Sambut Liburan Akhir Tahun, KAI Tambah Operasional Kereta Jarak Jauh

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 18 November 2019 18:36
Sambut Liburan Akhir Tahun, KAI Tambah Operasional Kereta Jarak Jauh
Penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru diprediksi meningkat.

Dream - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah jumlah operasional kereta jarak jauh menyambut musim liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Diprediksi, jumlah pengguna kereta api meningkat dibandingkan hari-hari biasa. 

“ Kalau tahun lalu 5,6 juta penumpang, kini jumlahnya diprediksi (mencapai) 5,9 juta orang,” kata Direktur Utama KAI, Edi Sukmoro, di Jakarta, Senin 18 November 2019.

Edi mengatakan akan disiapkan 404 perjalanan kereta api yang terdiri atas 374 kereta api reguler dan 30 kereta Nataru (Natal dan Tahun Baru). Jumlah tempat duduk disediakan sebanyak 250.012 kursi, lebih banyak dibandingkan periode sama 2018 yang hanya sebanyak 240.162 kursi.

Penambahan rute perjalanan ini ditujukan bagi masyarakat yang membutuhkan alat transportasi kereta api untuk sampai tujuannya. Terutama untuk perjalanan tanggal 22 dan 29 Desember 2019 yang diperkirakan bakal jadi waktu favorit masyarakat dalam menggunakan jasa kereta jarak jauh.

Edi mengatakan layanan pembelian tiket kereta reguler dibuka mulai 19 November 2019 atau H-30 keberangkatan. Pembelian dapat dilakukan di seluruh kanal resmi penjualan tiket seperti, aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan lain-lain.

" Sementara KA lokal, tiket dipesan mulai H-7 keberangkatan melalui aplikasi KAI Access atau 3 jam sebelum keberangkataan di loket stasiun," kata dia.

1 dari 5 halaman

Daftar Kereta yang Beroperasi saat Nataru 2019

Berikut ini kereta-kereta yang dioperasikan untuk Nataru 2019.

1. Argo Lawu Fakultatif: Solo-Gambir pergi-pulang (2 KA)

2. Argo Dwipangga Fakultatif: Solo-Gambir pergi-pulang (2 KA)

3. Taksaka Fakultatif: Yogyakarta–Gambir pergi-pulang (2 KA)

4. Argo Muria Fakultatif: Semarang Tawang–Gambir pergi-pulang (2 KA)

5. Argo Sindoro Fakultatif: Semarang Tawang-Gambir pergi-pulang (2 KA)

6. Gajayana Fakultatif: Malang–Gambir pergi-pulang (2 KA)

7. Sembrani Fakultatif: Surabaya Pasarturi–Gambir pergi-pulang (2 KA)

8. Purwojaya Fakultatif: Cilacap–Gambir pergi-pulang (2 KA)

9. Lodaya Nataru: Solo–Bandug pergi-pulang (2 KA)

10. Kutojaya Utara Fakultatif: Kutoarjo–Pasar Senen pergi-pulang (2 KA)

11. Sawunggalih Fakultatif: Kutoarjo–Pasar Senen pergi-pulang (2 KA)

12. Matarmaja Nataru: Malang–Pasar Senen pergi-pulang (2 KA)

13. Brantas Nataru: Blitar–Pasar Senen pergi-pulang (2 KA)

14. Kertajaya Nataru: Surabaya Pasarturi–Pasar Senen pergi-pulang (2 KA)

15. Sancaka Fakultatif: Surabaya Gubeng–Yogyakarta (PP) (2 KA)

(Laporan: Keisha Ritzska Salsabila)

2 dari 5 halaman

Naik Kereta Jarak Jauh Kini Bisa dari Stasiun Bekasi

Dream – Penumpang dari kawasan Bekasi dan sekitarnya yang ingin ke luar kota dengan Kereta Api Jarak Jauh kini tak perlu lagi kerepotan. Terhitung mulai Jumat, 1 November 2019, mereka bisa naik kereta jarak jauh dari Stasiun Bekasi menuju Semarang, Kutoarjo, atau Surabaya

“ Terhitung mulai 01 November 2019 tiga KA jarak jauh dengan keberangkatan awal dari Stasiun Jakarta Kota juga akan berhenti melayani keberangkatan penumpang dari Stasiun Bekasi," ujar Senior Manager Humas DAOP I KAI, Eva Chairunisa, melalui keterangan tertulis yang diterima Dream, Kamis 31 Oktober 2019.

