Resmi! Seleksi CPNS Dibuka 19 September 2018, Ini Cara Daftarnya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 7 September 2018 13:15
Resmi! Seleksi CPNS Dibuka 19 September 2018, Ini Cara Daftarnya
Pendaftaran ini dan seleksi dilakukan di laman Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN).

Dream – Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi mengumumkan pembukaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang akan memulai masa pendaftaran pada 19 September 2018.

Dikutip dari laman Badan Kepegawaian Negara (BKN), Jumat 7 September 2018, total formasi yang diperebutkan sebanyak 238.015 formasi. Rinciannya, 51.271 formasi untuk 76 kementerian/lembaga di pemerintah pusat dan 186.744 untuk 525 instansi daerah.

“ Sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi,” kata Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, di Jakarta.

Bima mengatakan proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Asissted Test (CAT), baik untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Dia berkata laman sscn.bkn.go.id akan difungsikan setelah kementerian, lembaga, dan daerah memasukkan formasi dan persyaratan pelamaran.

Proses ini akan makan waktu sampai 18 September 2018. Bima meminta instansi pemerintah tidak menyusahkan pelamar dan memberikan persyaratan yang wajar.

“ Persyaratan seperti akreditasi dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) harus disesuaikan dengan indeks prestasi di wilayah masing-masing,” kata dia.

1 dari 4 halaman

Jumlah Peserta Seleksi Diprediksi Tembus 6 Juta Orang

Bima memprediksi jumlah peserta seleksi akan mencapai 5 juta—6 juta orang. Total pelamarnya akan melampaui total peserta.

Berdasarkan review seleksi CPNS 2017, kesulitan update data Nomor Indentitas Kependudukan (NIK) menjadi kendala terbanyak pelamar. Mengenai kendala ini, Bima berharap sistem dari Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) juga siap.

Selanjutnya untuk kesiapan lokasi tes seleksi CPNS 2018 hingga saat ini direncanakan akan dilaksanakan di 176 titik lokasi yang terdiri dari Kantor BKN Pusat, 14 Kantor Regional BKN dan 14 Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, fasilitas mandiri dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

“ Untuk update persiapan pendaftaran CPNS 2018, tim SSCN BKN dan admin masing-masing Instansi sedang menginput seluruh formasi,” kata dia.

2 dari 4 halaman

Penerimaan CPNS 2018 Akan Dibuka, Ini Formasi Paling Dibutuhkan

Dream – Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memastikan akan membuka seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2018. Akan ada 238.015 lowongan yang dialokasikan untuk pemerintah pusat dan daerah.

Dari ratusan ribu lowongan yang dibuka, sebagian besar alokasikan akan disediakan untuk posisi dosen, guru, dan tenaga kesehatan.

“ Dalam rekrutmen ini, kami menggunakan prinsip zero minus growth, kecuali untuk formasi, guru karena sangat dibutuhkan. Dosen, kemudian tenaga kesehatan,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Syafruddin, di Jakarta, dilansir dari Liputan6.com, Kamis 6 September 2018.

Sekadar informasi, zero minus growth ini maksudnya mengangkat CPNS kurang dari jumlah yang pensiun.

Dari 238.015 posisi yang dibuka, ada 51.271 yang ditujukan untuk pemerintah pusat dan 186.744 untuk daerah.

Syafruddin menegaskan pemerintah akan mencari CPNS yang berkualitas. “ Supaya satu kesepahaman, saya perlu ulang bahwa rekrutmen ini berorientasi SDM yang berkualitas,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Ilyas Istianur Praditya)

3 dari 4 halaman

Hore! Lulusan Cumlaude Dapat Kuota `Khusus` CPNS 2018, Cek Syaratnya

Dream – Sahabat Dream, ada kabar baik bagi kamu yang lulus kuliah dengan predikat sempurna atau cumlaude. Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini juga menyediakan formasi khusus untuk mahasiswa/mahasiswi lulusan terbaik.

Formasi khusus ini tersedia untuk lowongan CPNS di pemerintah pusat dan daerah.

Aturan ini tertuang di Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksana Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018.

Dikutip dari Peraturan Menteri (Permen) PANRB No. 36 Tahun 2018, Jumat 7 September 2018, instansi pusat bisa mengalokasikan 10 persen dari total alokasi formasi yang ditetapkan daerah 5 persen.

Tapi, tak semua lulusan cumlaude bisa diterima sebagai CPNS. Tetap ada syaratnya.

Berikut ini adalah ketentuan formasi khusus untuk CPNS formasi cumlaude.

4 dari 4 halaman

Ini Syaratnya

1.Laki-laki/perempuan minimal lulusan S-1.

2. Calon pelamar merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi A dan program jurusannya terakreditasi A.

3. Calon pelamar dari lulusan perguruan tinggi luar negeri bisa mendaftar setelah memperoleh penyetaraan ijazah dan surat keterangan yang menyatakan predikat kelulusannya setara dengan angka 4 dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone