Motivasi Ibu Jadi Rahasia Sukses Hotman Paris

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 25 Februari 2019 14:16
Motivasi Ibu Jadi Rahasia Sukses Hotman Paris
Hotman Paris berpesan agar orang tua turut memberikan kisah-kisah heroik dan orang sukses agar bisa mendorong gairah anak untuk sukses.

Dream – Orang tua mana yang tak mau anaknya sukses? Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya lebih baik dari mereka.

Lalu, bagaimana caranya agar anak-anaknya sukses? Hotman Paris Hutapea berbagi tips kepada orang tua untuk menjadikan buah hatinya sukses.

Dikutip dari akun Youtube Hotman Paris Official, Senin 25 Februari 2019, menurut pengacara kondang itu, yang harus dilakukan orang tua adalah memberikan motivasi. Misalnya, yang dilakukan oleh sang ibu kepadaa Hotman Paris.

Meskipun bukan dari kalangan orang susah, Hotman mengatakan sang ibu juga turut memberikan motivasi kepada anak-anaknya.

“ Saya bukan dari orang susah. Bapak saya pengusaha, ada mobil di Tapanuli, tapi ibu saya dari pegunungan,” kata Hotman.

Ibu Hotman Paris membeli ikan mujair satu ember penuh setiap satu hingga dua kali seminggu. Ikan tersebut dimasak menjadi sup untuk dimakan sepuluh anaknya. Sang ibu juga sering memasak telur, daging, dan daun pepaya, untuk dimakan Hotman dan saudara-saudaranya.

“ Setiap kali makan, ibu saya selalu memberikan motivasi, ‘Makanlah, Nak, agar kau jadi pintar di sekolah. Minum supnya, Nak, agar pintar di sekolah’,” kata dia.

Hotman mengatakan, perkataan-perkataan positif ini terbukti. Dia menjadi seorang pengacara yang sukses. Lalu, pada 1975, ibunya bisa menyekolahkan enam anaknya di Universitas Katolik Parahyangan. Pada zamannya, universitas ini dianggap sebagai kampus termahal di Indonesia.

“ Tapi ini kenyataan. Ini air mata mau menangis setiap ngomongin ibu saya. Pada tahun 1970, ibu saya dari daerah bisa sekolahkan enam orang (anak) dalam tahun yang sama, di satu tempat yang sama, yaitu Universitas Katolik Parahyangan,” kata dia.

1 dari 2 halaman

Contohlah Orang Tua Bos Huawei

Hotman Paris berpesan agar orang tua juga turut memberikan kisah-kisah heroik dan orang sukses agar bisa mendorong gairah anak untuk sukses. “ Akhirnya, darahnya mengalir ambisi,” kata Hotman.

Dia mencontohkan pendiri Huawei, Ren Zhengfei. Ketika kecil, kata dia, bos Huawei hidup dalam kemiskinan. Saking miskinnya, sang ibu menanam labu di pinggir jalan agar bisa makan. Keluarganya makan dengan labu. Hotman juga mengatakan ibu Zhengfei juga memasak urat pohon untuk dimakan.

“ Labu, kan, dua jam sudah lapar lagi,” kata Hotman.

Meskipun hidup dalam kemiskinan, lanjut dia, ibu Zhengfei selalu memberikan motivasi kepada anaknya. Dia menceritakan kisah Hercules kepada Zhenfei.

“ Ibunya menceritakan kepahlawan dari zaman dahulu kala. Bagaimana Hercules menjadi pahlawan, bagaimana Hercules melawan ibu tirinya, Hera,” kata dia.

Dari motivasi yang didapatkan itu, Zhengfei merasa “ tergugah”. Semangatnya pun membara, bahkan dalam membesarkan Huawei.

“ Sekarang dia merajai (telekomunikasi),” kata Hotman. 

2 dari 2 halaman

Ini Videonya

Beri Komentar