12.500 Pegawai Nissan di Seluruh Dunia Kena PHK, Indonesia?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 30 Juli 2019 18:49
12.500 Pegawai Nissan di Seluruh Dunia Kena PHK, Indonesia?
Perusahaan ini sedang goyang karena penjualannya merosot.

Dream – “ Kerajaan” Nissan sedang goyang. Dengan penjualan yang terus menurun, produsen otomotif ini berencana memangkas 12.500 karyawannya di seluruh dunia.

Pemecatan ini dilakukan kepada karyawannya di luar Jepang, termasuk Indonesia.

Salah seorang pekerja pabrik Nissan yang terkena dampak program pengurangan pekerja mengaku telah mendapatkan uang tunjangan sesuai yang dijanjikan.

" Karyawan yang kena PHK udah dapet uang pesangon. Dibayar full. Langsung beli Grand Livina untuk jadi sopir taksi online," kata mantan karyawan Nissan yang enggan disebutkan namanya, dikutip dari Liputan6.com, Selasa 30 Juli 2019.

Karyawan ini sudah tidak bekerja sejak Lebaran lalu. Dia mengaku tak tahu berapa karyawan Nissan Indonesia yang terkena PHK.

“ Tadinya, ada dua plant. Sekarang yang jalan hanya satu plant untuk produksi Datsun,” kata dia.

Sekadar informasi, penurunan keuntungan Nissan selama 4 bulan pertama 2019 mencapai 90 persen. Bahkan, hal tersebut menjadi capaian terburuk dalam 10 tahun terakhir

1 dari 7 halaman

Skandal Mantan Bos Nissan

Mengutip dari Npr.org, kabarnya akan ada 1.420 karyawan yang diberhentikan di pusat perakitan Nissan Amerika Serikat. Di sana, total ada 15.700 karyawan yang tersebar pada 4 pabrik di Tennessee dan Mississippi.

Sebelumnya, Nissan telah memberhentikan 4.800 karyawannya pada Mei 2019 lalu. Penyebabnya sama, mereka mengalami penurunan penjualan di akhir 2018 dan awal 2019.

Anjloknya keuntungan Nissan ini tak terlepas dari skandal mantan bos mereka, Carlos Ghosn. Kolaborasinya dalam aliansi bersama Renault dan Mitsubishi juga tak stabil.

Bersamaan dengan efisiensi tersebut, Nissan juga tengah berfokus untuk mengembangkan teknologi terbaru mereka, seperti driver-assistance dan baterai mobil listrik mereka.

2 dari 7 halaman

Laba Anjlok 99 Persen, Nissan Bakal PHK 12.500 Karyawan

Tengah mengalami masa sulit, pabrikan mobil asal Jepang, Nissan mengumumkan penurunan laba pada kuartal II 2019 hingga 99 persen dibanding kuartal sebelumnya. Dilaporkan pula, pendapatan perusahaan turun 13 persen dibanding tahun lalu.

Oleh sebab itu, Nissan rencananya akan memangkas 12.500 karyawan yang tersebar di seluruh dunia. Jumlah tersebut lebih besar dua kali lipat dibanding rencana Mei lalu.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Isao Sekiguchi membenarkan keterangan CEO Nissan, Hiroto Saikawa saat press conference minggu lalu.

“ Sebagai bagian dari upaya kami untuk memperbaiki operasi dan efisiensi investasi, kami mengambil tindakan untuk menghentikan atau mengurangi kapasitas di lini produksi di 8 lokasi. Dari FY20-FY21 kami akan menghentikan atau mengurangi kapasitas, di lini atau pabrik di 6 lokasi. Total pengurangan jumlah karyawan akan menjadi sekitar 12.500 orang," kata Sekiguchi kepada Liputan6.com.

Saat disinggung dampak program pengurangan pekerja tahap pertama di Indonesia mencapai 830 karyawan, Isao Sekiguchi enggan berkomentar lebih jauh.

" Tidak ada detail spesifik yang dapat dibagikan saat ini," kata dia.

3 dari 7 halaman

Tunda Produksi di Indonesia

Nissan akan menghentikan sementara rencana produksi di Indonesia dan Spanyol. Bahkan tahun ini perusahaan menghentikan produksi 2 mobil mewah di Britania Raya.

Seperti pabrikan mobil lainnya, Nissan juga mengalami banyak tantangan. Ekonomi global melukai nilai penjualan dan perang dagang Amerika Serikat dengan China menjadi resiko terbesar. Kemudian, adanya standar emisi baru yang membuat perusahaan harus beradaptasi demi kepentingan lingkungan.

Nissan telah kehilangan pasar di Amerika dan Eropa. Penjualan kuartal pertama di Amerika turun 0,2 persen dari 8,1 persen menjadi 7,9 persen. Di Eropa, termasuk Rusia, angka penjualan turun lebih dari 16 persen dibanding kuartal yang sama di tahun lalu.

Ditambah, tahun lalu terjadi skandal yang menimpa mantan CEO, Charlos Ghosn di Tokyo dan proses hukumnya belum selesai hingga sekarang. Meski Nissan membantah tuduhan itu, tetap saja sentimen yang didapat negatif dan membuat ketegangan besar pada aliansi Nissan, Renault, dan Mitsubishi Motors.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

4 dari 7 halaman

Dibanderol Rp530 Juta, Ini Deretan Fitur Mumpuni New Nissan X-Trail

Dream – Nissan meluncurkan New Nissan X-Trail di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Produsen otomotif ini banyak menyematkan berapa fitur baru di mobil tipe sport utility vehicle (SUV) unggulannya itu.

“ Melalui tipe terbaru ini, Nissan menggabungkan pengalaman selama lebih dari 60 tahun membuat SUV dengan teknologi otomotif terkini,” kata Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis 18 Juli 2019, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan New Nissan X-Tral adalah pemanfaatan teknologi pintar melalui Nissan Intelligent Mobility (NIM).

New Nissan X-Trail tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu monarch orange, storm white, brilliant silver, deep iris gray, dan black star.

 

 

Sekiguchi mengatakan New Nissan X-Trail ini dibanderol seharga Rp530 juta untuk harga on the road Jakarta. “ Pengiriman akan dilakukan mulai Agustus 2019,” kata dia.

Setiap pembelian New Nissan X-Trail juga mendapatkan Nissan Care Package, yang menawarkan suku cadang dan servis gratis selama 4 tahun atau sampai dengan 50 ribu kilometer.

Lalu teknologi apa saja yang disematkan Nissan di New X-Trail kali ini?

5 dari 7 halaman

Teknologi Pintar New Nissan X-Trail

Sekiguchi mengatakan menjelaskan teknologi NIM yang disematkan salah satunya adalah Intelligent Cruise Control. Dengan fitur ini pengendara akan merasakan pengalaman berkendara jarak jauh yang lebih baik.

Saat berkendara, pengguna bisa mengaktifkan jarak dengan pengendara di depan.

Untuk keamanan berkendara, Nissan New X-Trail mengaplikasikan fitur forward collision warning. Dengan fitur ini mobil bisa memantau dan memberikan peringatan jika ada kendaraan di depan yang tiba-tiba mengerem atau mengurangi kecepatan.

Fitur lainnya, forward emergency braking, dapat memberi peringatan dan mengurangi kecepatan untuk membantu menghindari tabrakan atau mengurangi risiko kecelakaan akibat tabrakan.

Fitur keamanan lainnya termasuk rear cross traffic alert yang membantu pengendara saat berada di area parkir dalam kecepatan rendah. Caranya dengan memberikan tanda mundur atau keluar dan memberikan peringatan saat ada kendaraan lain yang mendekat dari kanan atau kiri.

Lalu, fitur lane departure warning yang bisa memberikan peringatan saat kendaraan keluar dari jalurnya.

6 dari 7 halaman

Desain Lebih Mewah dan Sporty

Selain sisi keamanan, Sekiguchi mengatakan tampilan mobil facelift X-Trail kali ini dirancang bergaya urban dan modern.

Bagian depan mobil menampilkan desain khas Nissan yang berbentuk bumerang. Desain itu berpadu dengan lampu LED Daytime Running Lights dan grille V-Motion khas Nissan yang diperbesar.

Velg alloy berukuran 19 inci memberikan kesan lebih mewah dan sporty, dan panoramic sunroof menjadikan suasana kabin terasa lebih luas dan terang. Fitur di bagian belakang mobil menampilkan LED boomerang tail lamps.

Mobil SUV ini menggendong mesin berkapasitas 2,5 liter yang bisa menyemburkan kekuatan 171 PS dan torsi 223 Nm.

7 dari 7 halaman

Ada Sensor Kaki

Menariknya, mobil itu dilengkapi dengan sensor kaki untuk pintu bagasi atau power tailgate. Fitur ini mempermudah pengguna yang ingin memasukkan barang atau koper ke dalam mobil.

New Nissan X-Trail juga dilengkapi fitur otomatis yang mengatur perubahan lampu jauh dan lampu dekat ketika ada kendaraan yang datang dari arah yang berlawanan.

Selain itu, produk terbaru Nissan ini juga memiliki smart phone connectivity yang memberikan koneksi secara langsung dengan layar sentuh 7 inci yang dilengkapi intelligent around view monitor.

Beri Komentar
ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen