Penjualan Sharp Indonesia Setiap Bulan Hampir Rp1 Triliun

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Rabu, 7 Agustus 2019 18:36
Penjualan Sharp Indonesia Setiap Bulan Hampir Rp1 Triliun
Menunggu pengumuman kabinet Jokowi-Ma`ruf.

Dream - PT Sharp Electronics Indonesia mencatat penjualan signifikan di paruh pertama 2019. Hingga semester I-2019, Sharp melaporkan pertumbuhan sebesar 115 persen dibandingkan setahun yang lalu. 

" Kira-kira mendekati Rp1 triliunan setiap bulan," ujar National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Andry Adi Utomo di Jakarta, Rabu, 7 Agustus 2019.

Produk lemari es mendominasi penjualan alat elektornika Sharp selama periode Januari-Juni 2019. Produk lain yang laku di pasaran yaitu, AC, mesin cuci, dan televisi.

Sharp menargetkan penjualan Sepanjang 2019 bisa menyentuh angka Rp10 triliun. Andry bahkan yakin penjualan produknya bisa melebihi target tersebut.

" Estimasi sekarang sampai September ini Rp6 triliun," ucap dia.

Di paruh kedua tahun 2019, Andry mengatakan, perusahaannya menunggu pengumuman kabinet pemerintahan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin. Para calon pembantu presiden dan kebijakan yang akan dibuat pemerintah akan menentukan strategi pasar di semester II.

" Kalau politiknya aman, ekonominya bagus kalau politiknya ricuh ekonominya berat. Kalau kabinet bisa diterima pasar uang yang beredar di bawah, saya yakin pasar bagus," kata dia.

Pada 2020 mendatang, Sharp Indonesia memiliki target penjualan sebesar Rp11 triliun. " Target itu satu tahun, dari Maret 2020 sampai April 2021," ucap dia.

1 dari 5 halaman

Sharp Indonesia Bidik Penjualan Rp11 Triliun di Ultah ke-50

Dream – PT Sharp Electronics Indonesia akan berusia 50 tahun pada 2020 FL (Fiskal Jepang--Maret 2021). Di usia emas itu, produsen elektronik ini berharap target penjualan perusahaan bisa menembus Rp11 triliun.

“ Kami naikkan penjualan Rp11 triliun di tahun 2020,” kata National Sales Senior General Manager Sharp Indonesia, Andry Adi Utomo, di Jakarta, Rabu 10 April 2019.

Andry mengatakan target penjualan di tahun emas Sharp itu mencapai dua kali lipat dari pencapaian perusahaan pada 2015.

Untuk mencapai target ini, Andry mengatakan perusahaan akan mencoba mengandalkan perkembangan teknologi digital. Seluruh proses produksi akan dijalankan berbasih digital.

“ Kami akan menjadi digital company, baik manufacturing dan sales marketing-nya,” kata dia.

Pada 2017, lanjut Andry, Sharp sudah menguasai pasar di empat bisnis barang elektronik di Indonesia, yaitu lemari es, televisi, AC, dan mesin cuci. Dengan capaian ini, mereka optimistis bisa mencapai target.

“ Sebagai produsen elektronik yang terbilang konsisten dalam berkarya seusai kebutuhan konsumen Indonesia, kami yakin dapat meningkatkan target penjualan yang lebih tinggi,” kata dia.(Sah)

2 dari 5 halaman

Jelang 50 Tahun, Sharp Indonesia Gelar Promo Hingga 1 Tahun

Dream – Tahun depan, PT Sharp Electronics Indonesia akan merayakan hari jadinya yang ke-50 tahun. Untuk menyambut HUT emasnya, produsen elektronik ini siap menebar promo.

Sekadar informasi, Sharp merintis bisnisnya di Indonesia sejak 1970.

“ Umur kami 50 tahun nanti pada 5 Maret 2020,” kata National Sales Senior General Manager Sharp Indonesia, Andry Adi Utomo, di Jakarta, Rabu 10 April 2019.

Andry mengatakan promo sudah dimulai sejak 10 April 2019 dan akan diakhir hingga 20 Maret 2020. Promo pertama yakni memberikan garansi lima tahun untuk produk Sharp.

Selain itu, Sharp juga akan menggelar pameran di lima wilayah di Indonesia yakni Jawa, Bali, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi menggunakan lima Sharp Mobile Display Truck (SMDT).

" Untuk mengingat 50 tahun, kita akan buat serba lima. Misal lima tahun garansi, exhibition branding di lima tempat, 50 aktivasi exhibition di seluruh cabang di Indonesia," kata dia,

Promo lainnya yakni mengenai hari-hari besar yang ada di Indonesia seperti Tebar Hadiah Ramadan pada Mei-Juni 2019, Gebyar Kemerdekaan Agustus-September 2019, Kejutan Akhir Tahun dan Natal dari November-Desember 2019, Tahun Baru Cina Januari-Februari 2020 dan puncak perayaan 50 tahun bernama Big Bang Event di gelar pada Maret 2020.

3 dari 5 halaman

Menperin Dorong Sharp Indonesia Jadi Penguasa Pasar Global

Dream – Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, mendorong PT Sharp Electronics Indonesia untuk meningkatkan nilai ekspor. Dia berharap produsen elektronik ini bisa menjadi pemain utama di pasar global.

“ Dengan masih ada land bank 15 hektar, kami harap ekspor dari single digit jadi double digit. Kalau kontribusi di global market nomor 4, jadi nomor 1 kapan?” tantang Airlangga saat mengunjungi Pabrik Sharp Indonesia di KIIC, Karawang, Jawa Barat, Selasa 16 Juli 2019.

National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Andry Adi Utomo melaporkan kontribusi ekspor barang elektronik perusahaan baru mencapai 3 persen.

Andry berharap dengan dukungan dari pemerintah, perusahaan menargetkan ekspor bisa tumbuh sebesar 10 persen.

" Target awal 10 persen di 2019," kata Andry.

PT Sharp Electronics Indonesia juga sudah menargetkan nilai ekspor pada 2020 akan tumbuh 20 persen dan meningkat menjadi 30 persen di tahun 2021.

" Tujuan ekspornya di wilayah Asean dan Timur Tengah," kata dia.

4 dari 5 halaman

Sharp Bidik Produksi 1,5 Juta Mesin Cuci Setahun

Dream – PT Sharp Electronics Indonesia menambah lini produksi mesin cuci satu tabung dengan tipe full auto. Mesin cuci tersebut diproduksi langsung di pabrik Sharp di kawasan Karawang International City (KIIC).

National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, Andry Adi Utomo, mengatakan, mesin cuci satu tabung full auto ini merupakan produk terbaru yang dibuat Sharp Indonesia. 

Mesin cuci satu tabung (1)© Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian

" Ada 14 model, dari 8 kilogram sampai 12kilogram," ujar Andry di Pabrik Sharp Indonesia di KIIC, Karawang, Jawa Barat, Selasa 16 Juli 2019.

PT Sharp Electronics Indonesia menargetkan memproduksi mesin cuci sebanyak 1,5 juta dalam satu tahun.

" Kalau sebelumnya kan mesin cuci dua tabung 1,1 juta, yang satu tabung ini target 400 ribu. Jadi total setahun produksi 1,5 juta," kata dia.

Mesin cuci satu tabung (2)© Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian

Andry menuturkan, dengan adanya produksi mesin cuci satu tabung ini, PT Sharp Electronics Indonesia juga membutuhkan tambahan 30 persen karyawan.

5 dari 5 halaman

Irit Air Sampai 50 Persen

Andry menyebut mesin cuci satu tabungnya itu " si mulut besar" karena memiliki lubang yang besar. Ini memasukkan pakaian dalam jumlah banyak.

Keunggulan mesin cuci satu tabung full auto ini yakni irit air hingga 50 persen dibanding dengan mesin cuci dua tabung. Kemudian tidak membuat pakaian menjadi buluk.

 

Mesin cuci satu tabung (3)© Dream.co.id/Muhammad Ilman Nafian

 

Selain itu, mesin cuci ini juga mampu bekerja meski tekanan air rendah, daya listrik rendah serta auto restart.

" Auto restart ini memungkinkan kalau mati lampu ya, nggak usah di set ulang. Dia akan otomatis, semuanya otomatis namanya juga full auto” kata dia.

Untuk harga, Sharp Indonesia melepas harga mesin cuci satu tabung full auto ini sebesar Rp2,4 juta hingga Rp4 juta.

Beri Komentar