Rahasia Moncernya Dua Bisnis Legendaris Indonesia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 13 Agustus 2021 11:47
Rahasia Moncernya Dua Bisnis Legendaris Indonesia
Dengan tiga rahasia ini, mereka dapat bertahan lintas generasi, terutama di saat pandemi.

Dream - Dua bisnis legendaris Indonesia, JNE dan Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk membeberkan kunci kesuksesan usaha mereka. Dengan tiga rahasia ini, mereka dapat bertahan lintas generasi, terutama di saat pandemi.

Pertama melakukan riset pasar. Kemudian berinovasi. Terakhir memaksimalkan strategi pemasaran yang tengah digandrungi, seperti promo menarik layanan pembayaran digital.

“ Kami melakukan riset pasar secara rutin guna menghadirkan varian menu baru dan memberikan kepuasan kepada seluruh pelanggan kami," ujar Dimas Setyo Jatmiko, Business Development Manager Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk di acara webinar 'Adaptasi Lintas Generasi, Kobarkan Semangat Majukan Negeri', Kamis 12 Agustus 2021.

Rahasia dua bisnis legendaris Indonesia bertahan lintas generasi.

1 dari 3 halaman

Terima Pembayaran Digital

Selain itu, mereka juga menerima pembayaran melalui layanan pembayaran digital seperti ShopeePay. Karena berdasarkan hasil riset, pelanggan cenderung memilih metode pembayaran yang praktis dan aman, terutama pada masa pandemi.

Pelanggan juga tertarik untuk menggunakan metode pembayaran digital karena beragam promo menarik yang ditawarkan.

" Kami melihat adanya peningkatan penjualan yang signifikan sejak kami mulai menerima pembayaran digital,” imbuh Dimas.

2 dari 3 halaman

Jawab Kebutuhan Seiring Perubahan Zaman

Agar bisnis dapat bertahan seiring dengan perubahan zaman, harus dipastikan produk dan layanan yang ditawarkan dapat menjawab permasalahan di hidup para pelanggan.

Serangkaian permasalahan yang dicoba dijawab JNE adalah rumitnya pengiriman dan pendistribusian barang ke berbagai penjuru Indonesia.

Bisnis yang didirikan pada tahun 1990 mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi.

" Kini pelanggan dapat dengan mudah melacak paket yang mereka kirimkan melalui website dan aplikasi MyJNE dan melakukan pembayaran dengan praktis dan aman menggunakan layanan pembayaran digital,” ujar Mayland Hendar Prasetyo, Deputy Vice President BD, E-commerce and Partnership JNE pada kesempatan yang sama.

 

3 dari 3 halaman

Kemudian, Lakukan Ini

Setelah tantangan mendefinisikan dan membangun identitas bisnis, atau produk dan layanan, telah dilewati, bisnis harus memaksimalkan upaya pemasaran mereka menggunakan berbagai kanal pemasaran seperti media sosial yang cocok untuk segmen pasar yang mereka sasar.

Pakar Digital Marketing and Founder&CEO Tribelio, Denny Santoso, mengatakan pelaku bisnis juga bisa menggali dan saling bertukar informasi melalui komunitas bisnis. Memastikan mengetahui tren terbaru yang bisa mereka manfaatkan untuk pemasaran.

" Salah satu contohnya menonjolkan promo menarik yang ditawarkan penyedia layanan pembayaran digital," tutur Denny.

(Laporan: Delfina Rahmadhani)

Beri Komentar