Passing Grade dan Bocoran Seleksi Tes CPNS

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 18 Oktober 2018 19:30
Passing Grade dan Bocoran Seleksi Tes CPNS
Apa saja yang akan diujikan dalam seleksi tes CPNS?

Dream - Setelah verifikasi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), tahapan berikutnya adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tes CPNS akan berlangsung pada 26 Oktober-7 November 2018.

" Hallo #SobatBKN Setelah tahapan pendaftaran, apabila kamu lolos verifikasi administrasi, maka tahapan selanjutnya yang harus dilalui adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)," tulis Badan Kepegawaian Negara (BKN) di akun Twitternya, @BKNgoid, Kamis 18 Oktober 2018.

BKN mengatakan, ada tiga tes di seleksi ini, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

BKN menyebut ada 35 soal TWK, 30 TIU, dan 35 TKP. Peserta akan mendapatkan nilai 5 jika benar dan 0 jika salah dalam TWK dan TIU. Peserta akan mendapatkan nilai 1-5 untuk TKP.

" Untuk memenuhi passing grade Formasi Umum, cukup jawab benar 15 TWK, 16 TIU, dan 29 TWK bernilai 5," cuit BKN.

Berikut ini adalah kisi-kisinya.

1 dari 2 halaman

TWK dan TIU

BKN mengatakan TWK diujikan agar pegawai CPNS bisa merekatkan NKRI serta penjamin dan persatuan bangsa.

Ada sembilan materi yang diujikan di TWK, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, Nasionalisme, Integritas, Bela Negara, Pilar Negara, dan Bahasa Indonesia.

Tes Intelegensia Umum (TIU) dibuat untuk mengukur seberapa cakap peserta seleksi dalam logika, verbal, figural dan analisis, serta memecahkan masalah dengan inovasi baru.

Ada lima materi yang akan diujikan di TIU, yaitu kemampuan verbal, numerik, figural, berpikir logis, dan berpikir analitis.

" Ingat, kalian adalah calon smart ASNers," cuit BKN.

2 dari 2 halaman

TKP

BKN menyebut Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dalam SKD bertujuan untuk melihat kemampuan peserta beradaptasi, memiliki pemahaman IT, pelayanan, karakter, dan integritas, serta mampu menahan sebaran hoax dan SARA.

Ada 16 hal yang diujikan, yaitu sosial budaya, kreativitas dan inovasi, profesionalime, jenjang kerja, integritas diri, semangat berprestasi, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinasikan orang lain, dan bekerja sama dalam kelompok.

Ada juga materi berupa pelayanan publik, teknologi, informasi, dan komunikasi, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, mengendalikan diri, kemauan bekerja mandiri, tuntas, belajar, dan berkelanjutan, serta berorientasi pada pelayanan.

 

Beri Komentar
Menteri PAN-RB Buka-bukaan Soal PNS Kerja dari Rumah dan Single Salary_mark