Studi: Salon Kuku Tempat Berbahaya Buat Bekerja

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 16 Mei 2019 19:15
Studi: Salon Kuku Tempat Berbahaya Buat Bekerja
Apa yang ditemukan para ahli dari studinya?

Dream – Sebuah kajian baru mengungkapkan fakta mengejutkan tentang pekerja salon kuku. Ternyata, mereka rentan terpapar kandungan karsinogenik.

Dikutip dari Next Shark, Kamis 16 Mei 2019, kajian ini diterbitkan dalam jurnal Envorimental Pollution. Studi ini mengkaji hubungan efek bahan kimia dengan kesehatan pekerja salon kuku.

Para peneliti di Universitas of Colorado, Amerika Serikat, meneliti kadar bahan kimia yang dikenal sebagai senyawa organik. Salah satunya adalah kandungan formaldehida—bahan pengawet yang dikenal sebagai zat karsinogen.

“ Studi ini memberikan bukti keras bahwa lingkungan ini berbahaya bagi pekerja,” kata penulis utama studi, Lupita Montoya.

Montoya meminta ada kebijakan khusus untuk melindungi para pekerja salon kuku. Kebijakan ini diharapkan bisa melindungi kesehatan para pegawai salon kuku.

Dia menyebut lebih dari 90 persen salon kuku adalah bisnis kecil. Mereka juga jarang punya sumber daya untuk menegakkan praktik kesehatan dan keselamatan staf. Sebagaian besar salon kuku juga enggan untuk ambil bagian dalam percobaan penerapan kesehatan dan keselamatan staf.

Pada 2017, Montoya dan tim mampu meyakinkan enam salon di Colorado untuk menjadi peserta studi.

Dalam kajian ini, ditemukan bahwa udara dalam salon mengandung formaldehida dan senyawa beracun lainnya. Kandungan lainnya adalah Benzena yang dikaitkan dengan kanker darah. Para ilmuwan memodelkan dampak peningkatan paparan benzena dan formaldehida selama 20 tahun pada risiko pekerja untuk memunculkan kanker apa yang bisa ditimbulkan.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 1 - Sarjana Ekonomi