Usaha Lain Gulung Tikar, Bisnis Minuman Ini Malah Semakin 'Segar' saat Pandemi

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 18 November 2022 14:45
Usaha Lain Gulung Tikar, Bisnis Minuman Ini Malah Semakin 'Segar' saat Pandemi
Strategi dari brand minuman dengan 111 outlet ini bisa Sahabat Dream terapkan

Dream - Membangun bisnis bukan perkara mudah. Selain produk harus berkualitas, pemasaran yang tepat juga menjadi pertimbangan.

Apalagi untuk tetap bertahan di situasi yang tidak pasti seperti awal pandemi Covid-19 yang melanda di awal tahun 2020. Berbagai strategi harus diterapkan agar bisnis tetap eksis dalam situasi apapun.

Strategi dari brand minuman Meenum bisa Sahabat Dream terapkan, karena mereka tidak mengalami penurunan penjualan saat banyak usaha digulung pandemi. Sebaliknya, mereka mengalami kenaikan. Outlet mereka pun terus bertambah, hingga kini mencapai 111 gerai di Indonesia.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Di masa pandemi ini, Meenum mengalami kenaikan. Penjualan kami tahun kemarin naik dengan penjualan lebih dari 3 juta cup per tahun," jelas Selva Marsentiani, Chief Business Development Officer MeeNUM Indonesia, pada peluncuran Meenum New Look, Kamis 17 November 2022.

1 dari 3 halaman

Inovasi Menu

Inovasi dalam berbisnis sangat penting karena akan membawa perusahaan mampu bertahan ditengah perkembangan zaman. Untuk minuman, usahakan ikuti tren minuman yang sedang berkembang.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Inovasi produk sangat penting, saat sesuatu sedang hype misal boba brown sugar, kita langsung hadirkan menu itu. Setiap tahun 3 sampai 4 produk baru kita keluarkan," tambah Selva.

2 dari 3 halaman

Kualitas Produk dan Keunikan Produk

Kualitas produk dan keunikan produk tentu menjadi hal utama dalam berbisnis. Sebaik apapun teknik marketing yang dilakukan, jika produk kurang menjadi selera masyarakat maka akan sulit untuk costumer kembali membeli. Jadi, pastikan produk mampu bersaing di kategorinya.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

" Kualitas produk sangat membantu perkembangan usaha kami, seperti ini kami coba kombinasi minuman apa lagi yang cocok dan disukai target kita, dan boba rasa stroberi ini belum ada di kompetisi," tambah Selva.

3 dari 3 halaman

Sasar Target

Segmentasi usia target produk yang diciptakan memang menjadi hal penting dalam membangun bisnis. Dengan segmentasi usia ini akan memudahkan fokus dalam menciptakan sebuah produk yang sesuai.

MeeNUM meluncurkan tampilan baru dengan menghadirkan konsep baru kekinian untuk membangun relevansi dan kedekatan dengan target konsumennya yang didominasi oleh anak muda rentang usia 15-22 tahun.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream
 
“ Warna ungu pada tampilan baru MeeNUM merepresentasikan semangat, kreativitas dan ambisi yang tentunya sesuai dengan karakteristik anak muda. Warna ungu diaplikasikan pada logo, interior dan exterior outlet, digital asset seperti website dan instagram, serta product material, sehingga menghadirkan identitas baru MeeNUM yang lebih menyenangkan dan menarik” tambah Selva.

Pada konsep barunya yang Instagramable, MeeNUM menghadirkan layanan ‘dine in’ dengan menyediakan fasilitas WiFi untuk anak muda untuk menghabiskan waktu.

Konsep dan tampilan baru telah diterapkan di 15 outlet MeeNUM di daerah Jabodetabek dan Padang, dan akan bertambah sebanyak 24 outlet dalam dua bulan kedepan termasuk di daerah Jawa dan Sumatera, sehingga angka ini melengkapi total target keseluruhan 135 opening outlet MeeNUM di berbagai daerah di Indonesia hingga akhir 2022.

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More