Peritel Modern Berusia 25 Tahun Ini Bocorkan Rahasi Penjualan Tak Lesu Saat Ekonomi Tertekan

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 14 Oktober 2022 06:12
Peritel Modern Berusia 25 Tahun Ini Bocorkan Rahasi Penjualan Tak Lesu Saat Ekonomi Tertekan
Simak beberapa hal yang dilakukan agar konsumen tetap bisa membeli produk

Dream - Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dollar AS turut memengaruhi produk impor yang masuk ke Indonesia. Perusahaan harus mendatangkan produk atau bahan baku dengan harga lebih mahal dibandingkan masa-masa sebelumnya.

Kondisi ini membuat perusahaan harus pintar dalam mengelola bisnisnya di tengah tekanan ekonomi global yang memang semakin meningkat. 

Maria Suwarni, Chief Merchandising & Marketing Officer PT. Supra Boga Lestari turut membagikan salah satu strategi yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan daya beli masayarakat terhadap produknya.

Ferdike Yunuri Nadya/ Dream© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

Menurut Maria, daya beli terhadap sebuah produk sebetulnya tergantung dari pangsa pasarnya. Selama ini Maria melihat masyarakat masih membeli berbagai barang kebutuhan pokok namun dengan pola yang berubah.

“ Mereka tetap membeli tapi mengurangi konsumsi,” jelas Maria pada acara Market Hopping, di Jakarta, Rabu 12 Oktober 2022.

1 dari 2 halaman

Downsizing

Perubahan cara masyarakat berbelanja ini yang direspone perusahaan dengan melakukan downsizing pada produknya. Strategi ini dilakukan dengan cara tidak menaikan harga namun ukuran produk mengalami penyesuaian. Cara ini diyakini lebih tepat karena konsumen tetap bisa menikmati produk kebutuhannya. 

Market Hopping© Market Hopping

“ Dari produsen banyak downsizing, jadi tidak menaikan harga tapi mengurangi gramasinya,” jelas Maria.

2 dari 2 halaman

Perbanyak Ukuran Kecil

Jika di awal biasa membeli ukuran yang besar dengan harga tertentu, karena kenaikan harga maka akan memengaruhi daya beli seseorang.

Jadi memperbanyak produk dengan ukuran kecil bisa sangat membantu konsumen untuk membeli.

“ Kita perbanyak ukuran yang lebih kecil, yang dulu misal beli yang besar-besar, sekarang yang kecil, jadi mengurangi,” tambah Maria.

Tak hanya barang impor, kini barang lokal pun mengalami kenaikan.

“ Barang lokal pun mengalami hal yang sama karena harganya pun naik,” tambah Maria.

Harga yang semakin meningkat tentu promo akan menjadi incaran banyak orang. Dalam rangka anniversary ke-24 PT. Supra Boga Lestari, memperbanyak promo yang dijalankan di seluruh outlet Ranch Market. Salah satu promo yang akan diadakan adalah program cashback sebesar Rp200 ribu.

PT. Supra Boga Lestari Tbk pun menghadirkan event Market Hopping dengan support penuh dari Blibli sebagai official e-commerce seluruh brand PT. Supra Boga Lestari Tbk, serta para partner menghadirkan keenam brand-nya yaitu Ranch Market, The Gourmet, Pasarina, Farmers Market, Farmers Family dan Day2Day dengan dekorasi Famous Markets Around the World.

 

Beri Komentar