Penukaran Uang Lebaran Sudah Dimulai, Ini Daftar Lokasinya

Reporter : Syahid Latif
Senin, 13 Mei 2019 19:14
Penukaran Uang Lebaran Sudah Dimulai, Ini Daftar Lokasinya
BI melaporkan telah menyiapkan 2.900 titik lokasi penukaran uang di seluruh Indonesia.

Dream - Terhitung sejak hari ini, Senin, 13 Mei 2019, Bank Indonesia (BI) dan industri perbankan mulai melayani kegiatan penukaran uang selama periode Ramadan/Idul Fitri 1440 H. Layanan penukaran ini akan berlangsung selama tiga pekan dan berakhir pada 1 Juni 2019.

BI melaporkan telah menyiapkan layanan penukatan uang di 2.900 titik di seluruh Indonesia. Layanan diberikan dalam bentuk kegiatan kas keliling di tempat keramaian, kantor perbankan, dan institusi lain termasuk di jalu mudik.

Deputi Gubernur, Rosmaya Hadi, dalam keterangan tertulisnya menyatakan BI siap melayani kebutuhan masyarakat dan menyiapkan strategi pemenuhan uang rupiah melalui kebijakan distribusi uang dan layanan kas yang prima.

Dari sisi internal Bank Indonesia berkomitmen untuk mengoptimalkan pengolahan uang di seluruh satker kas, menjaga ketersediaan kas secara nasional dan melakukan distribusi uang serta layanan kas di seluruh wilayah NKRI, mengoptimalkan peran kas titipan dan kas keliling dalam melakukan distribusi uang, memperkuat komunikasi yang efektif terkait kesiapan BI dalam menghadapi Ramadan/IdulFitri 1440 H.

Sedangkan dari sisi eksternal, Bank Indonesia melakukan langkah-langkah untuk memperluas titik penukaran melalui kerjasama perbankan di titik keramaian, mengintensifkan kerjasama dengan penyedia jasa transportasi, Menghimbau perbankan/PJPUR untuk mengoptimalkan pengolahan uang dan menjaga ketersediaan ATM dengan kualitas yang baik.

 

1 dari 3 halaman

Siapkan Rp217 Triliun

BI memperkirakan kebutuhan uang pada Ramadan/Idul Fitri 1440 H ini akan mencapai Rp217,1 triliun atau bertambah 13,5 persen dibandingkan setahun yang lalu.

Kenaikan kebutuhan uang (outflow) pada periode tahun ini diperkirakan terjadi di seluruh Satker kas dengan outflow tertinggi di daerah Jabodetabek sebesar Rp51,5 triliun.

Dikutip dari lampiran BI, selain di kantor perwakilan BI yang tersebar di berbagai daerah, layanan penukaran uang juga akan disiapkan di jalur mudik.

 

2 dari 3 halaman

Ini Titik Lokasi Penukaran Uang di Jalur Mudik

Berikut adalah beberapa lokasi penukaran uang di jalur mudik Pantura:

1. Pelabuhan Merah. 
2. Tol Cikampek, Rest Area KM 57
3. Tol Cipularang & Purbalenyi, Rest Area KM 72, 97, dan 147
4. Pasar Murah Kawalu
5. Tol Cipali, Rest Area KM 166
6. Pasar Pagi Tegal
7. Tol Ungaran, Rest Area KM 26
8. Lapangan Vasteburg, Solo
9. Terminal Giwangan & Jombor
10. Tol Ngawi-Kertosono, Rest Area KM 597-626
11. Tol Ngawi-Kediri 
10. Tol Mojokerto-Jombang, Rest Area KM 694-678
11. Pasar Mayangan & Wonoasih
12. Alun-alun Jember

 Lokasi penukaran uang di jalur mudik

3 dari 3 halaman

Lokasi Penukaran Uang di Kantor Perwakilan BI

Selain di jalur mudik, sejumlah kantor perwakilan BI di daerah juga sudah menyiapkan titik lokasi penukaran uang menyambut Lebaran

Berikut adalah jumlah titik penukaran uang di beberapa KPW BI:

 Lokasi penukaran uang

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone