Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming (HIPMI)
Dream - Ajakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencintai produk dalam negeri dan membenci produk asing disambut para pengusaha muda. Dalam Penutupan Rakernas XVII Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIMPI), pengusaha muda ini berjanji akan lebih menggaungkan program cinta produk lokal.
" HIPMI akan melakukan kampanye cinta produk dalam negeri di semua tingkatan. Kita akan bersurat secara resmi ke seluruh BPD HIPMI se Indonesia untuk gaungkan pakai produk lokal dan kita akan kampanye secara masif," ucap Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Mardani H. Maming dalam keterangan tertulisnya, Senin, 8 Maret 2021.
Mardani mengatakan program tersebut merupakan salah sat rekomendasi HIPMI dlam upaya memperkuat perekonomian nasional pasca pandemi dan memaksimalkan peran HIPMI dalam mendorong transformasi perekonomian nasional yang lebih maju, produktif dan berdaya saing.
Dengan mencintai produk dalam negeri, Mardani berharap produk nasional akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri. HIPMI menilai arahan Presiden untuk mencintai produk buatan Indonesia dimaknai sebagai kesempatan pemerintah memberi peluang para pengusaha lokal agar bisa semakin berinovasi dalam meningkatkan daya saing produk di dalam negeri.
" Pemerintah saat ini sudah banyak mengeluarkan kebijakan yang sangat mendukung pemakaian produk dalam negeri," katanya.
Salah satu yang sudah dijalankan adalah kementerian dan BUMN yang sudah memulai menerapkan kebijakan penggunaan produk dalam negeri.
Hal serupa juga dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang mewajibkan pemakaian produk lokal untuk proyek infrastruktur terutama proyek infrastruktur pemerintah..
Mantan Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan itu mengharapkan langkah yang sama juga bisa diterapkan para produsen-produsen besar di Indonesia agar lebih mau secara ikhlas untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam produksinya.
" Nanti multiplier effect seperti yang diharapkan presiden malah tidak terjadi," tuturnya.
Selain itu, HIPMI juga mendorong kolaborasi antara usaha besar dan usaha kecil, antara BUMN dengan swasta, antara pengusaha asing dengan pengusaha lokal. Dengan ini diharapkan pertumbuhan yang tercipta adalah pertumbuhan yang inklusif, pertumbuhan yang berkeadilan sosial.
Advertisement
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik
Kebiasaan Pakai Bra saat Tidur Berbahaya? Cari Tahu Faktanya
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Peneliti Ungkap Pemicu Perempuan Sanggup Bicara 20 Ribu Kata Sehari?
Bentuk Roti Cokelat Picu Komentar Pedas di Medsos, Chef Sampai Revisi Bentuknya
Mahasiswa Sempat Touch Up di Tengah Demo, Tampilannya Slay Maksimal
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik