Singapura Kasih `Bonus` Rp3,7 Juta Bujuk Warga Biar Sehat, Indonesia Mau Tiru?

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 16 September 2020 16:46
Singapura Kasih `Bonus` Rp3,7 Juta Bujuk Warga Biar Sehat, Indonesia Mau Tiru?
Singapura dan Apple memperkenalkan program LumiHealth yang akan membantu menjaga kesehatan diri. Kok bisa dapat bonus itu?

Dream - Pemerintah Singapura melangkah lebih maju dalam mencegah penyebaran Covid-19. Warga negara tetangga ini diberi kesempatan mendapatkan gawai Apple Watch serta hadiah uang tunai 300 dollar Singapura setara Rp3,27 juta dalam dua tahun.

Kesempatan mendapat uang tunai itu bisa diperoleh jika warga Singapura mengikuti program inisiatif kesehatan melalui aplikasi LuniHealth selama dua tahun. Program yang bisa dipersonifikasi itu mendorong pengguna Apple Watch untuk menjalani aktivitas dan kebiasaan hidup sehat.

Program inisiatif ini diluncurkan pemerintah Singapura, khususnya Singapore's Health Promotion Board, dan Apple. Program ini merupakan kali pertama Apple bekerja sama dengan Singapura yang memiliki inisiatif Smart Nation.

 

1 dari 2 halaman

Jamin Keamanan Data

Dirancang dari kolaborasi tim dokter dan ahli ahli kesehatan publik, LumiHealth menggunakan teknologi dan perilaku untuk mendorong warga Singapura menjalankan hidup sehat dengan menyelesaikan tantangan kebugaran yang bisa diakses melalui Apple Watch dan iPhone.

Apple memastikan aplikasi ini telah dirancang dengan privasi dan keamanan terbaik.

“ Di saat dunia sedang bersama-sama menghadapi tantangan Covid-19, kita harus tetap berinvestasi untuk masa depan. Dan tidak ada investasi yang lebih baik dari pada kesehatan pribadi kita sendiri,” kata Heng Swee Keat, Wakil Perdana Menteri Singapura dalam keterangan tertulis Apple.

Menurut Heng, kemitraan antara Singapura dan Apple ini akan memungkinkan warga Singapura menjalani hidup yang lebih sehat sekaligus memberikan wawasan yang berharga untuk meningkatkan kesehatan orang di seluruh dunia.

Jeff Williams, chief operating officer Apple mengatakan Singapura merupakan salah satu negara yang memiliki sistem perawatan kesehatan terkemuka di dunia. " Kami sangat senang dapat bermitra dengan mereka untuk memasukkan Apple Watch dan LumiHealth ke dalam pendekatan holistik mereka untuk kesejahteraan,” katanya.

William mengklaim, Apple Watch telah membantu jutaan penggunanya mengelola tingkat aktivitas untuk meningkatkan kesehatan mereka. Harapan yang sama diberikan pada program LumiHealth yang dijalankan di Singapura.

" Kami berharap dapat menerapkan keahlian kami di sini dengan cara yang ramah privasi yang membedakan semua produk dan layanan Apple.”

 

2 dari 2 halaman

Cara Kerja LumiHealth

LumiHealth memanfaatkan kemampuan Apple Watch untuk mendorong warga Singapura menerapkan kebiasaan sehat melalui pengingat, program, pembinaan aktivitas, dan insentif yang bisa dipersonalisasi. Di dalam aplikasi, pengguna melakukan perjalanan melalui dunia dengan penjelajah intergalaksi ramah yang memandu mereka melalui tugas yang dipersonalisasi berdasarkan usia, jenis kelamin, dan berat badan mereka.

Aktivitas tersebut diantaranya target mingguan yang dapat dicapai tidak hanya dengan berjalan kaki, tetapi juga berenang, yoga, dan aktivitas lainnya. LumiHealth juga mengingatkan pengguna untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan imunisasi, serta berpartisipasi dalam tantangan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kebiasaan tidur dan kesadaran serta mendorong pilihan makanan yang lebih baik.

Untuk menyukseskan program tersebut, kedua pihak menjanjikan hadiah senilai 300 dollar Singapura kepada pengguna yang bisa menyelesaikan tujuan dan tantangan yang diberikan. Hadiah itu hanya diberikan jika pengguna bisa menyelesaikan durasi program selama dua tahun.

Agar bisa berpartisipasi dalam program termasuk mendapatkan hadiah tersebut, pengguna harus memiliki Apple Watch dan mengunduh aplikasi LumiHealth dari App Store.

Beri Komentar