Kiat Christian Sugiono Pertahankan Bisnis di Masa Pandemi

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Rabu, 13 April 2022 10:15
Kiat Christian Sugiono Pertahankan Bisnis di Masa Pandemi
Sebagai pengusaha, Christian membeberkan beberapa tips untuk mengembangkan bisnis di masa pandemi

Dream - Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan baru dalam hidup. Mulai dari kebiasaan baru hingga gaya hidup baru. Berubahnya gaya hidup masyarakat, ini memaksa para pengusaha untuk memutar otak kembali untuk mengembangkan bisnisnya.

Salah satu pengusaha yang terdampak akan perubahan pandemi ini adalah Christian Sugiono. Pembisnis juga aktor ini membuka usaha baru dalam bidang digital.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Saya memiliki beberapa usaha, dan pasti berdampak saat pandemi ini, ada yang parah ada yang oke. Seperti rental market place yang saya kelola dimana vendor bisa bisa rental bisa memasukan barangnya, namun karena pandemi acara tidak bisa berjalan dan siapa yang akan rental barang, jadi kita beradaptasi rental mainan anak,” jelas Christian Sugiono pada acara launching Koin Works Neo, Selasa 12 April 2022.

Sebagai pengusaha, Christian membeberkan beberapa tips untuk mengembangkan bisnis di masa pandemi yang bisa Sahabat Dream coba aplikasikan saat membangun bisnis sendiri.

1 dari 4 halaman

Adaptif

Dalam mengembangkan usaha harus memiliki strategi yang sesuai dengan keadaan. Hal ini mengharuskan pemilik usaha terus belajar, terlebih kondisi tidak pernah terduga seperti pandemi yang terjadi sekarang ini.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Ketika pandemi semua orang tentu pusing, tapi ternyata banyak opportunity yang bisa kita dapatkan dari keadaan ini, kita jadi keluar dari comfort zone,” tambah Christian.

 

2 dari 4 halaman

Berani Coba dan Keluar dari Zona Nyaman

Suami Titi Kamal ini juga menceritakan kisah rekannya yang dipaksa keluar dari zona nyaman ketika pandemi.

“ Temen saya dipecat akhirnya dia mencoba jualan kue, ternyata lebih sukses daripada kerja dikantor dan pendapatannya jauh lebih besar. Kalau dia gak adaptatif dan mencoba, mungkin dia gak akan tau punya potensi itu,” tambah Christian.

 

3 dari 4 halaman

Pengaturan Financial

Dalam berbisnis, mengatur keluar dan masuknya uang menjadi hal yang krusial. Jangan sampai pencatatan keuangan berantakan dan tidak bisa dilacak, hal ini akan berdampak buruk pada usaha yang jika berjalan dalam waktu lama bisa menyebabkan kebangkrutan.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Financial juga sangat penting, bukan cuma dekat secara kapital saja tapi bagaimana pencatatan keuangan rapi, digital footprint rapi, gak cuma fokus pengembangan produk tapi pengaturan financial juga bagus,” tambah Christian.

 

4 dari 4 halaman

Fitur Pengaturan Financial yang Dipakai Tian

Dalam mengatur keuangan bisnisnya, Christian menggunakan KoinWorks NEO yang begitu membantunya.

“ Saya sudah coba fitur NEO Card, dan membantu sekali untuk pembagian pos-pos keperluan bisnis, seperti untuk operasional, kebutuhan pemasaran, pembelian supply, dan gaji karyawan. Semuanya possible dilakukan dalam satu aplikasi. Membeli barang di e-commerce juga mudah sekali,” tambah pria yang akrab disapa Tian ini.

KoinWorks NEO sendiri adalah layanan one-stop-shop untuk UKM dan pengguna bisnis. pengguna KoinWorks NEO dapat melakukan pembayaran, mengirimkan uang, dan mengakses financial overview sebagai bagian dari fasilitas manajemen keuangan yang disediakan.

“ KoinWorks NEO menjadi solusi finansial praktis bagi mereka yang mempunyai bisnis. Ini adalah inovasi terbaru KoinWorks dalam mempercepat program transformasi digital UKM yang sedang dijalankan oleh pemerintah,” jelas CEO & Co Founder KoinWorks, Benedicto Haryono pada kesempatan yang sama.

Beri Komentar