Baru Diluncurkan, Transaksi BRImo Tembus Rp18,4 Triliun

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 17 Oktober 2019 17:24
Baru Diluncurkan, Transaksi BRImo Tembus Rp18,4 Triliun
Berapa nilai transaksinya?

Dream – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero)/BRI mencatat 2,2 juta pengguna aplikasi mobile banking BRI, BRImo, per September 2019. Sejak diluncurkan delapan bulan lalu, 27 Februari 2019, rata-rata penambahan pengguna per bulan mencapai 250 ribu—350 ribu.

Hal ini diungkapkan oleh Corporate Secretary BRI, Hari Purnomo, di Jakarta.

“ Dari sisi jumlah transaksi, hingga akhir September 2019 transaksi di aplikasi BRImo mencapai 45,5 juta kali transaksi dengan sales volume mencapai Rp18,4 trilun,” kata Hari di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Kamis 17 Oktober 2019.

Fitur transaksi yang paling sering digunakan nasabah pada aplikasi BRImo antara lain transfer, pembayaran tagihan, pembelian pulsa serta top up Gopay dan LinkAja.

Selain itu, beberapa fitur unggulan yang terdapat dalam BRImo di antaranya pembukaan rekening melalui aplikasi, tarik tunai tanpa kartu, pemberian nama alias pada rekening, hingga log in menggunakan fingerprint/face ID.

Pesatnya perkembangan digital banking berdampak terhadap perubahan kebiasaan masyarakat. Kini, nasabah semakin gemar melakukan transaksi perbankan melalui digital channel dibandingkan bertransaksi di kantor cabang konvensional.

“ Jumlah transaksi internet banking BRI tumbuh 121,55 persen yoy dan SMS banking tumbuh 29,26 persen yoy pada akhir semester I 2019,” kata dia.

1 dari 5 halaman

BRI-Traveloka Permudah Pengguna Traveling via PayLater Card

Dream – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) dan Traveloka mempermudah masyarakat untuk keperluan traveling. Dua pihak ini bekerja sama meluncurkan PayLater Card.

Dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 27 September 2019, Direktur Konsumer BRI, Handayani, mengatakan kehadiran PayLater Card menawarkan hal unik kepada pengguna. Kerja sama ini juga diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi alternatif pembayaran kepada masyarakat.

“ Kerja sama co-branding ini juga sejalan dengan strategi pemasaran kartu kredit kami untuk meningkatkan customer base dan penetrasi pasar di segmen milenial. PayLater Card menandai era baru bisnis kartu kredit di Indonesia,” kata Handayani di Singapura.

Sekadar informasi, PayLater Card menawarkan solusi yang inovatif bagi masyarakat Indonesia untuk meningkatkan akses terhadap produk finansial. Produk ini akan memberikan user experience yang inovatif dengan manajemen kartu secara end-to-end melalui aplikasi Traveloka.

 

 

Selain di Indonesia, kartu ini juga dapat digunakan di seluruh dunia untuk bertransaksi di merchant online dan offline melalui jaringan Visa, yang memiliki reputasi sebagai perusahaan teknologi pembayaran global.

President Traveloka Group of Operations, Henry Hendrawan, mengatakan perusahaannya ingin memberikan solusi pengguna yang memesan tiket maupun hotel mendekati hari-H karena terkendala akses ke sumber dana. Masalah ini teratasi jika pengguna punya kartu kredit.

" Banyak pengguna yang akhirnya mendapatkan tiket dengan harga lebih tinggi atau bahkan tidak bisa mendapatkan tiket pesawat maupun kamar hotel yang mereka inginkan karena pemesanan yang dilakukan sangat dekat dengan waktu keberangkatan,” kata Henry.

Dengan kerja sama ini, Henry berharap akan ada 5 juta pengguna PayLater Card hingga tahun 2025. 

2 dari 5 halaman

Apa Keunggulannya?

PayLater Card menawarkan proses aplikasi dan verifikasi yang mudah dan cepat karena bsia diselesaikan dalam waktu maksimal 1 hari. Persetujuan atas aplikasi dilakukan melalui proses penilaian kredit yang efisien dan canggih yang dikembangkan bersama oleh Bank BRI dan Traveloka. Pengguna juga dapat mengaktifkan dan mengelola PayLater Card mereka melalui aplikasi Traveloka.

Pengguna dapat membeli seluruh produk dan layanan Traveloka mulai dari tiket perjalanan dan kebutuhan gaya hidup yang bervariasi, akses ke Traveloka Eats dan bahkan membeli asuransi untuk diri sendiri dan keluarga.

Selain itu, pengguna juga dapat menggunakan PayLater Card untuk bertransaksi di merchant online dan offline di lebih dari 53 juta lokasi merchants di seluruh dunia yang menerima pembayaran dengan Visa.

“ Bersama dengan Bank BRI dan Traveloka, kami memiliki kesempatan untuk mentransformas pengalaman membayar bagi para wisatawan, mereka yang sedang merencanakan berlibur, dan konsumen lainnya yang belum terjangkau layanan finansial secara maksimal,” kata Chief Financial Officer VISA Asia Pasific, Andrew Tan.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, I Gde Ngurah Swajaya, mengharapkan inovasi itu bisa lebih membantu memperkuat posisi Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.(Sah)

3 dari 5 halaman

Inilah Mobile Banking Bergaya Milenial, Apa Saja Fiturnya?

Dream – Pelaku industri perbankan semakin memanjakan nabasahnya. Berbagai kemudahan diberikan pengelola bank dengan dukungan teknologi informasi yang semakin canggih. 

Layanan yang semakin gencar dipromosikan bank adalah mobile banking. Dengan satu sentuhan jari di ponsel, nasabah bisa melakukan berbagai macam transaksi tanpa perlu datang ke bank

Penggunaan teknologi ini juga dimanfaatkan oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero)/BRI untuk mempermudah dan mempernyaman masyarakat dalam traksaksi perbankan.

 

 

Bank pelat merah ini bahkan memberikan inovasi digital banking terbaru dengan merilis aplikasi BRImo.

Aplikasi yang diluncurkan pada Februari 2019, menawarkan fitur yang menarik. Yaitu, menggabungkan fungsi mobile banking, internet banking, dan uang elektronik dalam satu aplikasi.

Direktur Consumer BRI, Handayani, mengatakan perusahaan ingin menggaet segmen milenial, women, dan netizen dengan BRImo.

" Aplikasi BRImo memberikan kemudahan dan kenyamanan transaksi perbankan dimana pun dan kapan pun,” kata dia di Jakarta.

4 dari 5 halaman

Ini Fitur-fiturnya

Dibandingkan BRI Mobile sebelumnya, Handayani menjelaskan bahwa aplikasi mobile banking BRImo kini dilengkapi fitur-fitur yang jauh memberikan kenyamanan bagi penggunananya. Di antaranya kemudahan dalam pembukaan rekening Tabungan BRI Britama Muda, login aplikasi menggunakan finger print maupun face id recognition, serta akses info promo Bank BRI.

Dengan aplikasi BRImo, pengguna juga bisa melihat transaksi satu tahun terakhir, yang kemudian dapat disimpan langsung dalam bentuk PDF.

Dalam hal pembukaan rekening, masyarakat memang masih harus melakukan kunjungan ke cabang namun dengan proses yang lebih cepat dan singkat.

" Untuk pembukaan rekening sudah menggunakan e-Doc. Berkas-berkasnya tinggal difoto atau scan dari aplikasi BRImo, kemudian dikirim dan nanti datanya diterima oleh BRI,” kata dia.

Nantinya, nasabah mendapatkan token yang kemudian dibawa ke cabang untuk pembukaan rekening. Di cabang, proses pembukaan rekening akan lebih cepat karena data sudah tersimpan dalam sistem kami.

“ Saat ini kami juga sedang berproses untuk perizinan penggunaan e-KYC," terang Handayani.

5 dari 5 halaman

Aplikasi Lama Tetap Aktif

Meskipun BRI meluncurkan aplikasi BRImo, Handayani menegaskan bahwa aplikasi BRI Mobile yang lama akan tetap aktif. Semua pengguna BRI Mobile yang lama bisa pindah ke aplikasi baru.

Di Playstore, aplikasi BRImo bisa diunduh dengan kata kunci " BRImo BRI" , begitu juga bagi kamu yang akan mengunduh dari app store. Informasi mengenai Bank BRI dapat diakses melalui situs www.bri.co.id

(Sumber: Liputan6.com/Gilar Ramdhani)

Beri Komentar
Mengharukan, Reaksi Gempi Dengar Gading dan Gisel Tidur Bareng Lagi