Promosi Ditunda karena Pandemi, Harus Bagaimana?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 18 Agustus 2021 10:34
Promosi Ditunda karena Pandemi, Harus Bagaimana?
Kecewa, sih, promosi ditunda gara-gara pandemi Covid-19, tapi…

Dream – Pandemi Covid-19 tak hanya berdampak pada kesehatan, tetapi juga karier. Pandemi ini memaksa roda bisnis berjalan lamban, sehingga perusahaan terpaksa mengencangkan ikat pinggang, mulai dari pemotongan gaji, penundaan promosi, sampai pemecatan.

Kamu mungkin salah satu yang cukup beruntung karena pandemi “ hanya” menggagalkan jadwal promosi tahunan. Bisa jadi perusahaan tak menjanjikan kenaikan pangkat dalam beberapa waktu.

Penundaan promosi ini tentu membuat kesal. Rencana karier dan strategi pencapaian yang telah disusun rapi jadi berantakan. Meskipun demikian, kamu harus bangkit dan memikirkan langkah berikutnya di tengah ketidakpastian.

Saat ini, tunjukkanlah sensitivitas dan empati dalam menyikapinya.

1 dari 4 halaman

Analisis Kesiapan

Sahabat Dream acapkali merasa sudah banyak menunjukkan pencapaian setahun ke belakang. Tentu berhak menerima peran dan tanggung jawab yang baru.

Tunggu dulu. Penilaian atasan tidak selalu sejalan dengan yang dipikirkan. Hal ini perlu diantisipasi. Jangan terlalu berekspektasi terlalu tinggi sehingga berujung kepada kekecewaan.

Selagi masih ada jeda, kamu bisa menilai diri sendiri dengan analisisi SWOT. Buatlah daftar kelebihan dan kekuranganmu. Jangan lupa sertakan kesempatan dan tantangan yang ada di depan mata. Dengan begitu, kamu bisa mengidentifikasi beragam pilihan alternatif untuk karier masa datang.

2 dari 4 halaman

Selanjutnya Apa?

Setelah analisis, kamu akan tahu keunggulan dan sisi mana yang harus diperbaiki. Misalnya, salah satu keahlian yang bisa diasah adalah menggunakan software yang mendukung efektivitas kerja. Setelah kesempatan promosi datang lagi, kamu tentu sudah lebih siap.

Kamu juga dapat banyak hal selama work from home (WFH). Saat menjalankan sistem kerja jarak jauh, Sahabat Dream jadi punya strategi rapat online yang efektif. Kamu juga belajar untuk mengatur waktu agar tercipta work life balance.

Keahlian baru dan pengalaman di rumah ini bisa dibagi dan diterapkan di tempat kerja saat kantor sudah dibuka kembali. Bos tentu senang melihat seseorang yang kembali ke kantor dengan membawa ide segar dan nilai tambah di tengah situasi yang penuh tantangan.

3 dari 4 halaman

Menyusun Timeline

Jika melihat kesempatan promosi, cobalah buat janji untuk bicara dengan atasan. Hati-hati saat menetapkan waktu untuk mengangkat isu kenaikan pangkat di saat perusahaan sedang melakukan pengetatan. Jika sudah yakin memilih waktu yang tepat, buatlah perencanaan yang matang sebelum berhadapan dengan pemangku kepentingan.

Beberapa pekerjaan rumah yang perlu dilakukan adalah menyusun kata-kata untuk pembicaraan. Kalau perlu, ditulis saja.

Selain itu, kamu juga dapat memetakan segala kemungkinan jawaban dari atasan. Bisa jadi kamu tidak mendapatkan promosi sepenuhnya seperti yang terjadi saat tidak ada pandemi. Tapi, tawaran untuk perubahan pangkat atau kenaikan gaji sedikit saja sudah merupakan pencapaian tersendiri.

4 dari 4 halaman

Dekati Rekan Kerja

Atau, kamu juga bisa mendekati rekan kerja yang sudah mencapai posisi yang diincar. Kamu bisa meminta saran darinya saat menempuh perjalanan karier.

Selain itu, kamu sebenarnya sedang menghimpun dukungan untuk mencapai tujuan promosi.

Sebelumnya, kamu berpikir bahwa perjalanan karier akan selalu on track kalau berupaya keras untuk menggapainya. Kerja keras yang dilakukan selama ini pasti mendapatkan ganjaran yang setimpal.

Saat situasi pandemi seperti ini, semua perkiraan bisa berubah. Tapi, penundaan promosi akibat pandemi sebaiknya tidak menyurutkan semangat untuk menaiki tangga karier berikutnya.

(Sumber: Karir.com)

Beri Komentar