Tingkat Okupansi Melesat, Ini Rahasia Bobobox Taklukan Pasar Saat Pandemi

Reporter : Elvira F Saudi
Jumat, 23 September 2022 13:12
Tingkat Okupansi Melesat, Ini Rahasia Bobobox Taklukan Pasar Saat Pandemi
Berbekal 3 prinsip ini, Bobobox terbukti mampu bertahan, bahkan berkembang kala pandemi.

Dream - Mengelola bisnis di masa pandemi menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis. Hadirnya pandemi COVID-19 yang membatasi aktivitas masyarakat memaksa pebisnis di sektor pariwisata memutar otak lebih keras untuk bertahan, salah satunya Bobobox.

Perusahaan rintisan asli Bandung ini telah berdiri sejak 2017 dengan perkembangannya yang justru semakin `ganas` di masa pandemi.

Di tengah pandemi COVID-19, Bobobox mampu menunjukkan ketahanannya dengan mempertahankan tingkat okupansi di level 80 persen sesaat setelah kebijakan lockdown dicabut. Bahkan pencapaian ini lebih baik dibandingkan kondisi sebelum pandemi COVID-19.

Hasil yang diraih Bobobox tak semata faktor keberutungan. Bobobox terus mengembangkan beragam strategi untuk bertahan, hingga akhirnya terbentuk tiga value perusahaan yang berhasil membawa Bobobox ke posisi sekarang.

Berangkat dari rasa ingin menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat, produk-produk yang dikeluarkan oleh Bobobox, baik Bobohotel (pods) maupun Bobocabin memiliki tiga value yang membantunya bertahan semasa pandemi. Apa saja?

1 dari 3 halaman

Menumbuhkan rasa aman pengunjung

Rasa aman atau safety menjadi prioritas utama Bobobox. Tak seperti kompetitor yang bersaing dengan harga, Bobobox justru ingin menumbuhkan rasa kepercayaan pelanggan dengan mengutamakan keamanan produk. Salah satunya dengan lolos sertifikasi CHSE.

Sertifikasi CSHE sendiri berfungsi sebagai jaminan kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan pada pelaku usaha pariwisata. Baik usaha pariwisata, destinasi pariwisata, dan jenis usaha dibidang pariwisata lainnya

Karena situasi pandemi yang tergolong tidak safety, maka Bobobox berusaha sebaik mungkin menyediakan pengalaman menginap yang aman dan nyaman. Dengan adanya sertifikasi CSHE ini, diharapkan dapat menambah rasa percaya masayrakat terhadap Bobobox

2 dari 3 halaman

Perbanyak Social Listening

Tak ada bisnis yang sempurna, karenanya Bobobox aktif mendengarkan masukan dari pelanggan untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Dari social listening inilah banyak perkembangan yang dilakukan Bobobox dari segi pelayanan dan customer experience.

Sebagai bisnis yang bergerak di bidang jasa, Bobobox sangat memperhatikan customer journey. Dengan adanya masukan dari pelanggan, Bobobox mampu membuat diferensiasi dalam semua aspek customer journey.

Semua langkah diperhatikan agar pelanggan mendapatkan pengalaman yang berkesan selama menginap di Bobobox pods maupun Bobocabin. Mulai dari pengalaman pelanggan saat pertama kali check-in, browsing kamar sampai menempati kamar, hingga check-out.

3 dari 3 halaman

Menjaga sisi autentik Bobobox

Di tengah gempuran pandemi, pegiat bisnis dipaksa untuk terus berinovasi agar tak tergerus. Sayangnya, banyak bisnis yang akhirnya menghilangkan sisi autentiknya untuk tetap bertahan. Lain halnya dengan bisnis satu ini, Bobobox mampu bertahan justru karena menjaga sisi autentiknya, yaitu lifetyle.

Gaya hidup yang ditawarkan Bobobox memang cocok dengan kondisi saat pandemi. Saat pandemi, banyak karyawan yang bekerja secara hybrid, atau dari rumah. Namun, suasana yang membosankan cenderung bisa menganggu produktifitas. Celah ini dimanfaatkan Bobobox untuk menjadi opsi yang menggiurkan untuk membantu menjaga produktifitas masyarakat.

Salah satunya dengan melayangkan campaign 'Work From Bobobox'. Bobobox menyediakan kamar-kamar kapsul dan cabin di tengah hutan untuk mmebantu produktifitas. Jika Sahabat Dream menyukai suasana yang tenang dan fokus, Bobobox Pods bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun jika Sahabat Dream menyukai suasana terbuka dengan white noise khas alamnya, Sahabat Dream bisa memilih Bobocabin.

Beri Komentar