Sri Mulyani Dapat Keistimewaan Sampaikan Posisi di Kabinet Jokowi Jilid II

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 22 Oktober 2019 11:20
Sri Mulyani Dapat Keistimewaan Sampaikan Posisi di Kabinet Jokowi Jilid II
Wanita ini kembali terpilih sebagai menteri keuangan.

Dream – Presiden Joko Widodo kembali mempercayakan jabatan menteri keuangan untuk periode 2019—2024 kepada Sri Mulyani Indrawati. Tak hanya itu, Presiden secara khusus juga mengizinkan Sri Mulyani untuk mengabarkan penempatan ini kepada media.

“ Beliau (Presiden Jokowi,red) meminta secara khusus kepada saya untuk menyampaikan posisinya,” kata Sri Mulyani dalam keterangan kepada media di Jakarta, Selasa 22 Oktober 2019.

Menurut Sri Mulyani penunjukan kembali sebagai Menkeu merupakan sebuah kehormatan karena dia bisa mendukung serta membantu presiden dan wakil presiden mewujudkan cita-citanya. 

" Saya pribadi merasakan kehormatan untuk bisa melaksanakan tugas kembali sebagai menkeu dengan terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia," ujarnya.

Saat ini, lanjut mantan direktur Bank Dunia itu, Indonesia saat ini menghadapi perekonomian global yang bergerak sangat dinamis dan tak pasti, serta pelemahan ekonomi yang cukup menekan dari seluruh dunia.

" Oleh karena itu dibutuhkan policy yang terus menerus untuk menjaga perekonomian kita dari tantangan tersebut."

Sri Mulyani juga akan menggunakan kebijakan fiskal untuk menjaga stabilitas ekonomi serta berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait. 

Terkait kebijakan yang akan dipertahankan menghadapi ekonomi global yang tengah tertekan, Sri Mulyani mengisyaratkan pemerintah akan tetap terbuka dengan dinamika yang terjadi. 

“ Tidak ada kebijakan yang bersifat dan statis,” kata dia.(Sah)

1 dari 4 halaman

Berkemeja Putih, Sri Mulyani Tiba di Istana

Dream - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembal memanggil para kandidat calon menteri Kabinet Kerja Jilid II periode 2019-2024. Pagi ini, Sri Mulyani membuka hari kedua pemanggil para calon menteri ke Istana. 

Sri Mulyani, yang juga Menteri Keuangan Kabinet Kerja Jilid I tiba di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, sekitar pukul 09.00 WIB, Selasa 22 Oktober 2019. 

Sri Mulyani tampak mengenakan busana putih hitam, seperti para tokoh yang dipanggil ke Istana kemarin.

Sri Mulyani merupakan tokoh wanita pertama yang menjalani pemanggilan calon menteri ke Istana, dan diprediksi merupakan salah satu menteri yang tak bakal diganti Jokowi. 

Kemarin, sejumlah nama datang ke Istana termasuk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo. 

Berikut nama-nama tokoh yang menghadap Jokowi di hari pertama kemarin: 

 

(ism, sumber: )

2 dari 4 halaman

Sri Mulyani Tetap Jabat Menteri Keuangan

Dream - Sri Mulyani dipastikan tetap duduk di kursi jajaran menteri kabinet baru. Dia diminta Jokowi untuk tetap menjabat sebagai Menteri Keuangan.

" Bapak Presiden meminta saya untuk tetap menjadi Menteri Keuangan," ujar Sri Mulyani di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa 22 Oktober 2019.

Sri mengatakan selama bertemu dengan Jokowi, keduanya berbincang terkait sejumlah hal. Beberapa di antaranya mengenai penciptaan lapangan kerja, mendorong perekonomian dan meningkatkan kualitas penciptaan kesempatan kerja serta UKM.

Selain itu, Jokowi memberikan kepercayaan penuh kepada Sri menjalankan wewenang. Terutama dalam mengeluarkan kebijakan fiskal.

" Menggunakan seluruh kebijakan fiskal di dalam membantu para menteri-menteri terkait dalam mewujudkan ketahanan ekonomi," kata dia.

Sri menjadi satu-satunya calon menteri yang terbuka mengenai posisi yang akan diembannya. Berbeda dengan calon lainnya yang masih menunggu pengumunan Jokowi.

Sumber: Merdeka.com

3 dari 4 halaman

Sri Mulyani, Bakal Calon Menteri yang Punya Segudang Prestasi

Dream – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memanggil para kandidat calon menterinya. Yang pertama datang pada hari kedua ini adalah Sri Mulyani Indrawati.

Dia ditunjuk untuk kembali menjadi menteri keuangan.

Seperti yang kita tahu, Sri Mulyani merupakan menteri keuangan Jokowi pada 2016—2019. Dia masuk ke pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla untuk menggantikan Bambang P. S. Brodjonegoro yang “ di-rolling” menjadi Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Sri Mulyani makan asam garam di dunia perekonomian. Lulusan doktor bidang ekonomi University Illinois at Urbana-Champaign, Amerika Serikat, juga merupakan mantan menteri di era Susilo Bambang Yudhoyono pada 2005—2011, dikutip dari Wikipedia, Selasa 22 Oktober 2019.

Pada 2008 dia menjadi pimpinan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menggantikan Boediono. Ibu tiga anak ini juga pernah menjabat sebagai managing director di World Bank pada 2010—2016.

4 dari 4 halaman

Sosok Antikorupsi

Saat menjabat di pemerintahannya, Sri Mulyani terkenal sebagai sosok antikorupsi. Saat pertama kali menjabat, kebijakan pertamanya adalah memecat petugas yang korupsi di lingkungan Kementerian Keuangan. Wanita ini juga memprakarsai reformasi dalam sistem pajak dan keuangan Indonesia. Sri Mulyani mendapatkan reputasi sebagai menteri yang berintegras dan bisa meningkatkan investasi langsung dari luar negeri, dari US$4,6 miliar pada 2004 menjadi US$8,9 miliar pada 2005.

Tak hanya di situ, wanita kelahiran Bandar Lampung pada 1962 ini juga disorot internasional karena bisa menagih pajak kepada Google dan Facebook.

Prestasi-prestasi Sri Mulyani ini mendapatkan apresiasi dari internasional. Misalnya, dia dinobatkan sebagai Euromoney Finance Minister of The Year oleh majalah Euromoney pada 2006. Sri Mulyani juga masuk daftar wanita paling berpengaruh di dunia versi Forbes pada 2008. Pada 2018, dia dinobatkan sebagai menteri terbaik dunia di World Government Summit di Uni Emirat Arab.

Beri Komentar
Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal