Mimpi Mendunia, Mahasiswa Miskin Sukses Bisnis Lumpia Unik

Reporter : Syahid Latif
Jumat, 6 Februari 2015 11:46
Mimpi Mendunia, Mahasiswa Miskin Sukses Bisnis Lumpia Unik
Rizky Ananda, pembuat lumpia basah unik merupakan penerima beasiswa Bidikmisi

Dream - Statusnya baru mahasiswa Universitas Padjadjaran, Bandung. Namun jangan remehkan sepak terjangnya di dunia bisnis. 15 gerai makanan sudah beroperasi di wilayah Jawa Barat.

Mengambil nama unik lumpia basah seafood Mas Miun, Rizky Ananda, mulai menapaki dunia bisnis. Statusnya adalah mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Unpad.

Dinilai membuat produk baru inovatif sekaligus konsep bisnis menari, Rizky didaulat sebagai juara 1 Kategori Mahasiswa Bidang Usaha Boga pada Wirausaha Muda Mandiri 2014 untuk Kanwil VI Jawa Barat.

Kini, Rizky berhak menjadi salah seorang wakil Jawa Barat untuk menjadi Finalis Nasional pada ajang tersebut yang digelar Maret 2015 mendatang.

" Saya juga senang karena ini memang baru, lumpia basah seafood. Kedepannya mudah-mudahan ini akan menjadi satu ajang yang bisa mengenalkan lumpia basah ke skala nasional,” tutur Rizky seperti dikutip dari laman unpad.ac.id, Jumat, 6 Februari 2015.

Lumpia Basah Seafood Mas Miun memang terbilang unik. Meninggalkan menu tradisional, Rizky memilih seafood sebagai pelengkapnya. Tak hanya seafood, Lumpia Basah Mas Miun juga menawarkan 11 varian rasa lain.

“ Sekarang sangat jarang orang yang pakai waralaba untuk makanan khas daerah. Saya lihat potensinya tak hanya untuk satu komunitas atau kalangan, tetapi semua kalangan menyukainya,” ujar mahasiswa penerima Bidikmisi ini.

Saat ini, setidaknya Lumpia Basah Seafood Mas Miun sudah memiliki 15 gerai, terdiri dari 6 gerai di wilayah Jatinangor, serta 9 gerai di Subang, Rancaekek, dan Cimahi. Dalam waktu dekat, akan dibuka juga 4 gerai di Cikarang, Depok, dan Garut.

Tak semata bisnis, Rizky juga berupaya memberdayakan masyarakat lokal. Petani tauge dari Desa Cileles, Kecamatan Jatinangor, dirangkul untuk menjadi pemasok di gerainya di Jatinangor.

Konsep yang sama akan digunakan untuk gerai di kota lain.

Setiap 5 persen dari keuntungan setiap bulannya telah disiapkan Rizky untuk disumbangkan ke beberapa pihak yang membutuhkan.

Dalam hati Rizky terbesit ambisi besar untuk mengenalkan panganan tradisional ini kepada masyarakat luas, terutama di luar Jawa Barat. Bahkan ia ingin makanan ini dapat mendunia karena banyaknya warga asing yang menyukai lumpia basah yang dijualnya.

Beri Komentar