Demi Pasar Halal, Jepang Sampai Sertifikasi Permen

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 3 Maret 2017 17:44
Demi Pasar Halal, Jepang Sampai Sertifikasi Permen
Jepang pun tidak mau ketinggalan meramaikan pasar halal dengan mengajukan sertifikat halal produk permen dan kopi.

Dream – Ketika pasar domestik terpuruk, produsen makanan lokal Jepang mulai gencar menggenjot ekspor. Mereka melihat ada satu pasar makanan yang menjanjikan, yaitu pasar makanan halal yang tumbuh pesat di Timur Tengah.

Dilansir dari Nikkei Asia, Jumat 3 Maret 2017, produsen gula-gula, Kabaya, akan menjual snack berbentuk cokelat panda, Sakusaku Panda, ke Uni Emirat Arab. Mereka telah mengantongi sertifikat halal dari negara itu.

Dengan sertifikat halal tersebut Kabaya pun menghapus bahan makanan babi dari daftar perekat kemasan makanan Kabaya. 

Produsen minuman kopi, UCC Ueshima Coffee, juga telah bersertifikat halal untuk tiga produk minumannya. Mereka juga telah mengekspor kopi instan dan minuman kopi dalam kemasan kaleng, ke Dubai. Pimpinan UCC Ueshima Coffee, Tatsushi Ueshima, mengatakan perusahaannya akan membidik negara Timur Tengah lainnya, seperti Arab Saudi.

Sekadar informasi, populasi di regional itu bertumbuh. Kenaikan populasi ini membuat pasar makanan di Timur Tengah meroket.

Berdasarkan data Japan External Trade Organization, pasar makanan dan minuman halal global diprediksi berkembang menjadi US$2,53 triliun (Rp33.846 triliun) pada 2019. Nilainya dua kali lipat dari nilai pasar tahun 2013.

Pada Februari 2017, sebuah lembaga sertifikasi halal yang didukung oleh pemerintahan Timur Tengah, dirilis di Tokyo, Jepang. Keberadaan lembaga sertifikasi halal ini membantu pengusaha Jepang untuk mendapatkan sertifikat halal dan menjual produknya ke negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam.(Sah)

Beri Komentar
Video Polisi Tes Kandungan Sabu Cair dalam Mainan Anak-anak