Sambil Tunggu Rekrutmen, Kamu Bisa Ikut Try Out CPNS di Sini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 16 Oktober 2019 13:36
Sambil Tunggu Rekrutmen, Kamu Bisa Ikut Try Out CPNS di Sini
Kamu bisa menguji kemampuanmu dalam mengerjakan soal-soal CPNS.

Dream – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dibuka beberapa hari lagi. Dalam rekrutmen CPNS, ada ujian bernama Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Dalam seleksi ini, para pelamar diminta mengerjakan sederet soal, dari tes karakteristik pribadi, intelegensia umum, sampai wawasan kebangsaan. Jika tak berlatih, soal-soal ini akan membuatmu pusing tujuh keliling saat mengerjakannya.

Nah, agar bisa menjawab soal-soal ujian SKD, pemerintah menyediakan saluran khusus untuk latihan. Di kanal ini, masyarakat bisa “ asah otak” sebelum bertempur dengan SKD.

“ Tentu sah-sah saja apabila masyarakat ingin melakukan simulasi soal SKD di banyak tempat. Namun, BKN tidak menjamin kualitasnya,” kata Kepala Sub Bidang Pengelolaan Aplikasi Sistem Seleksi BKN, Efni Surayadi, di Jakarta, dikutip dari bkn.go.id, Rabu 16 Oktober 2019.

Kata Efni, kanal soal-soal try out SKD bisa diakses di cat.bkn.go.id. Materi soal yang disediakan berasal dari bank soal BKN.

1 dari 8 halaman

Kuota Pendaftar Dibatasi

Sayangnya, pendaftaran simulasi soal-soal SKD di laman BKN ini dibatasi. Per hari, kuota maksimal yang disediakan sebanyak 1.500 orang.

“ Memang dibatasi pendaftarnya per hari,” kata Efni.

Alasannya, BKN ingin memastikan masyarakat bisa mengakses situs dengan baik. Tapi, lanjut dia, jumlah akses untuk mengikuti try out tidak dibatasi.

“ Masyarakat bisa mencobanya kapan pun dan di mana pun,” kata dia. 

2 dari 8 halaman

CPNS Dibuka Bulan Ini, 4 Formasi Ini Paling Dibutuhkan

Dream – Sahabat Dream, pemerintah telah mengumumkan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Rekrutmen ini akan berlangsung pada 25 Oktober 2019.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara, Mohammad Ridwan, mengatakan, sebanyak 140 ribu dari 197 ribu formasi akan disediakan untuk guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

“ Empat besar formasi itu terutama guru berjumlah 63 ribuan, kemudian tenaga kesehatan, bidan, dokter, dokter gigi, perawat itu 31 ribuan, kemudian tenaga teknis fungsional 23 ribuan, dan teknis lainnya 28 ribuan,” kata Ridwan di Jakarta.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, mengumumkan proses penerimaan CPNS tahun 2019 akan dibuka pada 25 Oktober 2019.

 

 

" Mulai 25 Oktober. Sudah siap," kata Syafruddin di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, dikutip dari Merdeka.com, Rabu 16 Oktober 2019.

Syafruddin tak mau memerinci lebih lanjut kementerian yang akan membuka pendaftaran CPNS. Menurutnya, nomenklatur kementerian tersebut merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

" Itu kewenangan presiden," kata dia.

3 dari 8 halaman

Waspada Penipuan

Bukan menjadi rahasia umum bahwa rekrutmen CPNS sukses merebut hati masyarakat. Puluhan ribu pelamar berbondong-bondong melamar untuk menjadi calon abdi negara. Malah, tak jarang juga yang menggunakan cara kotor agar bisa lolos seleksi, misalnya menggunakan joki.

Yang menjadi “ gula-gula” dalam rekrutmen CPNS adalah keterjaminan hidup saat menjadi PNS. Di pekerjaan ini, ada insentif yang menarik perhatian masyarakat. Sebut saja gaji ke-13 dan tunjangan pensiun.

Karena diminati banyak orang, ada saja celah yang dimanfaatkan oknum. Orang-orang tak bertanggung jawab tak segan untuk menjerat korban dengan memberikan informasi palsu tentang rekrutmen CPNS.

“ Jenis penipuan yang kerap ada selama ini beragam, mulai dari Surat Keputusan (SK) palsu hingga simulasi soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang mengatasnamakan BKN,” kata Ridwan.

Makanya, dia meminta masyarakat untuk semakin pintar menyaring informasi resmi. Informasi resmi yang diberikan seputar CPNS akan diberikan di kanal-kanal resmi milik pemerintah. “ Yakni, website berdomain go.id dan media sosial yang sudah terverifikasi,” kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Tommy KurniaBadan Kepegawaian Negara)

4 dari 8 halaman

Sah! Pendaftaran CPNS Dibuka 25 Oktober 2019, Ada 100 Ribu Formasi

Dream – Sahabat Dream, segera persiapkan curriculum vitae (CV). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, mengumumkan proses penerimaan CPNS tahun 2019 akan dibuka pada 25 Oktober 2019.

" Mulai 25 Oktober. Sudah siap," kata Syafruddin di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, dikutip dari Merdeka.com, Rabu 16 Oktober 2019.

Syafruddin tak mau memerinci lebih lanjut kementerian yang akan membuka pendaftaran CPNS. Menurutnya, nomenklatur kementerian tersebut merupakan kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

" Itu kewenangan presiden," kata dia.

 

Untuk formasi penerimaan CPNS pada tahun ini, kata dia, ada sebanyak 100 ribu formasi. Dari 100 ribu formasi yang ada tersebut kebanyakan dari tenaga pendidikan dan kesehatan.

" Ya terutama guru, kesehatan," kata Syafruddin.

5 dari 8 halaman

Rekrutmen CPNS 2019 Akan Diumumkan Akhir Oktober, Ini Tahapan dan Formasinya

Dream – Kabar baik bagi Sahabat Dream yang ingin menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil tahun ini. Pemerintah akan mengumumkan rekrutmen CPNS pada minggu keempat Oktober 2019.

Dijadwalkan masa pendaftaran CPNS 2019 akan dimulai bulan November dengan seleksi adminstrasi berlangsung Desember 2019.

Dikutip dari setkab.go.id, Kamis 3 Oktober 2019, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (Humas BKN) Mohammad Ridwan, mengatakan total formasi yang akan dibuka dalam rekrutmen kali ini seluruhnya mencapai 197.111.

 

 

 

Untuk formasi di kementerian/lembaga (K/L) akan dialokasikan sebanyak 37.854 formasi sementara sisanya untuk pemenuhan CPNS di daerah sebanyak 159.257 formasi.

“ Namun angka-angka tersebut masih dalam tahap finalisasi,” kata dia di Jakarta.

6 dari 8 halaman

Alasan Formasi Belum Ditentukan

Ridwan mengatakan ada lima alasan mengapa formasi belum ditentukan.

Pertama, formasi kementerian dan/atau lembaga harus sesuai dengan skema kabinet yang baru pasca pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober mendatang.

Kedua, ada beberapa proses dalam rekrutmen CPNS dengan jangka waktu tertentu yang telah ditetapkan dan tidak mungkin dipersingkat.

 

“ Proses ini antara lain meliputi masa pengumuman selama 15 hari kalender, penyampaian persyaratan pelamaran secara daring selama 10 hari kalender dan sebagainya sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS,” kata dia.

Ketiga, anggaran rekrutmen dan gaji CPNS 2019 pada sebagian Kementerian, Lembaga, dan Daerah (K/L/D) kemungkinan telah dialihkan untuk kegiatan lain yang lebih prioritas serta harus selesai dipertanggungjawabkan pada pertengahan bulan Desember. Jika proses seleksi dipaksakan selesai pada tahun ini, yang ada, konsekuensi anggaran yang rumit akan muncul

 

7 dari 8 halaman

Libur Panjang di Indonesia Timur

Keempat, ada 541 K/L/D yang akan membuka formasi CPNS tahun 2019 harus melaksanakan training dan entry formasi pada sistem daring yang baru.

 

“ Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kesalahan input yang berakibat fatal bagi calon peserta sebagaimana terjadi di beberapa tempat pada proses rekrutmen CPNS tahun 2018,” kata dia.

Kelima, pada akhir Desember, di beberapa wilayah di Indonesia Timur (Papua, Papua Barat, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur), waktu libur akan lebih lama untuk perayaan Natal. Dengan demikian, proses rekrutmen takkan berjalan optimal.

8 dari 8 halaman

Pantau Informasi Resmi

Ridwan juga mengharapkan masyarakat yang tertarik dengan CPNS, bisa memahami dan memperkirakan konsekuensi yang mungkin timbul saat pengumuman resmi disampaikan. Dia juga meminta masyarakat untuk memantau informasi resmi dari media sosial BKN dan situs pemerintah.

“ Masyarakat diimbau agar memantau informasi resmi mengenai rekrutmen CPNS tahun 2019 melalui kanal media sosial BKN, situs web www.bkn.go.id , dan situs web atau media sosial yang dikelola oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah (K/L/D),” kata dia.

 

Ridwan berharap masyarakat untuk tidak mempercayai informasi hoaksseputar rekrutmen CPNS yang beredar selain sumber informasi di atas, serta tidak mempercayai oknum yang mengklaim dapat membantu dalam proses rekrutmen ini.

“ Rekrutmen CPNS dilakukan secara transparan dan akuntabel hanya melalui https://sscasn.bkn.go.id ,” kata dia.

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone