Penampakan Kartu ATM/Debit yang Sudah Berlogo GPN

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 1 Agustus 2018 09:43
Penampakan Kartu ATM/Debit yang Sudah Berlogo GPN
BI menggelar program penukaran kartu ATM/Debit dengan logo lama ke kartu berlogo GPN. Cek lokasinya.

Dream - Hingga akhir pekan ini Bank Indonesia (BI) dan sejumlah perbankan nasional aktif menggelar program penukaran kartu ATM/Debit nasabah ke kartu yang sudah berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Kesempatan menukar kartu disiapkan BI lewat program “ Pekan Penukaran Kartu Berlogo GPN” yang berlangsung sejak 29 Juli 2018 hingga 3 Agustus 2018.

Masyarakat yang ingin menukarkan kartu ATM/Debit bisa melakukannya di 17 wilayah yang tersebar di Indonesia.

BI menyebut ada lima keuntungan yang bisa diperoleh nasabah yang menukarkan kartu ATM/Debit ke kartu berlogo GPN ini. Salah satunya adalah biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien.

Ingin tahu penampakan kartu ATM/Debit berlogo GPN dari beberapa bank besar di Indonesia. Ini Penampakannya.

Bank Sinarmas

 Kartu GPN Bank Sinarmas

Bank BJB

 Kartu GPN Bank BJB

Bank BNI

 Kartu GPN Bank BNI

Bank BCA

 Kartu GPN Bank BCA

Bank Mandiri

 Kartu GPN Bank Mandiri

(Sah)

 

1 dari 4 halaman

Cara Menukar Kartu ATM/Debit ke Kartu GPN

Dream – Bank Indonesia (BI) mendorong masyarakat untuk segera menukarkan kartu kartu ATM/debet ke karto berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Dengan kartu berlogo GPN, para pemegang kartu bisa mendapatkan berbagai manfaat dibandingkan kartu yang dipegang saat ini. 

Kesempatan untuk menukar kartu juga disiapkan BI dengan menggelar “ Pekan Penukaran Kartu Berlogo GPN”. Program yang menggandeng sejumlah perbankan ini akan berlangsung mulai 29 Juli—3 Agustus 2018.

Masyarakat yang ingin menukarkan kartu ATM/Debit bisa melakukannya di 17 wilayah yang tersebar di Indonesia.

Dikutip dari laman Bank Indonesia, pekan penukaran kartu ini akan dilakukan kegiatan serupa secara bertahap yang diselenggarakan hingga Oktober 2018. Hal ini sejalan dengan kewajiban pencantuman logo nasional (GPN) untuk kartu ATM/Debet yang telah dimulai sejak tanggal 1 Januari 2018.

BI menyebut ada lima manfaat yang bisa didapatkan masyarakat jika bertransaksi dengan kartu ini. 

 

2 dari 4 halaman

Manfaat Punya Kartu GPN

Pertama, masyakat bisa menggunakan kartu ATM/debet berlogo GPN untuk transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.

Kedua, masyarakat bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman. Sebab, kartu ini sudah dilengkapi oleh fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.

Ketiga, masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR). Sekadar informasi, MDR adalah tarif yang dikenakan bank kepada pedagang.

Keempat, masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).

Kelima, biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik sehingga lebih efisien.

Begini iritnya transaksi dengan kartu ATM/debet berlogo GPN.

 

3 dari 4 halaman

Perbandingan Biaya Kartu GPN

Untuk transaksi menggunakan kartu ATM atau kartu debet biasa, tarif MDR yang dikenakan sebesar 3,5 persen dari harga produk yang dibeli di merchant. Kalau menggunakan kartu debet berlogo GPN, tarifnya hanya 0,15 persen.

Sekadar catatan, transaksi ini berlaku di penerbit dan acquirer (bank atau lembaga non bank yang bekerja sama dengan merchant dan dapat memproses data uang elektronik yang diterbitkan oleh pihak lain).

Kalau dilakukan di penerbit dan acquirer yang berbeda, tarifnya juga tetap irit. Di merchant reguler, transaksi dengan kartu debet/ATM non-GPN akan dikenakan biaya 3,5 persen. Jika dilakukan dengan kartu berlogo GPN, tarifnya hanya 1 persen.  

 Tabel perbandingan transaksi dengan kartu berlogo GPN dan non-GPN.

BI jug telah menetapkan lokasi penukaran kartu ATM/Debit yang bisa didatangi masyarakat hingga akhir pekan ini. 

4 dari 4 halaman

Lokasi Penukaran Kartu GPN

BI telah melakukan kickoff program penukaran kartu berlogo GPN ini pada Minggu, 29 Juli 2018 lalu. Acara serupa juga digelar di berbagai kantor perwakilan BI di seluruh Indonesia.

Sementara untuk proses penukaran kartu baru berlaku sejak kemarin, 30 Juli 2018 hingga Sabtu, 3 Agustus 2018.

Sebanyak 16 Kantor Perwakilan BI di seluruh Indonesia serempak menggelar program ini.

Ingin tahu lokasi penukarannya, klik di sini

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie