. Lalu saat pulang kerja sekitar pukul 17.00-20.00.

Sebagai tempat transit, Stasiun Manggarai memang tak pernah sepi, sampai pukul 10.00, stasiun selalu ramai oleh lalu lalang pengunjung. Untungnya, dari pukul 08.25 menuju Tanah Abang, pengguna sudah bisa mendapatkan duduk.

Di sisi lain, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jakarta Rode Paulus juga menyebutkan bahwa kepadatan Stasiun Manggarai terjadi hanya pada jam-jam tertentu. 

" Kalau dilihat secara langsung di lapangan, kepadatan tersebut tidak terjadi sebagaimana diberitakan di media sosial. Betul peron agak padat saat kereta datang namun akan segera terurai, tidak stuck," sebut Rode.

Rode mengimbau kepada masyarakat agar mendukung dan menjaga fasilitas di Stasiun Manggarai yang sedang dibangun. 

" Kami juga mengajak rekan-rekan sekalian untuk saling mengingatkan dan berhati-hati terutama saat melangkah keluar kereta agar tidak terjadi lagi penumpang terperosok ke dalam celah peron," pesan Rode.

2 dari 4 halaman

Jangan Panik, Ini Cara Mendapatkan Kembali Barang yang Tertinggal di Kereta Api atau Stasiun

Dream - Bertambahnya volume penumpang kereta api berdampak pada meningkatnya jumlah barang yang tertinggal. Tercatat, sebanyak 4.984 barang tertinggal berhasil diamankan petugas dan telah di masukkan pada database sistem Lost and Found selama periode Januari – Desember 2022. 

" Dari jumlah tersebut, diantaranya 4.546 sudah kembali ke pemilik. Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti laptop, perhiasan, telepon seluler, tas, dompet, hingga paspor WNA," kata Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus, dalam siaran pers KAI, dikutip pada Jumat 10 Februari 2023.

Joni menjelaskan, para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta api atau di lingkungan stasiun, dapat melaporkan kepada petugas antara lain kondektur yang sedang berdinas di atas kereta api, ataupun petugas pengamanan yang ada di stasiun atau dapat melalui Contact Center KAI 121.

Nantinya jika barang tertinggal belum bisa ditemukan saat itu juga, maka akan dilakukan konfirmasi melalui telepon kepada pelapor terkait perkembangan penanganan barang tertinggal yang dilaporkan. Jika ditemukan maka untuk proses penyerahan pelanggan wajib menunjukkan kartu identitas untuk verifikasi kepemilikan barang.

3 dari 4 halaman

Sebaliknya, jika ada penemuan barang di dalam kereta api ataupun di lingkungan stasiun, KAI akan langsung memberikan pengumuman atas penemuan barang tersebut melalui pengeras suara.

Jika tidak ada pihak yang mengambil maka barang akan disimpan di Pos Pengamanan stasiun dan akan dimasukan pada pendataan sistem Lost and Found yang dimiliki oleh KAI.

" Seluruh barang bawaan merupakan tanggung jawab pelanggan, namun untuk memberikan layanan maksimal petugas keamanan akan selalu berupaya membantu mengamankan barang tertinggal yang masih ada di atas kereta api atau stasiun," ucap Joni.

4 dari 4 halaman

Tips Saat Barang Tertinggal di Stasiun atau Kereta Api

Joni mengimbau kepada para pelanggan kereta api untuk selalu menjaga dan memperhatikan barang bawaan ketika melakukan perjalanan, baik di lingkungan stasiun maupun selama dalam perjalanan KA. Sebagai antisipasi berikut tips saat tertinggal barang di stasiun atau di atas KA:

1. Tetap tenang dan jangan panik, cobalah untuk mengingat lokasi terakhir kali barangnya terlihat.

2. Buat laporan pada petugas Customer Service On Station, petugas keamanan atau kunjungi bagian Lost and Found.

3. Pelanggan juga bisa menghubungi Contact Center 121 melalui telepon 121, WA (0811-1211-1121) atau Direct Message (DM) Twitter/Facebook KAI121.

4. Sampaikan ciri-ciri barang yang hilang, kode booking tiket, jika barangnya tertinggal di atas kereta api.

5. Apabila laporan dilakukan melalui Contact Center 121, maka pelanggan kereta api akan mendapatkan informasi status barang tertinggal melalui telepon, email, atau Direct Message (DM) Twitter/Facebook KAI121.

6. Hindari memberikan informasi kode booking atau detail barang kepada pihak yang tidak berkepentingan.

Beri Komentar