Elon Musk Sempat Tersingkir 30 Menit Sebagai Orang Terkaya Sejagat, Ternyata Ini Alasannya

Reporter : Okti Nur Alifia
Kamis, 8 Desember 2022 18:47
Elon Musk Sempat Tersingkir 30 Menit Sebagai Orang Terkaya Sejagat, Ternyata Ini Alasannya
Ini adalah pertama kalinya sejak September 2021 Musk keluar dari posisi pertama dalam daftar miliarder.

Dream - Posisi Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia sempat tergeser selama 30 menit oleh CEO Louis Vuitton Moët Hennessy (LVMH), Bernard Arnault. 

Forbes melaporkan pada Rabu, 7 Desember 2022, Bernard Arnault menyalip Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia untuk kedua kalinya saat perdagangan saham di Bursa AS menunjukan pukul 15.30 waktu setempat. Namun selang 30 menit atau penutupan perdagangan saham di hari itu, CEO Tesla mampu merebut kembali posisi puncak orang terkaya di dunia. 

Saat menyalip Elon Musk, kekayaan Bernard Arnault mencapai US$184,7 miliar, berbeda tipis dengan Musk senilai US$184,6 miliar.

Tahta miliarder terkaya dunia kembali diambil alih Elon Musk ketika memimpin dengan perkiraan kekayaan bersih sekitar US$185,4 miliar atau lebih banyak US$700 juta dari Arnault. 

1 dari 6 halaman

Arnault menambahkan beberapa ratus juta dolar ke kekayaannya Rabu pagi itu karena kenaikan tipis harga saham LVMH. Di waktu bersamaan, saham Tesla justru mengalami tekanan dan terkoreksi secara dramatis.

Pergerakan saham tersebut membuat kekayaan bos baru Twitter tersebut sempat menembus US$320 miliar pada November 2021.

Forbes mentatat, saham Tesla turun hampir 50 persen untuk tahun ini. Sejak melaporkan rekor pendapatan dan laba pada kuartal I-2022. Kinerja Tesla terhambat oleh masalah rantai pasokan, terutama karena kebijakan nol Covid -19 di China.

2 dari 6 halaman

Pengiriman menurun untuk pertama kalinya dalam dua tahun selama kuartal II. Sementara perusahaan mengalahkan ekspektasi laba per saham yang disesuaikan analis di kuartal I dan kuartal II, pendapatan disebut meleset dari kedua kuartal. 

Twitter Terancam Diblokir Apple, Elon Musk Nyatakan 'Perang'© MEN

Namun di tengah menurunnya saham Tesla, Musk telah mengambil alih Twitter senilai US$44 miliar.

 

3 dari 6 halaman

Gebrakan Elon Musk untuk DM Twitter: Pesan Terenkripsi, Siapkan Obrolan Video dan Suara

Dream - CEO Twitter Elon Musk ternyata cukup serius mentransformasi Twitter 2.0 dengan sejumlah fitur baru yang ingin diadopsikan ke platform cuitan singkat itu di masa mendatang.

Pada pertemuan dengan staf di kantor pusatnya Twitter di San Francisco Twitter awal pekan ini, laman The Verge melaporkan, Musk mempresentasikan beberapa fitur yang sudah direncanakannya akan diterapkan di Twitter.

Fitur pertama adalah Musk berencana untuk meng-enkripsi pesan langsung atau direct messages alias DM di Twitter untuk memungkinkan pengguna berkomunikasi tanpa mengkhawatirkan privasi mereka.

CEO Tesla dan SpaceX itu juga ingin meluncurkan panggilan suara dan video tanpa memerlukan nomor telepon pengguna Twitter.

Enkripsi end-to-end memastikan hanya dua peserta obrolan yang dapat membaca pesan dan tidak seorang pun selain dari mereka yang mengetahui, bahkan perusahaan yang memiliki layanan tersebut. 

Layanan serupa berupa fitur enkripsi end-to-end sebelumnya sudah diterapkan aplikasi obrolan seperti WhatsApp dan Signal, yang juga ada pada panggilan video.

4 dari 6 halaman

Visi Musk untuk Twitter ditampilkan dalam slide presentasi berjudul 'Twitter 2.0'. Musk mengatakan dia juga ingin membuat para hacker atau peretas tidak bisa mendapatkan akses DM seseorang di Twitter, bahkan dalam keadaan yang paling ekstrem.

" Seharusnya saya tidak bisa melihat DM siapa pun jika seseorang menodongkan pistol ke kepala saya," katanya.

“ Kami ingin memungkinkan pengguna untuk dapat berkomunikasi tanpa khawatir tentang privasi mereka, tanpa khawatir tentang pelanggaran data di Twitter yang menyebabkan semua DM mereka masuk ke web, atau berpikir bahwa mungkin seseorang di Twitter dapat memata-matai DM mereka,” lanjutnya. 

5 dari 6 halaman

Twitter sebenarnya sudah mulai mengerjakan enkripsi untuk DM pada tahun 2018 dan bahkan sampai membuat prototipe. Tetapi fitur tersebut tidak pernah diluncurkan.

Pada tahun yang sama, Twitter mengungkapkan bug yang membuat DM dapat diakses oleh pihak ketiga selama lebih dari setahun.

Sekarang, Musk, yang mengambil kendali di Twitter setelah pembeliannya senilai US$44 miliar, ingin menjadikan peluncuran enkripsi sebagai prioritas.

 

6 dari 6 halaman

Musk dikabarkan memuji Signal, sebuah aplikasi yang mirip dengan WhatsApp yang memungkinkan pesan dan panggilan video perseorangan atau grup terenkripsi.

Musk juga telah berbicara dengan pendiri Signal, peneliti keamanan AS dan mantan karyawan Twitter Moxie Marlinspike, yang disebut bersedia membantu  mengenkripsi DM Twitter.

Sama seperti WhatsApp, Signal menggunakan nomor telepon dan buku alamat seseorang sehingga mereka tidak memerlukan login, nama pengguna, kata sandi, atau pin, tetapi Musk ingin menjadikan Twitter tanpa memerlukan penggunaan nomor telepon.

(Sah, Sumber: Indiatimes.com)

Beri Komentar