Ingin Bisnis UMKM Berkembang? Terapkan 3 Strategi Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 13 Agustus 2021 13:34
Ingin Bisnis UMKM Berkembang? Terapkan 3 Strategi Ini
Jangan abaikan yang nomor tiga.

Dream – Selama 76 tahun, UMKM menjadi salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia. UMKM Indonesia telah berhasil menyesuaikan diri dengan inovasi teknologi yang semakin cepat berkembang.

Agar bisa bertahan dalam kondisi saat ini —terutama saat pandemi, dan masa depan, menurut pakar digital marketing, Denny Santoso, dalam acara “ Adaptasi Lintas Generasi, Kobarkan Semangat Majukan Negeri”, Kamis 12 Agustus 2021, menyebutkan ada tiga strategi bisnis yang bisa membantu UMKM.

Yang pertama adalah memahami konsumen melalui riset pasar. Memahami kebutuhan pelanggan sangat penting dilakukan untuk pengusaha agar bisnis bisa berjalan optimal dan terarah.

Riset sangat berguna untuk mengtahui apa yang diinginkan konsumen, mencari varian yang dibutuhkan, dan memenuhi kepuasan pelangganya. Dengan begitu, penjualan bisnis akan meningkat signifikan dan pelanggan bisa merasa senang.

Ke dua, inovasi sesuai kebutuhan pasar. Seiring perkembangan zaman, pebisnis harus memastikan produk dan layanan yang ditawarkan sesuai dengan yang diinginkan pelanggan.

1 dari 4 halaman

Maksimalkan Kanal Pemasaran

Ke tiga, memaksimalkan berbagai kanal pemasaran. Saat ini, media sosial merupakan kanal pemasaran yang sangat strategis. Bisnis harus beradaptasi dengan merevisi startegi pemasarannya agar melebarkan jangkauannya.

Hal yang bisa kamu lakukanlah adalah, mencari dan mempelajar informasi tersebut dari komunitas bisnis yang ada. Misalnya, menjual barang di TikTok. Ya, saat ini, TikTok menjadi platform media sosial yang digandrungi kawula muda.

Cukup membuat konten yang menarik untuk produkmu, lalu sebarkan video ersebut di seluruh kanal sosial media. Cara ini sangat efektif, mengingat tiktok memiliki segmen pasar yang sangat luas.

Laporan : Delfina Rahmadhani

2 dari 4 halaman

130 Juta P130 Juta Produk UMKM Laris Sepanjang Shopee Big Ramadan Saleroduk UMKM Laris Sepanjang Shopee Big Ramadan Sale

Dream – Shopee Indonesia baru saja menutup kampanye Shopee Big Ramadan Sale 2021. Sepanjang program selama Ramadan itu, Shopee mencatat 130 juta produk UMKM laku terjual pada 23 April, 30 April, dan 5 Mei 2021.

Direktur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, mengatakan Shopee Big Ramadan Sale 2021 merupakan inisiatif yang dilakukan untuk memberika pengalaman belanja online yang unik. Salah satu fokus utama kampanye ini adalah memberikan wadah bagi pengusaha, termasuk UMKM, untuk berkembang dan mempertahankan bisnisnya pada Ramadan.

 

© Dream

 

“ Melalui kampanye Big Ramadan Sale 2021 pada tahun ini, kami berupaya untuk memberikan sorotan dan jangkauan yang luas khususnya terhadap produk-produk lokal UMKM sebagai salah satu upaya kami untuk mendukung roda perekonomian Indonesia,” kata Handhika dalam media gathering Shopee Indonesia, Jumat 7 Mei 2021.

Platform ini memfasilitasi pengunjung dengan sederet aktivitas online, mulai dari belanja hingga game. Fitur interaktif serta games yang menarik, memberikan kemudahan pengguna agar tetap menjalin kedekatan dengan keluarga tanpa harus pulang kampung, serta upaya dalam turut mendukung UMKM Indonesia selama Ramadan 2021 berlangsung. ,

“ Hasil yang luar biasa ini juga tidak luput dari dukungan mitra brand dan para penjual yang telah berpartisipasi,” kata dia.

3 dari 4 halaman

Barang-barang Kategori Ini Laris Manis

Selama kampanye itu, produk kategori souvenir, pakaian muslim, serta pakaian bayi dan anak laris manis. Misalnya, souvenir. Penjualan barang kategori souvenir meningkat tiga kali lipat. Pengguna memanfaatkan kategori itu untuk mendekorasi rumah atau memenuhi keperluan parsel Lebaran.

Kedua, fesyen pakaian Muslim serta pakaian bayi dan anak juga banyak dicari. Dalam kategori ini, pashmina plisket, baju koko, dan gamis anak menjadi populer di kategori fesyen.

Shopee juga menghadirkan program inovatif menarik dari in-app gamification. Salah satunya, Goyang Shopee, untuk alternatif pelengkap aktivitas guna menjawab antusiasme pengguna di platform e-commerce dengan hingga 600 ribu jam dimainkan selama kampanye Big Ramadan Sale berlangsung.

Kampanye Shopee Big Ramadan Sale juga menjadi wadah efektif yang memberikan kemudahan berbelanja para pengguna melalui penerapan metode pembayaran digital. Terdapat peningkatan penggunaan ShopeePay hingga hampir 90 persen pada puncak kampanye Big Ramadan Sale 2021 berlangsung, dibandingkan hari biasanya.

4 dari 4 halaman

Himpun Dana Zakat dan Donasi Senilai Rp1,13 Miliar

Selain menjadi wadah untuk beragam alternatif aktivitas online selama Ramadhan, Shopee Indonesia untuk turut merealisasikan perannya menjadi prasarana perantara untuk berbagi secara virtual. Dengan cara donasi, maupun pembayaran zakat kepada pihak yang membutuhkan.

Melalui program Berbagi Tanpa Batas bersama Shopee, sebanyak total Rp1.128.461,180 zakat dan donasi telah terkumpul sejak awal kampanye Big Ramadan Sale hingga tanggal 5 Mei 2021. Shopee berkolaborasi untuk mendistribusikan hasil dana ini kepada mustahik bersama dengan berbagai mitra lembaga terpercaya antara lain seperti, Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, Rumah Yatim dan Nu Care Lazisnu.

“ Rumah Zakat sudah menjalankan kolaborasi bersama Shopee sejak Ramadan beberapa tahun lalu hingga saat ini, dan telah menerima antusiasme yang sangat positif dari para pengguna Shopee,” kata Chief Marketing Officer Rumah Zakat, Irvan Nugraha.

Shopee dan ShopeePay juga bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk menyalurkan sebagian total donasi melalui salah satu program spesial kolaborasi bertema “ Pemberdayaan Ekonomi UMKM”. Program ini diinisiasi sebagai prantara untuk dapat memberi pelaku UMKM bantuan untuk berkembang dalam bentuk pendanaan atau modal usaha, pendampingan dan edukasi wirausaha.

Irvan mengatakan hasil donasi melalui Shopee akan disalurkan kepada para pelaku UMKM di berbagai desa berdaya di 285 kota/kabupaten dari 33 provinsi se-Indonesia. “ Kami berharap inisiatif baik ini dapat terus terlaksana, guna memberikan dampak positif di kemudian hari,” kata dia.

Dalam tetap menghadirkan akses berbelanja dan sebagai wadah alternatif aktivitas online, pengguna masih bisa menikmati kampanye Big Ramadan Sale 2021 ini hingga 11 Mei. Tentu, dengan penawaran sehari-hari menjelang Hari Raya, dengan kesempatan untuk berbagi kebaikan secara digital seperti zakat dan donasi, yang masih bisa dilakukan hingga 13 Mei 2021.

Beri Komentar