Kementerian PUPR Gelontorkan Dana Rp10,38 Triliun untuk IKN, Buat Bangun Apa Saja?

Reporter : Okti Nur Alifia
Rabu, 25 Januari 2023 10:14
Kementerian PUPR Gelontorkan Dana Rp10,38 Triliun untuk IKN, Buat Bangun Apa Saja?
Jumlah tersebut diinformasikan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, yang ditujukan untuk pembangunan infrastruktur dasar bidang Cipta Karya di IKN pada tahun ini.

Dream - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran untuk dukungan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tahun ini sebesar Rp10,38 triliun.

Jumlah tersebut diinformasikan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, yang ditujukan untuk pembangunan infrastruktur dasar bidang Cipta Karya di IKN pada tahun ini.

Diana juga mengatakan pagu anggaran di Cipta Karya untuk tahun ini sebesar Rp25,03 triliun.

" Di sini termasuk untuk dukungan pembangunan IKN Nusantara sebesar Rp10,38 triliun," ujar Dirjen Cipta Karya, Diana Kusumastuti, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 25 Januari 2023.

Rincian anggarannya yakni digunakan untuk infrastruktur dasar air minum sebesar Rp622,5 miliar yang diperuntukkan bagi Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku, Pembangunan Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum SPAM Sepaku, Pembangunan Jaringan Distribusi Utama (JDU) dan Jaringan Distribusi Pembagi SPAM Sepaku Tahap I.

1 dari 2 halaman

Infrastruktur Lainnya

Adapun untuk infrastruktur dasar sanitasi sebesar Rp816,4 miliar yang ditujukan untuk Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) 1, 2, 3 KIPP, Pembangunan Jaringan Perpipaan Air Limbah, Pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) 1 KIPP, Pembangunan Unit Pengurukan Residu pengolahan Sampah IKN.

Kemudian untuk pengembangan kawasan permukiman dialokasikan sebesar Rp1,26 triliun bagi proyek Land Development (Urban Design IA, IB dan IC), Penataan Sumbu Kebangsaan Tahap I dan Tahap II, Sistem Proteksi Kebakaran KIPP, Manajemen Konstruksi (MK)Induk pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Dana sebesar Rp7,64 triliun juga dialokasikan untuk Bina Penataan Bangunan dialokasikan yang diperuntukkan bagi proyek pembangunan Bangunan Gedung Pusat Pemerintahan, Kantor Presiden, Gedung Sekretariat Presiden, Wisma Negara, Gedung Kementerian Koordinator, Gedung Kantor Kemensetneg, Gedung Kantor Kementerian/Lembaga, Masjid Negara, Gedung dan Kawasan Beranda Nusantara, Rencana Detail dan Pengembangan Kawasan KIPP.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya untuk perencanaan dan pengendalian dialokasikan sebesar Rp40,24 miliar, yang diperuntukkan bagi Pengendalian dan Monitoring Kegiatan, Operasional Satgas IKN dan biaya pendukung pembebasan lahan.

Sebelumnya, Kementerian PUPR mengelontorkan anggaran sekitar Rp99,6 miliar untuk membangun dermaga logistik dan material di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, demi menunjang pembangunan infrastruktur IKN Nusantara.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara Ahmad di Penajam mengatakan, Kementerian PUPR menargetkan pembangunan dermaga logistik dan material di IKN baru selesai pertengahan tahun ini.

Beri Komentar