Luhut: Dilarang Rayakan Tahun Baru di Tempat Umum!

Reporter : Arini Saadah
Selasa, 7 Desember 2021 19:45
Luhut: Dilarang Rayakan Tahun Baru di Tempat Umum!
Pesta tahun baru di tempat umum tetap dilarang meskipun PPKM Level 3 dibatalkan.

Dream - Pemerintah membatalkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 pada masa Natal dan Tahun Baru (Nataru). Namun demikian, pemerintah tetap melarang perayaan malam tahun baru di tempat umum.

" Pemerintah juga menerapkan pelarangan seluruh jenis perayaan tahun baru di hotel, pusat perbelanjaan, mal, tempat wisata, dan tempat keramaian umum lainnya," ujar Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa 7 Desember 2021.

Luhut menambahkan, pemerintah juga menerapkan aturan operasional di pusat perbelanjaan, restoran, bioskop, dan tempat wisata, hanya diizinkan dengan kapasitas maksimal 75 persen dan hanya untuk orang dengan kategori hijau di aplikasi PeduliLindungi.

Menurut Luhut, pemerintah membatalkan penerapan PPKM Level 3 karena tidak ingin menyamaratakan kebijakan di semua wilayah. Pemerintah telah mempertimbangkan data dan perkembangan kasus Covid-19 di tiap daerah dalam mengambil kebijakan tersebut.

1 dari 2 halaman

Adaptasi Kebijakan

Ilustrasi© Istimewa

Evaluasi PPKM, kata Luhut, dilakukan secara berkala setiap minggunya. Sehingga, kebijakan untuk menangani penyebaran Covid-19 di masyarakat bisa beradaptasi dengan cepat dan menyesuaikan dengan perkembangan terbaru.

" Berbagai langkah yang diambil oleh Pemerintah didasarkan pada data dan perkembangan informasi terkini terkait Pandemi Covid-19," ujar Luhut.

Ia menambahkan, keputusan pembatalan PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia saat Nataru juga didasarkan pada capaian vaksinasi Covid-19 di Jawa-Bali yang sudah cukup tinggi, yakni, dosis pertama mencapai 76 persen dan dosis kedua mendekati 56 persen.

" Vaksinasi lansia terus digenjot hingga saat ini mencapai 64 dan 42 persen untuk dosis 1 dan 2 di Jawa Bali. Sebagai perbandingan, belum ada masyarakat Indonesia yang divaksinasi pada periode Nataru tahun lalu," tutup dia.

2 dari 2 halaman

Mall di Jakarta Buka Saat Malam Tahun Baru

Perlu diketahui juga, bahwa pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan penyesuaian aturan waktu operasional pada mal dan pusat perbelanjaan di Jakarta saat Nataru hanya sampai pukul 21.00 WIB. Sementara, pengunjung maksimal 50 persen saat diberlakukan PPKM Level 3 pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Penyesuaian aturan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1430 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3.

Surat keputusan tersebut juga mengatur anak-anak usia di bawah 12 tahun dilarang memasuki mal dan pusat perbelanjaan, tempat hiburan, dan tempat bermain anak dalam mal.

Kemudian aturan di bisokop akan beroperasi dengan kapasitas 50 persen. Sama halnya dengan restoran atau rumah makan di area biskop atau berada di dalam gedung, diizinkan menerima makan di tempat dengan kapasitas maksimal 50 persen serta waktu operasional sampai pukul 21.00 WIB.

Sementara itu, restoran dan kafe yang beroperasi pada malam hari boleh menerima makan di tempat pukul 18.00 WIB sampai pukul 00.00 WIB dengan kapasitas maksimal 25 persen.

Berbeda dengan warung makan atau warteg, pedagang kaki lima, dan lapak jajanan sejenisnya, Pemprov DKI membolehkan makan di tempat hanya sampai pukul 21.00 WIB dengan kapasitas maksimal 50 persen.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar