Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dapat Izin Operasi Setengah Abad

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dapat Izin Operasi Setengah Abad Ilustrasi

Dream - Kereta cepat Jakarta-Bandung akhirnya mengantongi izin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) juga mengantongi izin konsesi selama 50 tahun terhitung sejak 31 Mei 2019.

Kepastian ini diperoleh setelah terbitnya Keputusan Menteri Perhubungan Nomor : KP 160 Tahun 2016 tentang Pemberian Izin Usaha Penyelenggaraan Prasarana Perkeretaapian Umum Untuk Kereta Api Cepat Antara Jakarta dan Bandung tertanggal 17 Maret 2016.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Hermanto Dwiatmoko menjelaskan, Izin Usaha Penyelenggaraan Prasarana Perkeretaapian Umum Untuk Kereta Api Cepat Antara Jakarta dan Bandung ini berlaku selama 30 tahun terhitung semenjak Keputusan Menteri Perhubungan ini terbit.

“Izin usaha ini dapat diperpanjang untuk setiap kali paling lama 20 (dua puluh) tahun,” kata Hermanto, mengutip laman setkab.go.id, Jumat, 18 Maret 2016.

Pemegang Izin Usaha Penyelenggaraan Prasarana Perkeretaapian Umum, lanjut Hermanto, mempunyai kewajiban untuk mematuhi peraturan perundang-undangan di bidang perkeretaapian.

Operator juga diberi waktu tiga tahun untuk menyelesaikan kegiatan perencanaan teknis, kegiatan analisis mengenai dampak lingkungan hidup atau UKL dan UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup), pengadaan tanah dan mengajukan izin pembangunan prasarana perkeretaapian umum sebelum memulai pelaksanaan pembangunan fisik.

“Selain itu, pemegang izin ini diwajibkan untuk melaporkan pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut setiap 1 (satu) tahun sekali kepada Kementerian Perhubungan selaku pemberi izin,” tegas Hermanto.

Dia menegaskan, izin ini bisa saja dicabut apabila KCIC tidak melaksanakan kewajiban-kewajiban yang sudah diatur dalam peraturan menteri ini.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Jokowi Minta China Bantu Moda Transportasi IKN dan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Jokowi Minta China Bantu Moda Transportasi IKN dan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Sang Presiden mendorong pemerintah China untuk terlibat dalam kerja sama pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), khususnya bidang transportasi.

Baca Selengkapnya
Kesaksian Penumpang KA Turangga yang Tabrakan dengan Kereta Bandung Raya, Banyak yang Masih Tertidur dan Terlempar ke Luar Gerbong

Kesaksian Penumpang KA Turangga yang Tabrakan dengan Kereta Bandung Raya, Banyak yang Masih Tertidur dan Terlempar ke Luar Gerbong

Kesaksian penumpang yang duduk di gerbong ketiga KA Turangga saat tabrakan dengan Commuter Line Bandung Raya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.