Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Tips Mencapai Target Finansial Lewat Perencanaan Keuangan Syariah

Tips Mencapai Target Finansial Lewat Perencanaan Keuangan Syariah Merencanakan Keuangan Penting Dilakukan Untuk Bisa Mencapai Target Finansial. (Foto: Shutterstock)

Dream – Merencanakan keuangan pribadi dan keluarga kadang perlu mengubah pola pikir. Mulai dari mengatur arus kas, membuat tujuan keuangan pada masa mendatang, menyusun prioritas-prioritas dalam hidup, kemudian menerapkannya dengan perencanaan keuangan syariah.

Dikutip dari laman Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah), Senin 12 Oktober 2020, ciri-ciri perencanaan keuangan syariah adalah prosesnya tidak bertentangan dengan prinsip-prinisip syariah dan berorientasi pada dunia akhirat. Misalnya, mengatur arus kas, membuat tujuan keuangan, menggunakan produk-produk syariah, dan perencanaan waris.

Misalnya, dalam mengatur arus kas, kita harus memasukkan alokasi zakat, memprioritaskan pembayaran utang (kalau punya), dan mengalokasikan investasi masa depan secara rutin.

Kemudian, tujuan keuangannya harus sesuai dengan prioritas yang diajarkan dalam Islam. Contohnya, menunaikan ibadah haji harus lebih diprioritaskan daripada jalan-jalan ke luar negeri, dan menyiapkan dana sekolah anak harus lebih diprioritaskan dari tujuan ganti mobil.

Gunakan Produk Syariah

Untuk mencapai tujuan keuangan, Sahabat Dream harus menggunakan produk-produk investasi yang sesuai dengan prinsip syariah. Misalnya, sukuk, deposito syariah, atau reksa dana syariah.

Sebaiknya, perencanaan keuangan mencakup perencanaan waris, sehingga harus mengikuti aturan waris dalam Islam. Karena terkait dengan tujuan hidup, keuangan harus direncanakan sebaik mungkin. Mulai dari menikah, liburan, pendidikan anak, hingga masa pensiun. Semua siklus kehidupan tersebut membutuhkan biaya masing-masing. Di sinilah pentingnya perencanaan keuangan syariah.

Jangan lupa bahwa biaya hidup hari ini tidak sama dengan biaya hidup yang akan datang karena adanya inflasi. Contoh, di tahun 2002 uang Rp1.000 bisa membeli susu segelas penuh. Pada tahun 2008, kemungkinan hanya seperempatnya atau tidak mendapatkan sama sekali.

Atur Diri Sendiri dan Pemakaian

Sebenarnya, kita tak perlu pintar mengatur uang, tetapi diri sendiri menggunakan uang. Memang, harga bahan makanan, BBM, hingga pendidikan anak tak dapat diatur. Yang bisa kita atur adalah pemakaian dan cara menyiapkan dana.

Contohnya, mengajarkan anak rutin ke kamar mandi untuk menghemat biaya popok, mengatur pola makan dan olah raga rutin untuk mengirit biaya kesehatan.

Bagaimana dengan mengatur arus kas? Aturlah uang maksimal cicilan utang sebesar 35 persen dari total pendapatan untuk investasi maksimal 30 persen dari pendapatan, alokasikan untuk membayar zakat minimal 2,5–10 persen dari pendapatan, untuk hiburan dan biaya hidup alokasikan maksimal 20 persen dari pendapatan.

Untuk biaya hidup maksimal 40 persen dari total pendapatan anda. Bagaimana kalau defisit? Solusinya ada dua, yaitu tambah penghasilan atau kurangi pengeluaran. Jika bisa dilakukan keduanya itu lebih baik. Setelah itu saatnya mengoptimalkan dana untuk investasi baik berupa harta benda atau di sektor keuangan dengan prinsip-prinsip syariah.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bagaimana Cara Mulai Mempersiapkan Perencanaan Finansial?

Bagaimana Cara Mulai Mempersiapkan Perencanaan Finansial?

Dalam kehidupan, perubahan bisa terjadi tiba-tiba karena berbagai faktor. Ini bisa berupa perubahan gaya hidup, pekerjaan, kondisi kesehatan dan lainnya.

Baca Selengkapnya
Baca Doa Ini Ketika Keuangan Sulit dan Kehidupan Terhimpit!

Baca Doa Ini Ketika Keuangan Sulit dan Kehidupan Terhimpit!

Tujuan doa ini adalah memohon rezeki yang lancar, mudah, halal, dan penuh berkah agar bisa terbebas dari masalah keuangan yang menekan.

Baca Selengkapnya
Ini 7 Tips dan Cara Berdagang Sesuai Ajaran Rasulullah, Penghasilan Jadi Lebih Berkah

Ini 7 Tips dan Cara Berdagang Sesuai Ajaran Rasulullah, Penghasilan Jadi Lebih Berkah

Terdapat pelajaran berharga dari cara berdagang Rasulullah SAW yang dapat menjadi inspirasi untuk memperoleh keberkahan dan kesuksesan dalam bisnis.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Larangan Menunda Bayar Utang Puasa Ramadhan, Simak Baik-Baik Penjelasannya

Larangan Menunda Bayar Utang Puasa Ramadhan, Simak Baik-Baik Penjelasannya

Menunda-nunda bayar utang puasa ramadhan berarti menunda melakukan kewajiban agama.

Baca Selengkapnya
Doa Pinjam Uang agar Diberikan Kemudahan, Lengkap dengan Penjelasannya secara Fikih

Doa Pinjam Uang agar Diberikan Kemudahan, Lengkap dengan Penjelasannya secara Fikih

Doa tersebut tak hanya memudahkan saat mengajukan, tetapi juga dalam membayarnya.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Makanan Saat Lembur

NOTED KAK! Makanan Saat Lembur

Sahabat Dream, pernah gak sih merasa lapar saat sedang lembur?

Baca Selengkapnya