Eva mengatakan terdapat tiga rangkaian kereta jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Jakarta Kota akan berhenti di Stasiun Bekasi. Tiga rangkaian tersebut yaitu KA Kutojaya Utara, KA Jayakarta Premium, dan KA Menoreh.

" Penumpang yang berdomisili di Bekasi tidak perlu repot-repot datang ke Stasiun Jakarta Kota. Cukup naik dari Stasiun Bekasi saja,” kata dia.

Selanjutnya, Eva mengatakan hal ini untuk memberikan layanan yang memudahkan bagi para pengguna setia kereta jarak jauh. Diharapkan mereka bisa semakin nyaman bepergian dengan kereta api.

“ Dengan diterapkannya inovasi ini, diharapkan dapat memudahkan akses bagi para calon penumpang yang akan menggunakan KA-KA tersebut,” kata dia.

Lebih lanjut, Stasiun Bekasi telah menyiapkan petugas dan fasilitas untuk melayani pemberangkatan tiga kereta tersebut. Misalnya, 1 loket go show, 1 loket pembatalan, 2 loket pemesanan, dan 4 unit mesin check in counter (CIC).

Ada juga ruang tunggu kereta jarak jauh yang berkapasitas 160 orang dan kursi di peron 4 Stasiun Bekasi yang bisa menampung 128 orang.

“ Selain datang langsung ke stasiun, para calon penumpang juga bisa melakukan reservasi tiket melalui website kai.id dan aplikasi Kai Access, serta channel eksternal yang telah bekerja sama dengan PT KAI,” kata dia

3 dari 5 halaman

Tiga Kereta yang Berhenti di Stasiun Bekasi

Berikut jadwal keberangkatan tiga kereta yang akan berhenti di Stasiun Bekasi

1. KA Kutojaya Utara (relasi Jakarta Kota- Kutoarjo) berangkat dari Jakarta Kota pukul 05.10 WIB dan berangkat dari Bekasi pukul 05.48 WIB.

2. KA Jayakarta Premium (relasi Jakarta Kota-Surabaya Gubeng) berangkat dari Jakarta Kota pukul 13.05 WIB dan berangkat dari Bekasi pukul 13.44 WIB.

3. KA Menoreh (relasi Jakarta Kota- Semarang Tawang) berangkat dari Jakarta Kota pukul 19.00 WIB dan berangkat dari Bekasi pukul 19.38 WIB.

4 dari 5 halaman

Hore! Wisata ke Kawah Putih Dapat Diskon Tiket Masuk 10% dari KAI

Dream – Ada rencana menghabiskan libur akhir tahun di daerah pegunungan di kawasan Jawa Barat? Ada kabar baik buat kamu yang ingin travel ke kawasan Kawah Putih, dan Curug 7 Cilember di tanah Pasundan itu.

PT Kereta Api Indonesia (Persero)/KAI akan memberikan diskon 10 persen untuk tiket masuk ke Kawah Putih dan Curug 7 Cilember, Jawa Barat.

Dikutip dari laman KAI, Rabu 30 Oktober 2019, diskon 10 persen akan diberikan kepada penumpang kereta api eksekutif dan bisnis ke semua relasi. Tiket yang berlaku adalah tiket keberangkatan Senin—Minggu pada bulan yang sama.

Tertarik? Berikut ini adalah ketentuan-ketentuan yang diberlakukan.

 

5 dari 5 halaman

Begini Caranya

1. Menunjukkan bukti boarding pass perjalanan KA sesuai dengan identitas pelanggan ketika masuk tempat wisata kawah putih dan curug 7 Cilember.

2. Check in di Pondok Patuha Tjiwideij di Ciwidey, Cikole Jayagiri Resort di Cikole Lembang dan Curug Tujuh Cilember di Megamendung Puncak Bogor.

3. Satu boarding pass berlaku untuk 2 orang (Kawah & Cilember) diskon 10 persen diberikan untuk tiket masuk, tiket kendaraan roda empat, dan penginapan.

4. Spesial rate tidak berlaku untuk pemesanan via Online

5. Boarding pass berlaku 30 Hari dari tanggal yang tertera di boarding pass.

6. Pelanggan kereta api menunjukkan tiket kereta api eksekutif dan bisnis dengan disertai kartu identitas yang berlaku dan sesuai dengan identitas yang tercantum pada tiket kereta api.

7. Program ini berlaku sampai dengan tanggal 30 Desember 2020.

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal