Rasio Pembiayaan Macet Turun, Ini Rahasia BSM

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 9 Agustus 2017 17:15
Rasio Pembiayaan Macet Turun, Ini Rahasia BSM
Target penurunan NPF yang ditetapkan BSM sampai akhir tahun sebesar 4,92 persen telah terlampaui per Juni 2017.

Dream - PT Bank Syariah Mandiri (BSM) berhasil menekan rasio pembiayaan bermasalah (non performing financing)/NPF. Angkanya turun dari 5,58 persen per Juni 2016 menjadi 4,85 persen per Juni 2017.

" Angkanya turun 0,73 persen," kata Direktur Financing Risk and Recovery BSM, Choirul Anwar, di Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2017.

Choirul mengatakan kunci penurunan NPF ini disebabkan langkah pengendalian pembiayaan yang dijalankan pihaknya. Strategi itu dilakukan sebelum terjadinya pembiayaan yang semakin macet.

" Sebelum booking, kami harus menetapkan target market dan risk acceptance dengan baik, (begitu juga dengan) desain produk dan business process untuk memastikan booking pembiayaan berkualitas baik," kata dia.

Usai melalui proses tersebut, lanjut Choirul, perusahaan akan melakukan monitoring secara disiplin terhadap nasabah wholesale dan ritel.

" Nasabah dengan kriteria tertentu harus mendapat perhatian. Kalau ada tanda-tanda penurunan, untuk melakukan penyelamatan, kami cepat bertindak," kata dia.

Sementara itu, Direktur Keuangan BSM, Ade Cahyo Nugroho, mengatakan target NPF hingga akhir 2017 ini ditetapkan sebesar 4,92 persen. Dengan capaian per Juni, Cahyo optimis NPF bisa turun lebih rendah lagi.

" Jadi (diharapkan angkanya) bisa lebih turun," kata Cahyo.(Sah)

Beri Komentar