Penuhi Janji Kampanye, Malaysia Gratiskan Jalan Tol

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 26 Februari 2019 09:43
Penuhi Janji Kampanye, Malaysia Gratiskan Jalan Tol
Wah, enak banget.

Dream – Malaysia dalam waktu dekat tak perlu membayar tarif tol. Pengguna jalan tol di sana bisa menikmati tol gratis pada jam-jam tertentu.

Dikutip dari World of Buzz, Selasa 26 Februari 2019, Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohammad, mengatakan bahwa pemerintah sedang berdiskusi dengan Gamuda Berhad tentang akuisis empat konsensi jalan tol.

The Edge Market memberitakan bahwa upaya ini merupakan langkah pertama Pakatan Harapan dalam mewujudkan janji-janji saat berkampanye. Penghapusan tarif tol ini bertujuan untuk mengurangi biaya hidup warga Malaysia.

Setelah pengambilalihan selesai, pemerintah akan menghapuskan mekanisme tol yang ada. Penggantinya adalah biaya kemacetan. Pengguna hanya membayar tarif tol saat jam-jam sibuk. Jam sibuk ini berlaku 6 jam.

Masyarakat bisa menikmati tol secara gratis pada pukul 23.00—05.00. Sisanya, pengguna hanya membayar 30 persen dari biaya tol.

Pendapatan dari biaya kemacetan, akan disalurkan untuk pemeliharaan dan biaya operasional dari empat jalan raya. Serta, hasilnya juga digunakan untuk membayar kembali pinjaman.

Apakah cara ini efektif untuk menekan biaya hidup masyarakat di Negeri Jiran? Kita lihat saja nanti.

Beri Komentar
Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri