Matahari Tutup 6 Toko Tahun Ini, Nasib 23 Gerai Lainnya Terancam

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 30 November 2020 13:50
Matahari Tutup 6 Toko Tahun Ini, Nasib 23 Gerai Lainnya Terancam
Saat ini Matahari mengoperasikan 147 gerai di seluruh Indonesia.

Dream – PT Matahari Department Store Tbk kembali menutup enam gerai tahun ini. Keputusan ini dibuat karena toko-toko tersebut dianggap tidak menguntungkan.

“ Enam toko yang tidak menguntungkan akan ditutup,” tulis manajemen dalam keterbukaan di BEI.

Keenam gerai Matahari yang akan ditutup tersebut amasing-masing terletak 4 toko di Jawa, 1 Bali, dan 1 Sulawesi. Dengan pengurangan ini, jumlah toko yang dimiliki Matahari saat ini  menyusut dari 153 gerai menjadi 147 gerai pada 2020.

Perusahaan juga tidak membuka toko baru pada kuartal keempat 2020 dan kuartal pertama pada 2021.

Dari 147 gerai yang bertahan, sebanyak 23 di antaranya masuk dalam pengawasan. Manajemen memantau, meninjau, dan mendiskusikan kinerja 147 toko itu.

Selain itu, perusahaan juga bernegosiasi dengan pemilik gedung tentang biaya sewa gerai supaya bisa lebih murah.

Dikatakan bahwa ada beragam hal yang berdampak kepada bisnis perusahaan, seperti tingginya kasus harian Covid-19, adanya PSBB transisi di enam kota yang berdampak kepada 42 toko Matahari, serta protes dan kerusuhan akibat Omnibus Law dan upah buruh untuk 2021.(Sah)

1 dari 3 halaman

Matahari Bikin Terobosan Belanja Barang Diantar ke Parkiran Pembeli

Dream – PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) membuat terobosan untuk memastikan keamanan pelanggan dalam membeli barang kebutuhan sehari-hari. Perusahaan menyediakan fasillitas pembelian yang bisa dilakukan lewat WhatsApp dan barang akan diantar langsung ke rumah.

Layanan ini bisa digunakan pelangan untuk membeli barang melalui platform Hypermart Online dan Chat & Shop by Hypermart, Foodmart, Primo, HyFresh dan SmartClub melalui whatsapp (Chat and Shop).

 

 

Dikutip dari keterangan tertulis MPPA, Director-Corporate Secretary & Public Relations MPPA, Danny Kojongian, mengatakan barang yang dibeli akan diantar ke mobil pelanggan di tempat parkir toko beroperasi.

“ Pelanggan tak perlu keluar dari mobil,” kata Danny di Karawaci, Tangerang, Banten.

Layanan unik ini tersedia melengkapi layanan favorit, Hypermart Online dan Chat & Shop. Park & Pickup saat ini tersedia di toko Hypermart, Foodmart, Primo, Hyfresh dan SmartClub secara nasional untuk platform Chat & Shop serta di 20 toko di Jabodetabek untuk platform Hypermart Online selama jam operasional toko. Pelanggan dapat melakukan pembayaran secara elektronik dengan OVO terlebih dahulu.

2 dari 3 halaman

Bisa Bayar di Areal Parkir

Hypermart Online juga memberikan kenyamanan pembayaran touchless seperti OVO, kartu debit dan kartu kredit, atau dengan uang tunai di tempat parkir yang ditunjuk saat memesan dari Chat & Shop.

“ Dengan memiliki layanan ini, pelanggan sekarang dapat membeli lebih banyak jumlah barang di luar batasan pengiriman ke rumah dari Hypermarket Online dan Chat & Shop,” kata dia.

Meski menyediakan layanan baru, Matahari memastikan pelanggan masih tetap melakukan pembelian dari Hypermart Online dan Chat & Shop untuk pengiriman ke rumah dari pukul 9 pagi sampai 8 malam setiap hari di seluruh toko.

3 dari 3 halaman

Supermarket Ini Tetap Buka Selama Pandemi Corona

Meskipun pusat perbelanjaan yang ditutup bertambah, Matahari memastikan seluruh toko Hypermart, Foodmart, Primo, HyFresh & SmartClub tetap buka untuk melayani pelanggan di dalam gedung mal. Berbagai informasi ditempatkan di sekitar mal-mal yang ditutup untuk menginformasikan pelanggan bahwa mereka masih bisa memasuki area mal itu dan berbelanja kebutuhan sehari-hari mereka.

Ragam layanan tersebut memungkinkan Matahari aktif berpartisipasi dalam Social Distancing yang dihimbau oleh pemerintah dalam rangka menghentikan penyebaran Covid-19. Inovasi terbaru ini mendemonstrasikan komitmen dan tata kelola yang baik MPPA untuk memastikan praktik belanja aman bagi pelanggan serta menjadi peritel modern yang bertanggung jawab secara sosial, berkelanjutan dan terpercaya oleh pelanggan dan masyarakat umum.

“ Keseluruhan penawaran Hypermart Online, Chat & Shop dan Park & Pickup melengkapi upaya perseroan dalam menyediakan alternatif belanja yang aman. Perseroan juga terus menegakkan protokol pembersihan dan kebersihan di semua toko untuk menyediakan lingkungan belanja di dalam toko yang aman bagi pelanggannya," kata Danny. 

Beri Komentar