Sst, Begini Cara Intip Gaji Orang Tanpa Ketahuan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 26 Oktober 2020 07:46
Sst, Begini Cara Intip Gaji Orang Tanpa Ketahuan
Lumayan buat bekal interview lamaran kerja, nih.

Dream – Sahabat Dream, dalam wawancara kerja, perusahaan akan bertanya kepadamu tentang jumlah gaji yang diharapkan. Kalau sudah begitu, harus jawab bagaimana, ya?

Seorang pengguna Twitter bernama Eza Hazami, @ezash, berbagi tips agar bisa menjawan pertanyaan seperti itu.

“ Sebuah job hacks kepoin gaji orang lain atau buat persiapan ngejawab ‘Berapa expected salary kamu?’,” cuit Eza.

Eza mengatakan, ada dua tool yang digunakan, yaitu Google dan Jobstreet.

Tips mengintip gaji.© Akun Twitter @ezash

1 dari 2 halaman

Begini Tutorialnya

Pertama, Sahabat Dream membuka Google terlebih dahulu. Kemudian, mengetik “ Jobstreet” di kolom pencarian. Setelah masuk ke situs itu, kamu masuk ke situs agar bisa menggunakan fitur-fitur di situs Jobstreet.

Setelah masuk, Eza meminta pengguna untuk masuk ke tab “ Additional Info”. Di situ, kamu bisa mengisi “ expected salary”. Ini adalah nominal gaji yang diharapkan jika kamu mendapatkannya. Misalnya, kamu mengisinya dengan Rp10 juta. Setelah itu, masuk Home.

“ Karena lo sudah ngisi expected salary, langsung keliatan nih ‘around expected salary’ yang berarti Rp9 juta-Rp10 juta,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Menampilkan Besaran Gaji

Situs ini akan menampilkan besaran gaji yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan, termasuk incaranmu. Tapi, jika tidak ada perusahaan incaran, kamu bisa melihat posisi atau mungkin perusahaan yang industrinya sama.

“ Kalau misalnya perusahaan incaran lo enggak ada, lo bisa ngelihat posisi atau mungkin perusahaan yang sama industrinya. Good luck,” kata dia.

Beri Komentar