Kerja Tidak Becus, 5 Menteri Dipecat

Reporter : Ramdania
Rabu, 23 Desember 2015 14:14
Kerja Tidak Becus, 5 Menteri Dipecat
Mereka bertanggung jawab atas kondisi perekonomian negaranya.

Dream - Presiden Korea Selatan, Park Geun Hye mengganti 5 menterinya yang bertanggung jawab atas urusan ekonomi pada awal pekan ini.

Salah satunya adalah Menteri Keuangan Choi Kyoung Hwan, yang baru menjabat pada reshuffle April 2014 lalu.

Choi Kyuoung Hwan dilantik usai bencana Feri Sewol yang menewaskan 300 jiwa yang sebagian besar anak-anak sekolah. Choi Kyoung Hwan digantikan Yoo Il Ho, seorang anggota parlemen yang berkuasa.

Tragedi Feri Sewol ini mencengangkan warga Korea Selatan dan menimbulkan gelombang kemarahan publik. Warga menilai menilai ketidakmampuan pemerintah dan membuktikan adanya korupsi sehingga timbulnya bencana.

Administrasi Park dikritisi saat itu. Hal inilah yang menyebabkan dia harus merombak standard keamanan dan prosedur keselamatan.

Namun, seperti dikutip dari Gulf News, Selasa, 23 Desember 2015, kemarin, Park kembali mengganti beberapa menteri dari kabinetnya. Selain Menkeu, ada juga menteri pendididkan, perdagangan, kesetaraan gender, dan administrasi nasional.

Yoo, lelaki berusia 60 tahun yang juga mantan menteri transportasi yakin dipilihnya dia sebagai menteri keuangan bisa memperbaiki kondisi ekonomi negara.

" Orang yang tepat dalam menjalankan kebijakan ekonomi dan mendorong revitalisasi ekonomi," tegasnya.

Korea Selatan merupakan negara dengan ekonomi terbesar keempat di Asia dengan pertumbuhan 1,3% di kuartal III. Bank Dunia memperikirakan negara gingseng ini hanya bisa tumbuh 2,7% sepanjang tahun 2015. (Ism)

Beri Komentar