Pekan Brutal Miliarder Teknologi, Elon Musk Kehilangan Harta Rp385 T, Jeff Bezos Rp243 T, dan Zuckerberg Rp149 T

Reporter : Alfi Salima Puteri
Senin, 24 Januari 2022 17:15
Pekan Brutal Miliarder Teknologi, Elon Musk Kehilangan Harta Rp385 T, Jeff Bezos Rp243 T, dan Zuckerberg Rp149 T
Elon Musk kehilangan kekayaan mencapai Rp385 triliun, sedangkan Jeff Bezos Rp286 triliun.

Dream - Jatuhnya nilai saham perusahaan teknologi serta cryptocurrency (mata uang kripto) membuat beberapa orang terkaya di dunia, seperti Elon Musk dan Jeff Bezos, kehilangan kekayaan mereka hingga miliaran dolar.

Bloomberg melaporkan bahwa CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, kehilangan kekayaan mencapai US$25,1 miliar atau sekitar Rp385 triliun. Sementara itu, bos Amazon, Jeff Bezos, juga mengalami penurunan kekayaan sebesar US$20 miliar Rp286 triliun.

Changpeng Zhao, CEO Binance, juga kekayaanyan menurun US$17,7 miliar atau sekitar Rp243 triliun. Mark Zuckerberg dari Facebook hartanya turun sebanyak US$10,4 miliar atau sekitar Rp149 triliun.

1 dari 3 halaman

Amblasnya sebagian kekayaan miliarder teknologi tersebut terjadi karena saham perusahaan teknologi dan cryptocurrency anjlok dalam titik terburuk sejak awal pandemi Covid-19.

Perusahaan-perusahaan besar banyak menderita, seperti nilai saham Peloton jatuh di bawah harga IPO dan Netflix mengalami penurunan tertajam dalam satu dekade terakhir.

Pada penutupan Jumat, 21 Januari 2022, Nasdaq yang fokus pada teknologi turun 7,6 persen untuk minggu ini, yang merupakan penurunan terbesar sejak Maret 2020.

2 dari 3 halaman

Investor berharap adanya panduan lebih lanjut tentang rencana bank sentral untuk menaikkan suku bunga.

Turbulensi di pasar diperkirakan akan berlanjut hingga pekan ini dengan beberapa laporan pendapatan utama yang akan dirilis, termasuk Apple, Microsoft, IBM, Intel, dan Tesla.

Nilai cryptocurrency juga menderita pekan ini, dengan Bitcoin turun ke level terendah dalam enam bulan yang menyebabkan nilai aset digital lainnya juga merana. Kehancuran pasar cryptocurrency semakin parah setelah para investor menarik uang mereka yang jumlahnya mencapai ratusan miliar dolar.

3 dari 3 halaman

Bitcoin sekarang telah jatuh 16,8 persen selama seminggu terakhir sedangkan cryptocurrency lain seperti Ethereum sekarang turun 25 persen. Bitcoin juga mengalami penurunan besar minggu lalu, dengan harga berada di sekitar US$35 ribu.

Meskipun kekayaan Elon Musk menurun, ia masih berada di urutan pertama orang terkaya di dunia dengan total kekayaan sebanyak US$243 miliar (Rp3,4 kuadriliun). Sementara Jeff Bezos menempati urutan kedua dengan total kekayaan sebesar US$168 miliar (Rp2,4 kuadriliun).

Beri Komentar