Dream - PT Toyota-Astra Motor (TAM) melaporkan peningkatan penjualan (whole sales) di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2023 dibandingkan tahun 2022.
Penjualan Toyota, termasuk Lexus, dilaporkan meningkat dari 332.443 unit di tahun 2022 menjadi 339.292 unit di tahun 2023.
Dengan ratusan ribu unit mobil terjual tersebut, PT TAM semakin memperkokoh penguasaan pangsa pasar dari 31,7 persen pada tahun 2022 menjadi 33,7 persen.
Toyota mengungkap penjualan PT TAM tidak lepas dari kehadiran MPV keluarga Kijang Innova Zenix di akhir tahun 2022.
Kuda besi anyar ini langsung memikat hati masyarakat terbukti dari laju penjualan tinggi yang meningkat.
Kijang Innova Zenix HEV (Hybrid Electric Vehicle) menjadi lokomotif penjualan xEV Toyota dengan total whole sales 27.705 unit di tahun 2023. Disusul Yaris Cross HEV (5.476 unit) dan Corolla Cross HEV (1.217 unit).
" Semakin membanggakan karena Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV merupakan Hybrid EV Toyota produksi Indonesia," kata Toyota dalam keterangannya, Jumat, 2 Februari 2024.
Penjualan xEV Toyota juga dinilai meningkat tajam lebih dari 8 kali lipat dari 4.436 unit (2022) menjadi 37.736 unit (2023).
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, Toyota menghadirkan pilihan lengkap kendaraan elektrifikasi (xEV) mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Battery Electric Vehicle (BEV), dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) untuk mencapai netralitas karbon dan kendaraan ramah lingkungan.
xEV juga mulai memperoleh sambutan positif di Indonesia, khususnya selama tiga tahun terakhir.
Sepanjang tahun 2023, penjualan xEV Toyota didominasi Hybrid EV dengan tiga besar yaitu Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, dan Corolla Cross HEV.
xEV Toyota juga mengalami kenaikan yang disebut signifikan, dari hanya 1.935 unit (0,7% dari total penjualan Toyota) di tahun 2021, menjadi 4.436 unit (1,3%) di tahun 2022, dan mencetak rekor baru 37.736 unit (11,1%) di tahun 2023.
Yaris Cross HEV yang launching awal tahun 2023, mendapatkan positif dari masyarakat. Dengan kandungan lokal 80%, Cross SUV memiliki kontribusi penjualan 5.476 unit atau 14,5% dari total sales xEV Toyota tahun lalu, menegaskan hal tersebut.
Sebagai model xEV paling populer di masyarakat, kontribusi penjualan Hybrid EV di pasar otomotif Indonesia adalah 2.489 unit (2021), 10.369 unit (2022), dan naik drastis 54.307 unit (2023).
" Antusiasme masyarakat atas kendaraan elektrifikasi merupakan salah satu kunci penting pertumbuhan whole sales Toyota tahun 2023. Sejalan visi Total Mobility Solution, Toyota akan menambah pilihan xEV khususnya Hybrid EV di masa depan mengingat jenis ini paling sesuai kebutuhan mobilitas di Indonesia,” ungkap Anton Jimmi Suwandy.
Advertisement
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas
Fakta-Fakta Ciamis Jadi Kota Kecil Terbersih se-ASEAN