Sering Disebut Pemborosan, Begini Trik Hemat dengan Kartu Kredit

Reporter : Wuri Anggarini
Kamis, 12 September 2019 07:52
Sering Disebut Pemborosan, Begini Trik Hemat dengan Kartu Kredit
Butuh kejelian untuk memanfaatkan kartu kredit dengan tepat agar mendapakan keuntungan yang maksimal. Begini caranya!

Sering disebut sebagai alat ajaib, masih banyak yang menganggap kartu kredit sebagai bentuk pemborosan. Memang jika nggak dikelola dengan tepat, pemakaian kartu kredit yang kebablasan bisa bikin penggunanya dililit utang. Butuh kejelian untuk memanfaatkan kartu kredit dengan tepat agar mendapakan keuntungan yang maksimal. Begini caranya!

Pesan Tiket Pesawat

Buat yang suka traveling atau dituntut untuk mobile, menggunakan kartu kredit bisa membawa keuntungan dengan mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Apalagi akhir-akhir ini, maskapai penerbangan gencar melakukan promosi dan memberikan potongan harga buat pengguna kartu kredit. Bukan hanya itu saja, ada juga yang memberikan asuransi perjalanan hingga kebijakan pengumpulan poin yang dapat ditukar dengan promo tertentu atau tiket gratis.

Booking Hotel

Selain tiket pesawat, kartu kredit juga membuat pemesanan kamar hotel lebih mudah dan murah, terutama yang termasuk dalam kategori hotel berbintang. Jeli melihat penawaran khusus berupa promo dan diskon yang diberikan pada pemegang kartu kredit dari bank tertentu, sehingga bisa menghemat biaya hotel. Biasanya diskon akan diberikan jika pemesanan hotel dilakukan secara online. Jadi bisa menekan bujet traveling, kan?

Belanja di Supermarket

Buat masyarakat modern yang lebih suka berbelanja ke supermarket atau hypermart, kartu kredit bisa jadi penolong. Tanpa harus membawa banyak uang tunai saat berbelanja, pemegang kartu kredit pun banyak memberi keuntungan, mulai dari fasilitas diskon, promo, hingga cashback.

Beberapa kartu kredit juga sering menawarkan cicilan tanpa bunga atau 0% saat membeli barang-barang berlabel khusus. Jika dimanfaatkan dengan tepat, dana belanja bulanan pun bisa dihemat bahkan hingga ratusan ribu rupiah.

Belanja Online

Bukan hanya belanja di supermarket dan hypermart, pemegang kartu kredit pun mendapat keuntungan saat berbelanja secara online. Situs belanja yang banyak bermunculan pun seakan berlomba-lomba memberikan penawaran menarik. Mulai dari diskon, bunga rendah, cicilan tanpa bunga, cicilan 0% dan promo lainnya di situs yang berbeda.

Syaratnya sederhana, semua transaksi dilakukan secara online dan menggunakan kartu kredit. Tapi perhatikan juga situs tempatmu berbelanja. Jika meragukan sistem pembayaran atau tanpa menawarkan jaminan keamanan, sebaiknya batalkan niatmu meskipun harga yang ditawarkan cukup murah.

Membeli Gadget

Perkembangan teknologi dan informasi yang pesat membuat tren gadget terus berganti. Buat yang suka gonta-ganti smartphone atau laptop, wajib banget punya kartu kredit. Pasalnya, banyak ritel yang memberi keuntungan buat pembeli gadget yang menggunakan kartu kredit, seperti promo menarik, diskon besar-besaran, hingga cashback. Bukan hanya pembelian secara online saja, beberapa ritel elektronik besar pun memberikan penawaran yang cukup menggoda.

Hindari Pembayaran Ini

Walau sering memberikan keuntungan dengan menghemat pengeluaran, ada beberapa pembayaran atau pembelian yang sebaiknya dihindari, salah satunya tagihan rumah tangga. Membayar rekening listrik, air, telepon, atau internet secara langsung atau lewat e-commerce sebaiknya jangan menggunakan kartu kredit.

Biayanya yang nggak terlalu besar malah jadi bertambah karena dikenai bunga yang tinggi. Selain itu membeli kendaraan bermotor atau membayar tagihan pengobatan sebaiknya menggunakan cara pembayaran lainnya, seperti mengambil kredit atau asuransi kesehatan yang bunganya lebih kecil ketimbang kartu kredit.

Walau menawarkan banyak keuntungan, kebijakan dan kejelian untuk menggunakan kartu kredit harus diutamakan agar terhindar dari tumpukan hutang.

Beri Komentar
Detik-detik Bom Bunuh Diri Meledak di Polrestabes Medan