CONNECT WITH US!

Ini Negara Arab Pemberi Potongan Jam Kerja Terbanyak

Reporter : Ramdania | Senin, 23 Juni 2014 14:39
Negara Muslim Bakal Memotong Jam Kerja Selama Puasa
Selama bulan puasa, kebanyakan negara muslim mengurangi jam kerja karyawannya. Negara muslim mana paling singkat jam kerjanya?

Dream - Tak hanya Indonesia, negara-negara muslim di dunia juga mulai mengeluarkan kebijakan pengurangan jam kerja selama bulan Ramadan. Siapa yang memberi potongan jam kerja paling besar diantara negara muslim itu. 

Pemerintah Arab Saudi mengutip laman Arab News, Senin, 23 Juni 2014, dilaporkan tengah menyiapkan aturan baru mengenai jam kerja para karyawan swasta selama bulan Ramadan. Dewan Syura mengusulkan pengurangan jam kerja dari 45 jam per minggu menjadi maksimal 35 jam per minggu atau 7 jam sehari.

Karyawan berhak mendapatkan 30 menit setelah lima jam kerja dan tidak boleh bekerja 12 jam per hari. 

" Keputusan akhir tentang hal ini akan diambil pada hari ini setelah Dewan Syura mendengarkan pandangan anggota komite administratif dan tenaga kerja," tulis keterangan pers yang dikutip dari Arab News. 

Pemotongan jam kerja juga dilakukan pemerintah negara Timur Tengah lainnya, seperti Uni Emirat Arab. Pemerintah UEA mengumumkan jam kerja pegawai negeri dan institusi pemerintah lain dimulai pukul 9 dan berakhir jam 14.

Artinya, para pekerja pemerintah di UEA hanya akan bekerja 5 jam sehari. Bulan puasa di UEA rencananya dimulai pada 29 Juni dan Idul Fitri jatuh pada 28 Juli 2014.

Sementara di Indonesia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah mengeluarkan ketentuan jam kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Surat Ederan tentang Penetapan Jam Kerja PNS pada Bulan Ramadan tersebut menyebutkan para abdi negara wajib bekerja selama 7 jam sehari terhitung dari pukul 08.00 s.d. 15.00 waktu setempat untuk hari Senin-Kamis dan istirahat dari pukul 12.00-12.30 waktu setempat.

Pada Hari Jumat, jam kerja pukul 08.00-14.30 waktu setempat, dengan jam istirahat pukul 11.30-12.30 waktu setempat. (Ism)

Anies Baswedan resmi jadi Gubernur Jakarta - Setnov sudah sehat?