Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Sederet Pelanggaran Bule yang Bikin Gubernur Bali Kini Larang Turis Asing Sewa Motor

Sederet Pelanggaran Bule yang Bikin Gubernur Bali Kini Larang Turis Asing Sewa Motor Gubernur Bali I Wayan Koster (Foto: Liputan6.com)

Dream - Gubernur Bali I Wayan Koster melarang turis asing yang berwisata di Bali untuk menyewa atau rental motor. Keputusan ini merupakan buntut dari aksi para bule yang sering melanggar lalu lintas.

Sejumlah warga negara asing (WNA) yang berlibur di Bali sedang hangat diperbincangkan di media sosial, lantaran berbagai tindakan yang meresahkan.

"Jadi, para wisatawan atau turis asing itu harus berpergian jalan menggunakan mobil-mobil dari travel agent. Tidak diperbolehkan lagi menggunakan kendaraan yang bukan dari travel agent. Pinjam atau sewa itu tidak diperbolehkan lagi," ucap Wayan Koster dalam  konferensi pers di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Bali, Denpasar, dikutip dari Liputan6.com, Senin, 13 Maret 2023.

Gubernur yang menjabat sejak 2018 itu mengungkap bahwa pemerintah provinsi (pemprov) Bali telah memiliki sejumlah peraturan yang mengatur tentang WNA tentang tata kelola pariwisata, termasuk larangan bagi WNA untuk menggunakan kendaraan bermotor.

Perubahan aturan tersebut mulai berlaku pada 2023 pascapandemi Covid-19 untuk mempertahankan pariwisata yang berbudaya, tidak hanya berorientasi pada jumlah kunjungan wisata setiap tahunnya.

 

Bentuk Pelanggaran

Berdasarkan hasil penindakan Polda Bali, ditemukan banyak wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara (wisman), melanggar aturan lalu lintas.

Bentuk pelanggarannya mulai dari tidak pakai baju saat berkendara, tidak pakai helm, mengubah nomor polisi kendaraan, sampai tidak memiliki SIM.

Wayan Koster berharap dengan berlakunya kebijakan yang baru pada tahun ini, pariwisata Bali menjadi lebih berkualitas dengan penegakan hukum dan aturan, khususnya bagi wisatawan mancanegara.

Pria yang juga merupakan ekonom itu pun berharap pemprov setempat akan memperketat pengawasan terhadap orang asing yang berwisata di Bali. Dia mengatakan bahwa pihaknya beserta tim pengawasan orang asing akan menindak tegas wisatawan yang melanggar aturan di Bali.

"Kita berkoordinasi dengan Kapolda dan Kanwil kemenkumham Bali, untuk melakukan tindakan tegas terhadap para turis, wisatawan, WNA yang tindakannya itu tidak sesuai dengan norma hukum yang berlaku di Indonesia dan budaya yang ada di Bali khususnya," kata Koster.

Sejumlah turis asing di Bali belakangan ini viral karena aksi pelanggaran yang dilakukan. Seperti video yang memperlihatkan seorang WNA mengamuk saat hendak ditilang polisi karena tidak menggunakan helm saat berkendara.

Melalui video yang dibagikan akun Instagram @unikinfo_id, seorang wanita yang mengendarai sepeda motor Vespa Primavera tidak terima ditilang karena merasa sudah lama tinggal di Indonesia. 

"Saya sudah di sini 23 tahun," ucapnya dengan nada tinggi. Wanita ini bahkan terlihat bersikeras sampai menunjuk-nunjuk wajah petugas.

Lantas petugas memintanya untuk menepikan kendaraan, karena keributan yang ia buat telah menyebabkan arus lalu lintas di sekitar lokasi macet.

Setelah diminta untuk menepi, wanita itu tampak mencoba untuk melarikan diri, namun aksinya berhasil digagalkan petugas. Salah seorang petugas pun langsung mematikan mesin sepeda motor dan mengamankan kuncinya.

Video Viral Turis di Bali Unggah Realita Vs Medsos Traveling di Bali, TikTokers Ungkap Fakta Sebenarnya

Dream - Unggahan seorang turis yang tengah berlibur di Bali menjadi sorotan pengguna TikTok. Pelancong tersebut memperlihatkan pemandangan resort yang ternyata tak seindah postingan di Instagram.

Diintip dari unggahan sang turis di akun TikTok victoria_goulbourne, https://www.tiktok.com/@victoria_goulbourne terlihat pemandangan sebuah resort dengan fasilitas kolam renang kecil dan beberapa deret tempat berjemur yang tersusun rapi dan indah.

Tempat berjemur para tamu resort tersebut sengaja dibuat menghadap hutan mangrove.

Namun pemandangan yang seharusnya menjadi momen healing para tamu resort tak sesuai ekspektasi.

Turis tersebut menunjukan pemandangan hutan mangrove yang tengah surut. Hanya terlihat pemandangan berupa pepohonan dan air dangkal dengan lumpur yang tampak dengan jelas.

'Dont be fooled by insta," tulis sang pemilik akun.

Ditonton 49 Juta

Video unggahan traveler yang menuliskan bio tengah berada di Saigon, Vietnam tersebut mencuri perhatian netizen. Terbukti 49,2 juta TikToker telah melihat video pendek tersebut. Sementara 5,1 juta netizen membubuhi tanda hati dan 19 ribu lainnya meninggalkan komentar di unggahan tersebut.

Dari penjelasan TikTokers yang melihat video tersebut diketahui jika turis tersebut datang di waktu yang tepat. Kondisi air di hutan mangrove di depan resort tersebut memang tengah surut.

"karna surut itu teh, kalo pasang bagus lg viewnya," tulis pemilik akun @driverayang.

Pemandangan Aslinya Memang Bagus

Komentar sama juga diberikan Tiktoker dengan akun @coffeeeonthetable yang menulis, "kemarin ke Bali emang lagi surut gaes, tol Bali Mandara yang biasanya kanan kiri air, kemarin keliatan daratan."

Di antara mereka yang memberikan komentar, seorang netizen berharap unggahan turis tersebut bisa menjadi perhatian pengelola resort agar bisa berinovasi demi memuaskan pengunjung.

"Semoga pihak resortnya bisa liat dan ada inovasi untuk merenovasi/mempercantik kawasan itu," tulis akun Risto Singkawang

@victoria_goulbourne Dont be fooled by insta 😅🌝 #traveltok #bali #canggu #indonesia #traveltok #comedy #fyp #instavsreality #baliviews #balitravel ♬ original sound - Andrei King

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Turis Asing di Bali Sampai Jalan Kaki, Menhub Kasih 3 Solusi Atasi Macet Ekstrem di Bandara

Turis Asing di Bali Sampai Jalan Kaki, Menhub Kasih 3 Solusi Atasi Macet Ekstrem di Bandara

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh beberapa pihak, termasuk Otoritas Bandara, Jasa Marga, Jasa Raharja, dan Angkasa Pura Indonesia.

Baca Selengkapnya
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

Pengenaan pajak wisata bagi WNA berlaku mulai 14 Februari 2024

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ekspektasi X Realita Karyawan Saat Weekend

NOTED KAK! Ekspektasi X Realita Karyawan Saat Weekend

Sahabat Sream suka gak sih ketika ekspetasi mau leyeh-leyeh tapi diminta bantuan pekerjaan. Kalau perasaan kalian bagaimana?

Baca Selengkapnya