Kronologi Detik-Detik Lion Air Tabrak Tiang Bandara

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 8 November 2018 11:43
Kronologi Detik-Detik Lion Air Tabrak Tiang Bandara
Petugas `juru parkir` yang mengarahkan pesawat Lion Air JT633 menuju landasan pacu ikut diperiksa untuk mengungkap penyebab kejadian.

Dream – Corporate Communication Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan kronologi insiden pesawat Lion Air dengan nomor register PK-LGY menabrak tiang Bandara fatmawati Bengkulu. Insiden ini membuat pesawat bernomor penerbangan JT 633 rute Bengkulu-Jakarta batal terbang.

Danang mengatakan pesawat Boeing 737-900 ER ini seharusnya lepas landas pukul 18.20 dari Bandara Fatmawat Bengkulu. Ketika bergerak menuju landasan pacu (runway), ternyata ujung sayap menyenggol tiang lampu koordinat landas parkir bandara.

“ (Pesawat ini) mengalami kerusakan,” kata Danang di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 8 November 2018.

Danang mengatakan pesawat itu digerakkan oleh pilot dengan panduan serta petunjuk dan tanda oleh petugas Aircraft Movement Control (AMC).

“ Petugas AMC tersebut merupakan personel dari pengelola bandar udara dan sedang diperiksa oleh pihak terkait,” kata dia.

Pihak Lion Air telah menerima dokumen tentang insiden pesawat menabrak tiang. Di dokumen, petugas AMC yang bersangkutan meminta maaf kepada seluruh penumpang Lion Air JT 633. Maskapai juga telah menerima dokumen tentang insiden pesawat menabrak tiang.

“ Dalam dokumen resmi tersebut, sesuai pernyataan personel AMC di mana pesawat mengalami kerusakan pada ujung sayap (wingtip) setelah menabrak tiang parking stand nomor 3 pada saat taxi out menuju landas hubung (taxiway) A pukul 18.28 WIB,” kata dia.

Danang mengatakan petugas AMC bersedia membantu dan mengikuti proses investigasi. Hal ini bertujuan agar penyebab insiden tersebut bisa diketahui.

Sebagai informasi, penerbangan JT-633 mengangkut tujuh kru pesawat dan 143 penumpang telah diberangkatkan dengan menggunakan pesawat registrasi PK-LHM serta kru yang berbeda. Pesawat mengudara pukul 22.48 WIB dari Bengkulu dan sudah mendarat di Soekarno-Hatta, Tangerang pukul 23.50 WIB, Rabu 7 November 2018.

1 dari 5 halaman

Lion Air Kecelakaan di Bandara Bengkulu, Tabrak Tiang

Dream - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT633 mengalami kecelakaan di Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu, Rabu 7 November 2018.

Sayap sebelah kiri pesawat yang hendak terbang ke Jakarta tersebut menabrak tiang penunjuk arah.

“ Itu pas mau berangkat, menyenggol tiang penunjuk tempat,” kata Direktur Utama Lion Air, Edward Sirait, kepada Dream.

Edward mengaku belum mengetahui kronologi kecelakaan tersebut. “ Saya belum tahu apakah saat nose in atau pas di-towing. Kami masih cek,” tutur dia.

2 dari 5 halaman

Kondisi Penumpang

Edward belum tahu pasti jumlah penumpang pesawat berjenis Boeing itu. Yang jelas, kata dia, semua penumpang dalam kondisi selamat.

“ Penumpang tidak apa-apa. Tidak ada yang terluka. Semua aman,” kata dia.

Saat ini, Lion Air telah menerbangkan pesawat menuju Bengkulu. Para penumpang Lion Air JT663 itu akan diangkut menggunakan pesawat tersebut.

“ Malam ini akan kami angkut semua. Pesawat masih dikirim menuju Bengkulu. Malam ini juga kami terbangkan ke Jakarta,” tutur Edward.

3 dari 5 halaman

Pilot Diinterogasi

Selain pesawat, Lion Air juga sedang mengirim tim ke Bengkulu untuk menyelidiki kecelakaan ini. Dia mengatakan, tim itu berangkat bersama pesawat yang dikirim untuk mengangkut penumpang di Bandara Fatmawati.

“ Teknisi juga kami ikutkan untuk mengecek kerusakan pada pesawat,” tutur Edward.

Sementara, tambah Edward, saat ini Otoritas Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu masih mewawancarai pilot pesawat tersebut. “ Masih ditanya bagaimana kronologinya.”

4 dari 5 halaman

Ini Videonya

Insiden ini sempat terekam oleh kamera penumpang. Salah satu akun Facebook yang mengunggah video dan foto-foto kecelakaan ini adalah Kim Dake.

Begini kondisi pesawat dan para penumpangnya:

5 dari 5 halaman

Pesawat Lion Air Senggol Tiang, Kemenhub Turunkan Tim Investigasi

Dream - Lion Air tujuan Bengkulu-Jakarta menabrak tiang lampu di Bandara Fatmawati, Bengkulu, Rabu, 7 November 2018. Akibat peristiwa ini, pesawat yang rencananya berangkat pada 18.20 WIB mengalami keterlambatan.

Kondisi ini akhirnya membuat penumpang dialihkan ke pesawat lain. Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan 143 penumpang itu akan terbang menggunakan pesawat yang didatangkan dari Jakarta.

" Penerbangan JT-633 rencananya tetap diberangkatkan pada malam ini. Para penumpang akan diangkut dengan menggunakan pesawat yang didatangkan dari Jakarta," ujar Danang, dikutip dari Liputan6.com, Kamis, 8 November 2018.

Dampak dari insiden sayap pesawat menabrak tiang lampu itu, Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara (OBU) Wilayah VI, Agoes Soebagia, segera menurunkan investigasi Inspektur Kelayakan Udara bersama dengan Tim Bandara UPBU Fatmawati pada Kamis, 8 November 2018.

Dia enggan berandai mengenai penyebab insiden tersebut. Dia meminta semua pihak bersabar menunggu hasil investigasi.

Sementara terkait nasib penumpang, Agoes telah meminta Lion Air tetap membawa mereka terbang ke Jakarta. Upaya ini agar tak terjadi penumpukan di Bandara Fatmawati.

" " Langkah-langkah penanganan tersebut segera kita dilakukan agar tidak terjadi penumpukan penumpang sehingga membuat masyarakat menjadi kecewa. Dalam hal ini kami tetap memprioritaskan keselamatan dan pelayanan," ujar Agoes.

Sumber: Liputan6.com/Muhammad Ali

Beri Komentar
Catat! Tips Tampil dengan Makeup Bold Ala Tasya Farasya-