Siapa Pionir Ponsel Berkamera?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 28 September 2017 06:15
Siapa Pionir Ponsel Berkamera?
Ponsel ini menginovasi dunia teknologi dengan kamera 110 pixel CMOS.

Dream – Sahabat Dream, coba tebak siapa produsen yang mengeluarkan ponsel berkamera pertama di dunia? Jawabannya bukan Sony Ericsson, bukan pula Apple.

Jawabannya adalah Sharp. Sharp merilis gawai Sharp J-SH4 pada November 2000. Ponsel ini menginovasi dunia teknologi dengan kamera 110 pixel CMOS.

 Sharp J-SH4© Wikipedia

Sejarah ini pula yang kembali diusung President Director Sharp Mobile Indonesia, Johny Lin. Dia membawa sejarah itu untuk mengubah persepsi masyarakat Indonesia. Menurut dia, Sharp terlanjur 'dicap' sebagai brand peralatan elektronik.

" Padahal dari Jepang kami sudah jualan smartphone," ucap Johny di Senopati, Jakarta Selatan, Rabu, 27 September 2017.

Johny mengatakan ponsel keluaran Sharp tergolong masuk tiga teratas yang paling laris di Jepang. Sharp bersaing dengan Apple dan Sony.

Tetapi, Johny mengakui persoalan finansial yang sempat membelit Sharp menjadi alasan utama pengembangan ponsel mereka.

Kini, Sharp kembali seiring akuisisi perusahaan teknologi asal Taiwan Foxconn. Waktu 1,5 tahun menjadi awal persiapan mengenalkan ponsel buatan Sharp. Setelah mengeluarkan Sharp M1,  Sharp Z2 pada Juli 2017, kini Sharp kembali mengeluarkan Sharp R1.

Brand Director Sharp Mobile, Sergio Ticoalu, mengatakan ekspansi ponsel Sharp akan berlanjut hingga tahun mendatang. Dia mengklaim kemampuan ponsel buatan Sharp tidak kalah dengan kompetitor lain. Tahap pertama, Sharp akan mengincar pasar Asia yang fokus di China.

" Untuk pasar Asia Tenggara kita akan fokus di Indonesia," kata Sergio.

Untuk mendukung ekspansi ponsel buatannya, Sharp akan memanfaatkan service center yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sergio yakin dengan pengembangan teknologi dari Foxconn dan fasilitas yang ada, ponsel Sharp mampu bersaing di pasar ponsel pintar Asia. Keyakinan ini semakin diperkuat dengan munculnya peminat Sharp M1. Penjualan ponsel itu melampaui ekspektasi Sharp. 

" Tembus 12ribu," kata dia. 

Sharp telah menabuh genderang persaingan ponsel pintar. Mampukah Sharp melawan Xiaomi dan Vivo yang juga sedang getol merebut hati pengguna ponsel Indonesia? Kita tunggu saja.  (ism) 

Beri Komentar