Ada Potensi Rp327 Triliun, BSI Berharap Bisa Optimalkan ZISWAF

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 30 April 2021 15:35
Ada Potensi Rp327 Triliun, BSI Berharap Bisa Optimalkan ZISWAF
Kalau dimaksimalkan, dana ini bisa menjadi salah satu sumber pembiayaan umat.

Dream – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melaporkan potensi zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ZISWAF) di Indonesia mencapai Rp327,6 triliun. Dengan potensi tersebut, PT Bank Syariah Indonesia Tb (BSI) berharap tak ketinggalan mengoptimalkannya. 

Dikutip dari keterangan tertulis BSI, Jumat 30 April 2021, data BAZNAS per 2020 lalu menyebutkan bahwa total dana ZISWAF yang terkumpul diperkirakan mencapai Rp12,5 triliun, naik dari 2019 yang sebanyak Rp10,6 triliun. Tahun ini, jumlahnya diestimasi bisa naik hingga Rp19,77 triliun

Direktur Utama BSI Hery Gunardi mengatakan potensi ZISWAF yang ada di Indonesia diperkirakan lebih dari Rp300 triliun. Kalau dimobilisasi dengan baik, ini bisa menjadi salah satu sumber dana pembiayaan umat sekaligus untuk pembangunan, seperti beasiswa pendidikan, dana CSR, atau membangun community development.

“ Potensi yang luar biasa besar ini harus bisa digarap,” kata Hery saat menggelar Silaturahmi Bank Syariah Indonesia dengan Pemimpin Redaksi di Jakarta, Kamis, 30 April 2021.

Untuk mengumpulkan dana zakat dan mendistribusikannya, BSI akan menggandeng BAZNAS. Dengan kerja sama ini, Hery berharap pertumbuhan pengumpulan dan distribusi dana ZISWAF bisa dipercepat. Sekadar informasi, BSI memposisikan diri sebagai mitra transaksi dan pemberdayaan masyarakat yang bisa diandalkan untuk pengumpulan ZISWAF.

1 dari 1 halaman

Himpun Rp3,26 Miliar

Per Maret 2021, total dana ZISWAF yang terkumpul melalui aplikasi BSI Mobile sebanyak Rp3,26 miliar. Jumlah sumbangan ini berasal dari 99 ribu donatur, yang total transaksinya mencapai 303 ribu pada periode tersebut.

Selain mengandalkan layanan pengumpulan ZISWAF melalui platform mobile, BSI juga saat ini telah bekerjasama dengan Baznas untuk pengembangan pengelolaan ZISWAF. Kerjasama yang telah berjalan sejauh ini adalah penggunaan kartu Co-Brand Tap Cash IB Hasanah, pembinaan manajemen mitra penghimpunan Baznas, dan terciptanya kemudahan akses informasi data zakat antara kedua institusi.

“ BSI berencana memperkuat kerjasama dengan memberi layanan counter untuk Baznas di seluruh daerah, kolaborasi pengadaan fitur smart donation dan promosi lainnya, kerjasama dalam publikasi dan literasi layanan ZISWAF,” kata Hery.

Beri Komentar