Tol Bocimi Diresmikan, Berapa Harga Tiketnya?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Minggu, 2 Desember 2018 08:46
Tol Bocimi Diresmikan, Berapa Harga Tiketnya?
Tol yang menghubungkan Bogor, Ciawi, Sukabumi ini sempat mangkrak selama 21 tahun.

Dream - Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) akhirnya bisa digunakan setelah pembangunannya mangkrak 21 tahun. Ruas tol Ciawi-Sukabumi seksi I diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dikutip dari Merdeka.com, Minggu 2 Desember 2018, tol ini panjangnya 15,3 km. Jokowi bingung jalan tol ini terbengkalai selama puluhan tahun, padahal sudah bergonta-ganti investor.

Dikatakan, pembangunan jalan tol sepanjang 54 km ini seharusnya dimulai pada 1997. Tak hanya itu, tol Bocimi juga sempat beberapa kali berganti investor. Mulai dari Konsorsium Bukaka Teknik Utama, Bakrie Group, hingga MNC Group.

" Penetapan lelang tol Bogor-Ciawi-Sukabumi ini sudah ditetapkan tahun 1997. 1997. Saya tidak tahu kenapa harus memakan waktu 21 tahun untuk memulai ini," kata Jokowi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan pengguna tidak dikenakan biaya tol alias digratiskan selama seminggu ke depan.

“ Selama seminggu tidak akan dikenakan tarif. Untuk sosialisasi. Seminggu setelah diresmikan Pak Presiden," kata dia.

Setelah seminggu, tarif tol ditetapkan Rp1.000 per km. Misalnya, 15 km akan dikenakan tarif Rp15 ribu. Tarif ini berlaku untuk golongan I. Untuk golongan lainnya, akan dihitung sesuai rumus yang ditentukan.

" Rp1000 untuk tiap kilometer itu untuk golongan I ya nanti golongan II dan III, 1,5 kali (tarif golongan I). Untuk golongan IV dan V, 2 kali (tarif golongan I)," kata dia,

1 dari 1 halaman

Jalan Alternatif

Jika tol Bocimi sudah selesai dan beroperasi sepenuhnya, jalan tersebut bisa menjadi jalur alternatif menuju Jawa Barat bagian selatan. Terutama bagi angkutan logistik yang selama ini harus berhadapan dengan kemacetan pada ruas jalan Ciawi-Cigombong-Cicurug-Cibadak.

Tol akan memangkas jarak dan waktu tempuh Bogor-Sukabumi yang berjarak sekitar 67 km bila melalui jalan arteri. Dari semula sekitar 4,5 hingga 5 jam menjadi sekitar 40 menit.

Tak hanya itu, jalan tol ini juga menawarkan pemandangan yang indah. Jokowi mengatakan sepanjang ruas Tol Ciawi-Sukabumi seksi I, ada pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede Pangrango.

" Saya lihat tadi kanan kiri betapa sangat indahnya dan cantiknya alam yang ada di sini. Apa itu yang menyebabkan lama," kata dia.(mut)

Beri Komentar
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie